Deprecated: Metoda constructor yang dipanggil WP_Widget di EpekenCekResi sudah terdepresiasi sejak versi 4.3.0! Harap gunakan __construct() sebagai gantinya. in /var/www/html/penerbitbukudeepublish.com/wp-includes/functions.php on line 4866
Bagaimana Memilih Nama Brand Toko Yang Baik? - Reseller Deepublish
Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

Panduan Reseller #2 : Bagaimana Memilih Nama Brand Toko Yang Baik?

cara memilih brand yang baik

Panduan Reseller #2 : Bagaimana Memilih Nama Brand Toko Yang Baik? – Memilih brand toko adalah langkah penting yang harus dilalui oleh pengusaha yang baru merintis usahanya. Karena brand inilah yang nantinya akan menjadi identitas kita ketika berhadapan langsung dengan konsumen.

Dilansir dari berbagai sumber, brand atau merek merupakan nama, logo, gambar, bahkan warna yang menjadi identitas sebuah perusahaan atau produk.

Apa gunanya brand atau merek?

Brand sejatinya dipakai untuk memberikan identitas dan membedakannya dari produk atau perusahaan lain. Brand juga dipakai untuk memudahkan kita mengkomunikasikan produk kepada konsumen.

Ayoo beli produk ini di toko “ini” ya.. Bukankah akan lebih baik jika.. Ayoo beli di toko “XYZ” ya..

Ketika dikomunikasikan secara terus menerus terus, nama “XYZ” akan terikat di benak konsumen sehingga ketika mendengar kata toko “XYZ” mereka akan ingat kita. Tapi kalau kita tidak punya brand? Bagaimana konsumen akan ingat dengan kita?

Dalam kajian lebih lanjut, di dalam brand tersebut terdapat ekuitas. Tak perlu pikir pusing, ekuitas merupakan aset yang dimiliki brand/merek. Bagaimana sebuah merek itu mampu memberikan value lebih bagi konsumen. Bagaimana bisa, orang mau beli Iphone dengan harga yang selangit itu padahal kita bisa dapat handphone sepadan di merek yang lain.

Yaa, semua itu karena merek. Merek mampu memberikan kebanggan bahkan kepuasan terhadap pemakainya. Dalam kasus iphone, merek mampu memberikan nilai prestige (gengsi) pada konsumennya, orang yang pakai iphone anggapnya adalah orang-orang yang berkelas.

Pada akhirnya, orang itu tidak hanya membeli produk saja tapi juga membeli merek. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk memiliki merek dan membangun merek tersebut sampai terkenal.

Baca juga : Pengertian Reseller

Cara Memilih Nama Brand Yang Baik Untuk Toko

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang membangun merek atau istilah kerennya disebut BRANDING. Kita pikir dulu bagaimana memilih merek yang baik untuk toko kita agar usaha kita menuai kesuksesan kedepannya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih brand atau merek yang baik untuk toko :

1. Pilih Nama Brand Yang Unik dan Mudah Diingat

Sudah seharusnya brand itu unik dan belum pernah ada yang pakai sebelumnya, karena jika sama ya percuma saja nanti akan kerepotan dalam membedakan dengan pesaing.

Membuat brand yang unik bukan berarti membuat nama yang sangat sulit seperti “&JS09DKT”. Iyaa itu unik tapi akan sangat susah untuk dikenali bukan. Maka syarat pertama untuk membuat nama brand adalah pilih nama yang unik tapi juga mudah diingat.

2. Pilih Yang Singkat

Brand yang singkat akan lebih mudah diingat daripada brand yang panjang. Kita bisa lihat beberapa contoh brand-brand besar seperti Adidas, Apple, Sprite, Aqua, Ades, dan masih banyak lagi.

Mereka memiliki brand yang terdiri dari 1 kata saja, namun tentu brand 1 kata juga memiliki kelemahan. Apa itu? Agak kesulitan dalam menemukan kosa kata baru, ya kan?

Tapi jika kamu menemukan kosakata yang singkat dan cocok dipakai untuk sebuah brand pasti itu sesuatu hal yang membahagiakan bukan?.

3. Pilih Brand Yang Memiliki Makna Positif

Selain harus bersifat khas, brand sebaiknya juga memiliki makna positif yang dapat mengikat emosional konsumen. Makna yang positif ini bisa Anda kaitkan dengan benefits (manfaat) yang di dapatkan dari produk tersebut.

Sebagai contoh, Anda adalah pemilik sebuah toko kelontong yang akan memilih brand. Nama brand seperti Sumber Berkah memiliki makna bahwa toko tersebut dapat memberikan berkah bagi siapapun yang beli.

Jika Anda menjual buku-buku kuliah maka bisa menambahkan kata-kata yang memiliki makna seperti pintar, sukses, sarjana, literasi, lulus, cakrawala, jendela dunia, murah, terlengkap, terbaik, dan lain sebagainya.

4. Pilih Nama Brand Yang Mencerminan Produk

Brand juga bisa diambil dari produk yang kita miliki, brand harus dapat mewakili dan mencerminkan dari produk. Contoh paling mudah adalah indomie, menggunakan kata mie yang mengartikan bahwa itu merupakan produk mie. Masak iya pakai kata mie tapi yang dijual bakso.

Mencerminkan produk juga berarti sesuai dengan kondisi produk, gunakan kata murah jika benar-benar produk itu lebih murah dibandingkan dengan pesaing.

5. Visualisasikan Merek Kedalam Logo

Logo memang menjadi salah satu bagian penting dari sebuah brand. Bahkan orang bisa tahu sebuah nama brand hanya dengan melihat sebuah logo. Sebagai contoh kalau saya kasih sebuah huruf G warna-warni, maka kalian akan ingat apa?

Kalau kalian ingat google berarti kalian sadar dengan logo yang dipakai oleh google. Logo tidak hanya berupa gambar, tapi juga nama yang kemudian di desain sedemikian rupa sehingga memiliki ciri khas dan keunikan.

Seri Sebelumnya (1) : Jadi Reseller Sukses #1 Menentukan Segmen dan Jadi Ikan Besar.

Seri Selanjutnya (3) : Beda itu Penting ! Sepenting Komitmen Dalam Sebuah Hubungan

open reseller buku

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller