Ferdinatus Taruh

Dr. Ir. Ferdinatus Taruh, M.Si.

Dosen/ Universitas Teknologi Sulawesi Utara

About

Ferdinatus Taruh lahir di Beo pada tanggal 13 Februari 1965. Anak dari Aristarkus Taruh dan Okmin Tempoh. Suami dari Ir. Mita Victorine Pandegirot yang bekerja sebagai PNS penyuluh pertanian pada Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara. Ayah dari Daniel Roland Taruh dan Samuel Geert Taruh. Mengenyam pendidikan TK di Desa Beo, SD Negeri III Manado, dan SMP-SMA Kristen Manado. Pendidikan S-1 tahun 1984 di Jurusan Ilmu Tanah, Program Studi Konservasi dan Tata Guna Lahan Spesialis Ilmu Pedologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi dengan skripsi “Kajian Proses Feralisasi pada Jenis Tanah Latosol di Kebun Percobaan Kelapa Desa Pandu“ diselesaikan pada tahun 1990. Pendidikan S-2 tahun 1999 di Jurusan Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah Spesialis Perencanaan Wilayah, Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi dengan beasiswa dari Drs. Luky Tambaluyan sebagai pimpinan perusahaan pengelola perkebunan kelapa di Sulawesi Utara dengan tesis “Kajian Pengolahan Kelapa Terintegrasi pada Berbagai Daerah di Provinsi Sulawesi Utara“ diselesaikan pada tahun 2001 dengan predikat Sangat Memuaskan. Pendidikan S-3 tahun 2007 di Jurusan Administrasi Bisnis Spesialis Pengembangan Sumber Daya Manusia, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya dengan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan disertasi “Pengaruh Perceive Diskriminasi, Motivasi Kerja, Stres Kerja, Komitmen Kerja dan OCB Terhadap Kinerja Pegawai Pendatang pada Berbagai Perusahaan Kelapa di Provinsi Sulawesi Utara” diselesaikan pada awal Januari 2011 dengan predikat Sangat Memuaskan. Memulai pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan S-1 di Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara pada tahun 1990 sampai 2007. Selesai pendidikan S-3 oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ditempatkan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara sebagai widyaiswara ahli madya dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Teknologi Sulawesi Utara serta pernah menjadi Dosen IPDN Manado. Penulis juga mengikuti berbagai pendidikan dan latihan, di antaranya:
1. Asesor bidang pemerintah tahun 2015 bersertifikat perpanjangan tahun 2021 dan telah berpengalaman melakukan asesmen di Kabupaten Sitaro, Boltim, Minut, dan Bolmut untuk PJPT (calon eselon II, baik calon sekretaris daerah maupun kepala dinas dan badan) di Provinsi Sulawesi Utara.
2. Diklat PPNS Pupuk dan Pestisida pada tahun 2004 di Pusat Pendidikan Reserse Kriminal Magamendung, Ciawi, Bogor.
3. Diklat Kewidyaiswaraan tahun 2011 di Badan Diklat Kemendagri tahun 2011 dengan mendapat peringkat 1 tingkat nasional.
4. Pengelolaan barang dan jasa dan lulus ujian sebagai Ahli Pengadaan Barang dan Jasa pada tahun 2011 di Manado.
5. TOT Penilai Aset dan Barang Pemerintah di Kemendagri pada tahun 2012.
6. Diklat Penyelesaian Sengketa Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Lembaga Administrasi Negara Jakarta pada tahun 2013.
7. Diklat MOT di Lembaga Administrasi Negara Jakarta pada tahun 2013.
Penulis juga pernah mengikuti pertemuan tingkat internasional, antara lain:
1. Davao–Manado Business Meeting sebagai anggota delegasi Indonesia dari Sulawesi Utara pada tahun 2007.
2. Pertemuan APCC (Asia Pasific Coconut Community) tahun 2008 sebagai anggota delegasi Indonesia dari Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Manado.
Tulisan penulis pernah dimuat di surat kabar, seperti “Loyalitas PNS dan Korupsi di Provinsi Sulawesi Utara” (Manado Post) dan beberapa tulisan lainnya dimuat di Jurnal Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara dengan judul “Hubungan Komitmen Kerja terhadap Kinerja PNS”. Buku Stres Kerja merupakan buku yang pertama dibuat penulis.

Buku Karya Dr. Ir. Ferdinatus Taruh, M.Si.

Tampilkan hasil tunggal

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2021 All Right Reserved. Toko Buku Deepublish – CV. Budi Utama