Muslikun Mashadi

About

Muslikun Mashadi, biasa disebut dengan panggilan ‘Kang Muslikun’. Walaupun ada saja beberapa koleganya yang menggelarinya ‘Kyai Pesantenan’ hanya karena ia dilahirkan di Pati pada tanggal 20 Juni 1976. Setelah menempuh pendidikan formal dasar dan menengahnya di kota Bumi Mina Tani (1994), ia merantau ke ibu kota Indonesia. Di Jakarta, bekerja sebagai tenaga pembukuan di Koperasi KPB I Jakarta (1994), sebagai tenaga administrasi pabrik di PT. Astra Honda Motor Jakarta (1998), dan sebagai tenaga pemasaran di PT. Malaysia Assurance Alliance (Syariah) Jakarta (2002). Uniknya, ternyata ia pernah menjadi seorang pedagang kaki lima dan juga pedagang asongan di wilayah Jatinegara. Sangat biasa gerobaknya jadi sasaran razia tim gabungan Trantib Jakarta Timur.
“Bekerja dan Belajar”, itulah prinsip hidupnya. Ia menyelesaikan studi Akuntansi di Institut Bisnis Nusantara (2000) dan sambil mengaji di Ma’had Da’wah wa Dirasat Islamiyah Al-Hikmah Bangka, Jakarta Selatan. Hingga akhirnya memilih hijrah ke Wonosobo (2002) sampai sekarang, hobinya mengaji dan mengajar ngaji. Memulai lagi kehidupannya dari NOL bersama istrinya. Di sela gigihnya membangun ekonomi keluarga, terpanggil jiwanya untuk menjadi pendidik. Ia guru di MI Muhammadiyah Kertek dan juga MTs Ma’arif 2 Selomerto. Untuk bekal ilmu mengajarnya, ia belajar lagi dengan mengambil program Akta IV di Universitas Sains Al-Qur’an.
Saat ini, keseharian penulis sebagai ASN di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo (2009). Mengawali karier guru negeri sebagai guru Bahasa Indonesia di MTs Ma’arif 3 Sojokerto (2016) membangunkannya kembali untuk belajar kembali tata bahasa dan sastra Bahasa Indonesia. Membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara adalah hidupnya. Berbekal peribahasa ‘tiada rotan, akar pun’ ia sangat antusias dan menikmati beban guru bahasa, mengantarkannya lulus sertifikasi pendidik profesional mapel Bahasa Indonesia di Fakultas Bahasa dan Sastra Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Sebelas Maret yang dikenal bak kawah Candradimuka. Terpilih sebagai Ketua MGMP Bahasa Indonesia-MTs/SMP LP Ma’arif Kabupaten Wonosobo dan sekaligus Ketua MGMP Bahasa Indonesia-MTs Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo. Terpilih sebagai Guru Berprestasi di lingkungan Kantor Kementerian Agama.

Buku Karya Muslikun Mashadi

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2021 All Right Reserved. Toko Buku Deepublish – CV. Budi Utama