Suhardi

Drs. Suhardi, M.Pd

About

Drs. Suhardi, M.Pd., lahir 15 Agustus 1965 di Desa Sei Nyalo, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Sumatera Barat. Anak dari Junin dan Rajia. Menikah dengan Nelvizar Chandra dan memiliki 4 anak, yaitu Silvia Rahayu, Muhammad Ridho Ikram, Abel Ramzy Iestin, dan Hafiz Taufiqul Rahman. Lulus Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bung Hatta Padang tahun 1992. Melanjutkan pendidikan S-2 Pendidikan Bahasa di Pascasarjana Universitas Negeri Padang, lulus tahun 2001.
Riwayat pekerjaan, yaitu Dosen Tetap Yayasan di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin SH, Dosen Luar Biasa IAIN Imam Bonjol Padang, Dosen Penuh Waktu di Politeknik Batam, dan Dosen Tetap Yayasan Pendidikan Propinsi Kepulauan Riau, dan kini menjadi Dosen Tetap Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Selain mengajar di perguruan tinggi, juga pernah menjadi guru honorer di SMEA Nasional Padang, SMP PGAI Padang, MAN 1 Padang, dan Sekolah Menengah Penerbangan Padang. Selain mengajar juga pernah menduduki jabatan Ketua Penjaminan Mutu UMRAH, instruktur sertifikasi guru (kerja sama Unimed, UNRI, dan UMRAH), dan Asesor BAN SM Kepri, serta sering diundang menjadi dewan juri kegiatan lomba FLS2N di Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau.
Aktivitas lainnya adalah menulis opini di surat kabar lokal, seperti Batam Post, Haluan Kepri dan Tanjungpinang Pos. Penulis juga aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beberapa artikel penelitian sudah diterbitkan di Jurnal Lingua UNNES, Jurnal Lingua Scientia IAIN Tulungagung, Jurnal Sasando UPStegal, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI Bandung, dan Jurnal International Community Service Learning Undiksha. Selain itu juga aktif dalam menulis buku dan modul untuk perguruan tinggi, yaitu Sastra Kita, Kritik, dan Lokalitas (2011), Pengantar Linguistik Umum (2013), Dasar-Dasar Ilmu Sintaksis Bahasa Indonesia (2013), Dasar-Dasar Ilmu Semantik (2015), Terampil Menulis Bahasa Indonesia (2015), dan Mahir Menganalisis Kalimat (2018). Selain menulis buku, juga aktif menulis artikel di media surat kabar lokal, seperti surat kabar Padang Ekspres, Singgalang, Harian Haluan, Batam Pos, dan Haluan Kepri.

Buku Karya Drs. Suhardi, M.Pd

Tampilkan hasil tunggal

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang