Husen

Husen Mony, M.Si

Dosen/Universitas Sahid Jakarta

About

Husen Mony lahir di Rohomoni, sebuah desa di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, 1 Januari 1984. Ia merupakan anak ke-4 dari tujuh bersaudara dari pasangan Madzhab Mony dan Bokiwael Tuheteru. Sehabis menamatkan pendidikan di SMU Negeri 5 Ternate, tahun 2002 ia merantau ke Jakarta. Gelar S-1 diraih dari Jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid Jakarta. Kemudian meraih gelar Magister Ilmu Komunikasi pada kampus yang sama. Kini, ia dipercaya oleh almamaternya sebagai dosen tetap dengan fokus mengajar mata kuliah jurnalistik, seperti Bahasa Jurnalistik, Dasar-Dasar Jurnalistik, Teknik Mencari dan Menulis Berita, Interview Jurnalistik, Investigative Reporting, Indepth Reporting, Hukum dan Etika Pers, dan lain-lain.
Selain sebagai pengajar, ia juga terlibat aktif melakukan penelitian dan kepenulisan di bidang jurnalistik serta memberikan pelatihan tentang kepenulisan pada ASN. Mendapatkan hibah riset dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk penelitiannya berjudul “Kompetensi Penulisan Berita Wartawan Penerima Sertifikat Kompetensi Ditinjau dari Aspek Bahasa Jurnalistik”. Beberapa artikelnya yang khusus membahasa tentang pers pernah dimuat pada media massa lokal, di antaranya berjudul “Benarkah Pers Sudah Merdeka?” (Radar Bekasi).
Karier jurnalistiknya dimulai sebagai wartawan pada media kampus. Kemudian, bersama teman-temannya mendirikan sebuah majalah yang fokus membahas isu-isu bidang kepolisian RI. Di media tersebut, ia memiliki posisi sebagai jurnalis dan editor. Namun, majalah tersebut hanya bertahan selama 1 tahun karena kesibukan masing-masing mengerjakan skripsi. Selama satu tahun, ia juga pernah menjadi media analis di salah satu media online internasional yang khusus membahas lingkungan, Mongabay.com. Buku Bahasa Jurnalistik yang ada di tangan Anda ini merupakan karya pertamanya. Semoga bermanfaat.

Buku Karya Husen Mony, M.Si

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2021 All Right Reserved. Toko Buku Deepublish – CV. Budi Utama