fbpx
flash sale toko buku deepublish

Apakah Beli Ebook dapat Versi PDF?

apakah beli ebook dapat pdf
toko buku kuliah

Apakah Beli Ebook dapat Versi PDF? – Sedang mencari referensi literature secara online. Baik itu jurnal ataupun ebook, pastinya akan sangat membantu kamu dalam menyelesaikan laporan atau visi misi kamu dalam mengerjakan tugas. Selama proses pencarian referensi, hal yang sering kamu alami dan membuat kamu merasa ragu pasti terkait dengan beberapa ebook berbayar.

Barangkali diantara kamu ada yang bertanya, apakah beli ebook dapat versi PDF nya? Nah jika pertanyaannya ini jawabannya bervariasi. Karena tergantung dari lokasi dimana kamu membeli atau mendownload ebooknya.

Apalagi sekarang ada banyak sekali website yang menjual ebook secara online. Mulai dari website luar negeri sampai dalam negeri semua ada.

Namun jika dibandingkan dengan buku, untuk saat ini ebook memang sedang naik daun.  Semakin banyak orang senang membeli ebook daripada buku. Walaupun pecinta buku pun juga masih ada. setidaknya dengan kecanggihan teknologi minat membaca secaradaring terus saja bertambah. Walau masih ada banyak orang yang ragu dan bertanya apakah beli ebook dapat versi PDF.

Apakah Beli ebook dapat versi PDF?

Kenapa banyak yang menanyakan apakah beli ebook dapat versi PDF? Ternyata karena banyak pihak penjual ebook hanya bisa di buka dan di baca dalam bentuk aplikasi. Sehingga tidak memberikan versi PDF nya dengan alasan keamanan, agar tidak dibajak dan disalahgunakan.

Dengan kata lain ketika kita membeli sebuah ebook, kita membeli sebuah akses kedalam buku digital tersebut, bukan membeli versi PDF yang bisa kita download dan kita bagi-bagikan ke orang lain.

Jadi, sebelum membeli ebook, pastikan smartphone kamu support dengan aplikasi. Kan sayang jika sudah terlanjur dibeli dan tidak bisa di baca akibat aplikasi tidak support.

Memang ada beberapa tipe orang yang lebih senang membaca dalam bentuk fisik, seperti buku. Dibandingkan membaca secara daring. Mengingat saat membacara secara daring lewat layar smartphone, mata akan cepat lelah, capek dan pegel. Hal ini juga berlaku saat kamu membaca buku ebook.

Baca juga : Apa Perbedaan Resensi Buku Fiksi Dan Non Fiksi?

Paling tidak dalam membaca buku ebook, kamu harus nempel terus pada smartphone kamu. Karena aplikasinya bergantung pada smartphone. akan berbeda jika ebook yang telah di beli secara otomatis mendapatkan PDF nya. Maka bisa di cetak kemudian baru di baca atau bisa juga PDF di simpan di komputer dan di baca di rumah.

Tidak dapat dipungkiri, bagi beberapa orang yang smartphone versi jadul seperti saya nih. kendala yang paling terasa adalah masalah tempat penyimpanan. Jadi agar tidak terlalu banyak file, maka file ebook yang sudah di beli pun bisa di pindah dan kita tetap bisa baca. Jadi menurut saya wajar jika ada yang menanyakan apakah beli ebook dapat versi PDF nya.

Alasan Banyak yang Tidak Memberikan Versi PDF

Terlepas dari pertanyaan apakah beli ebook dapat versi PDF, ternyata ada alasan di balik semua itu. khususnya untuk perusahaan atau penerbit ebook nih. Mereka memang sengaja tidak memberikan versi PDF demi mengurangi penyalahgunaan hak cipta.

Ya kita tahu sendiri, Indonesia paling suka dengan yang gratisan kan. Nah, pihak perusahaan atau penerbit pun tahu alasan klise. Di takutkan jika diberikan PDF akan di sebar luaskan tanpa ada pembayaran ke pada pihak penerbit. Satu sisi juga akan merugikan juga loh. Tidak hanya merugikan penerbitnya saja, tetapi merugikan penulisnya juga.

Baca juga : Pentingnya Perawatan Bahan Pustaka di Perpustakaan

Kan kasian, penulis menulis itu butuh biaya riset, biaya operasional seperti kartu kuota, listrik dan waktu yang telah di dedikasikan untuk menulis itu tidaklah gampang. Kita tahu bahwa ilmu pengetahuan dan hak kekayaan intelektual itu harganya mahal loh. Itu sebabnya penting sekali buat kita nih sebagai penikmati, menghargai kerja keras mereka dengan tidak membajak atau membeli bajakan yang gratis-gratisan.

Dimana Tempat Beli Ebook Yang Aman?

Terkait dimana kamu bisa mendapatkan ebook terupdate dan berkualitas, bebrapa aplikasi berikut ini menjadi tempat favorit untuk membeli sebuah buku digital. Berikut adalah beberapa aplikasinya :

1. Google play Book

Tempat pertama untuk kamu bisa membeli ebook di Google play book. Di sini kamu akan mendapatkan banyak variasi ebook loh. Mulai ebook yang bisa mendapatkan versi PDF sampai yang hanya bisa membacanya melalui aplikasi google play.

Dari segi koleksi, google play book juga ada banyak genrenya. Mulai dari novel, majalah, buku pendidikan dan masih banyak lagi pastinya. Tahukah kamu jika google play book ini disebut-sebut sebagai perpustakaan virtual dari perpustakaan karena saking lengkapnya. Jadi kamu bisa menyewa buku secara virtual di tempat.

2. Amazon Kindle

SIapa sih yang tidak kenal dengan Amazon? Barangkali kamu tidak asing dengan Amazon kindle satu ini. Kamu bisa mengakses koleksi ebook yang ada di Amazon kindle dengan cara menginstal aplikasi dulu, tenang gratis kok instalnya.

Setidaknya setelah menginstal, kamu bisa mencari berbagai macam koleksi ebook. Jangan anggap sepele, di sini ada 100 sampai 500 juta koleksi loh. Coba, bisa kamu bayangkan seperti apa banyaknya koleksi ebook yang kamu sukai.

3. Wattpadd

Nah, khusus buat kamu yang tidak suka dengan bacaan secara online karena banyak menguras kuota internet. Ada satu rekomendasi buat kamu nih yang bisa kamu baca secara offline. Yaitu wattpad. Wattpad adalah ebook yang bisa dibaca dan dinikmati saat kuota kamu sangat limit. Sayangnya wattpadd ini tidak menjawab pertanyaan kamu terkait apakah beli ebook dapat versi PDF.

Baca juga : 5 Rekomendasi Buku Statistika Terbaik

Jadi di wattpadd tidak tersedia versi PDF nya. Karena ini semacam platform yang hanya bisa kamu baca di platform tersebut. Ya, semacam aplikasi webtoon begitulah. Hanya bisa kamu baca di aplikasi yang telah terpasang itu saja. Kelebihan wattpadd adalah, kamu pun bisa menulis cerita di sana agar bisa di baca oleh orang lain juga loh.

4. FReader

Buat kamu yang bener-bener ingin mendapatkan jawaban dari apakah beli ebook dapat versi PDF? Maka FReader bisa kamu coba. Karena di sini tidak hanya ebook saja, tetapi juga ada yang berbentuk PDf, Txt, doc, docx, ePub, cbz an cbr. Jadi ada banyak variasi pilihan yang kamu inginkan.

Kelebihan dari FReader memiliki fitur untuk menerjemahkan dari berbagai bahasa. Jadi, kamu pun tidak perlu khawatir terkait dengan kemampuan bahasa inggris yang minim. Di jamin kamu tetap bisa memahaminya isi ebook tersebut di sini.

Nah dari ulasan artikel ini, semoga bisa menjawab apakah beli ebook dapat versi PDF. Jadi ada yang memberikan versi PDF ada yang tidak. Semua tergantung dari pandai-pandai kita mendapatkannya di portal mana dan dimana.

Bahkan jika kamu malas kepo dan spoiler di website tersebut, kamu pun bisa melakukan dengan cara manual. Misalnya, membeli buku di toko buku online deepublish. Yah, walaupun gaya lama, tetapi tetap bisa kamu lakukan selama kamu lebih senang membaca secara teks daripada secara online.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang