Dr. Hendriko, S.T., M.Eng

Dosen/ Politeknik Caltex Riau

About

Dr. Hendriko, S.T., M.Eng. lahir pada tanggal 9 Januari 1976 di Perdagangan, sebuah kota kecil yang terletak di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Seluruh pendidikan dasar hingga pendidikan menengah diselesaikan di kota tersebut. Selepas lulus dari SMA Negeri 1 Perdagangan, Hendriko melanjutkan pendidikannya di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara pada tahun 1994. Pendidikan Sarjana Teknik diselesaikan pada bulan Januari tahun 2000. Tidak lama setelah tamat kuliah Hendriko langsung bergabung dengan Politeknik Caltex Riau sebagai dosen. Pada saat itu Politeknik Caltex Riau merupakan sebuah kampus yang sedang dipersiapkan oleh PT Caltex Pacific Indonesia dan Pemerintah Provinsi Riau untuk menjadi kampus unggulan di Provinsi Riau dan Indonesia.
Hendriko melanjutkan pendidikannya ke jenjang Magister pada program Advanced Manufacturing Technology di Universiti Teknologi Malaysia pada tahun 2007. Program S2 dapat diselesaikan dalam waktu dua semester di tahun 2008. Pada tahun 2010 Hendriko kembali melanjutkan pendidikannya ke jenjang Doktor dengan mengikuti program Double Degree Indonesia Perancis (DDIP). Melalui program ini maka ia terdaftar di dua universitas sekaligus, yaitu Universitas Indonesia dan Universite Blaise Pascal di Perancis. Pendidikan juga dijalankan di dua kampus tersebut selama masing-masing 2 tahun. Pada tahun 2014 Hendriko berhasil menyelesaikan pendidikan S3 dan memperoleh ijazah dari kedua universitas tersebut.
Sebagai seorang dosen, Hendriko pernah mengajar beberapa mata kuliah seperti proses manufaktur, teknologi mekanik, mekanika teknik, dan perpindahan panas. Ia juga dipercaya mengajar mata kuliah reseach methodology pada Program S2 Teknik Komputer Politeknik Caltex Riau. Selain mengajar, Hendriko juga banyak terlibat dalam berbagai kegiatan penelitian. Banyak program hibah penelitian yang diperoleh, khususnya program yang ditawarkan oleh Kemendikbud maupun Kemenristek RI. Dari hasil penelitian yang dilakukan banyak dihasilkan artikel ilmiah yang diterbitkan khususnya pada jurnal internasional bereputasi. Hasil lain yang diperoleh dari kegiatan penelitian adalah berupa paten yang tercatat di Kemenkumham RI.
Di luar kegiatan akademik, Hendriko juga berpengalaman dalam menjalankan peran manajerial. Tercatat ia pernah dipercaya menjadi Kepala laboratorium mesin produksi, Kepala UPT Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dan beberapa posisi sebagai Wakil Direktur. Bahkan pada tahun 2014 Hendriko dipercaya oleh Yayasan Politeknik Chevron Riau sebagai Direktur Politeknik Caltex Riau. Tugas tersebut dijalankan selama dua periode dan selesai di tahun 2018.
Selain peran sebagai dosen di lingkungan internal Politeknik Caltex Riau, Hendriko saat ini juga tercatat sebagai asesor akreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Aktivitas lainnya adalah sebagai reviewer di berbagai jurnal nasional maupun internasional. Dengan kualitas publikasi yang dihasilkan, Hendriko banyak dipercaya untuk mereview dan memberi masukan terhadap artikel yang dikirim ke jurnal.

Buku Karya Dr. Hendriko, S.T., M.Eng

Tampilkan hasil tunggal

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang