Siti Najma

Siti Najma, M.M

Dosen/ IAIN Lhokseumawe

About

Siti Najma, M.M. lahir di Desa Pusaran, Enok, Indragiri Hilir, Riau pada tanggal 26 Juni 1977 dari pasangan H. Tajang dan Hj. Zubaidah. Menamatkan pendidikan di MAPKN Putri Darussalam Ciamis tahun 1995. Selanjutnya, Yogyakarta menjadi kota pilihan untuk jenjang S-1 di Jurusan Muamalat, Fakultas Syariah, UIN Sunan Kalijaga. Di kampus inilah, perkenalan lebih dalam mengenai ekonomi Islam. Dengan judul skripsi “Beberapa Prinsip Kebijakan Moneter Ibnu Taimiyah”, tulisan ini mengaitkan konsep kebijakan moneter Ibnu Taimiyah dengan krisis moneter yang terjadi saat itu. Tulisan ini kemudian diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diadakan oleh Universitas Indonesia dan mendapatkan juara III.
Konsisten untuk berkiprah di bidang ekonomi Islam, selesai S-1 langsung bekerja di BMT (Baitul Maal Wattamwil) Pondok Indah, Jakarta. Dua tahun bekerja di BMT sebagai staf administrasi pembiayaan, ada tawaran untuk menjadi wartawan majalah ekonomi syariah MODAL dan selanjutnya Dewan Redaksi Majalah Ekonomi Syariah Universitas Trisakti. Profesi wartawan dan redaktur majalah ekonomi syariah, mengasah kemampuan menulis dan menghasilkan karya-karya (2003-2007), di antaranya Membangun SDM Syari’ah yang Kompeten, Marketing Mix untuk Perbankan Syar’ah, Mari Kita Bersilaturrahmi, Kaizen Vs Ihsan, Membangun Image Lewat Karyawan, Konsep Khalifah: Suatu Alternatif Pengembangan Konsep Manajemen Islam, Potensi Zakat untuk Peningkatan PAD, Pendekatan Sosialisasi Ekonomi Syariah, Bank Syariah Sebagai “Dewa Penolong” Pertanian, Evolusi Moneter Menuju Moneter Islam Berbasis Emas, Alasan Perlunya Muslim Beralih ke Bagi Hasil, dan Wanita Karir dan Ekonomi Islam. Tahun 2008, juga telah terbit sebuah buku bisnis syariah ilmiah populer terbitan Penerbit Mizan dengan judul Bisnis Syariah dari Nol, Langkah Jitu Menuju Kaya, Penuh Berkah dan Bermakna.
Untuk menambah wawasan keilmuan, di sela-sela pekerjaan sebagai wartawan, Siti Najma melanjutkan kembali kuliah S-2 di program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Selalu ingin mencoba sesuatu hal yang baru, pada tahun 2007 mencoba berkarier sebagai dosen Ekonomi Syariah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan STEI Islamic Village.
Sejak tahun 2011, menjadi PNS di IAIN Lhokseumawe di Prodi Ekonomi Syariah. Kegemarannya menulis terus berlanjut, di antaranya Pembangunan dalam Ekonomi Islam, Aceh ‘Pilot Project’ Ekonomi Islam, Membangun Karakteristik Islami untuk Mewujudkan Tata Kelola Lembaga Keuangan Syariah, Manajemen Perusahaan dalam Perspektif Islam, Optimalisasi Peran Zakat untuk Pengembangan Kewirausahaan Umat Islam, Penyelesaian Konflik Industrial (Buruh dan Pengusaha) dalam Perspektif Ekonomi Islam, Sinergi Perbankan Syariah dengan Perguruan Tinggi untuk Melahirkan Pengusaha Syariah, dan Aplikasi Sistem Keuangan Syariah pada Pasar Uang. Tahun 2016, kembali melanjutkan jenjang S-3 Ekonomi Syariah di UIN Sumatra Utara dengan Beasiswa Program 5000 Doktor dari Kementerian Agama.

Buku Karya Siti Najma, M.M

Tampilkan hasil tunggal

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2021 All Right Reserved. Toko Buku Deepublish – CV. Budi Utama