Logo Baru April

Program Kreativitas Mahasiswa: Jenis dan Contoh Judul

Program Kreativitas Mahasiswa
toko buku kuliah
Bagikan

Seorang mahasiswa tentu dituntut untuk memiliki pemikiran yang kritis, produktif, kreatif, inovatif, tanggung jawab, peka, dan sebagainya. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mahasiswa dapat merealisasikan pemikiran ide atau keresahan sosial. Misalnya, untuk penelitian, pengabdian, riset, kewirausahaan, bahkan gagasan yang berorientasi pada perubahan di  masa depan. 

Selain itu, dengan mengikuti PKM, kita akan dibiayai secara penuh sehingga tidak perlu khawatir dengan biaya operasional untuk program yang kalian pilih. Jika nanti kamu menang, bisa berkesempatan mendapat insentif, lho. Sangat menarik bukan? 

Apa itu Program Kreativitas Mahasiswa? 

Program Kreativitas Mahasiswa atau biasa disebut dengan PKM merupakan ajang perlombaan bergengsi bagi mahasiswa di tingkat nasional. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Ditjen Diktiristek di bawah naungan Belmawa. Sasaran peserta PKM adalah mahasiswa tingkat D3, D4, dan S1 yang masih dalam masa studi alias belum lulus. Mahasiswa yang lolos penilaian proposal kegiatan akan mendapat dana operasional. 

Besaran dana tersebut disesuaikan dengan program yang dipilih. Selain itu, dana penunjang tersebut bersifat transparansi, akuntabel, dan kompetitif, transparansi dan akuntabel tercermin dalam pelaporan keuangan operasional kegiatan. Dana PKM bersifat kompetitif mengandung maksud dana yang digunakan semata-mata untuk keperluan perlombaan, bersaing dengan peserta lainnya, bukan untuk dijadikan konsumsi pribadi. 

Jenis-Jenis PKM

Dilansir dari website simbelmawa.kemdikbud.go.id, jenis PKM yang ditawarkan sebanyak 10 bidang kegiatan. Dengan jumlah sebanyak itu, kesempatan terbuka lebar untuk mengembangkan dan merealisasikan ide kreatif kalian, nih. Yuk kita simak ulasan 10 jenis PKM berikut ini.  

1. PKM-RE (PKM Riset Eksakta)

PKM-RE merupakan riset mendalam yang berbasis iptek pada bidang eksakta untuk mengungkapkan informasi baru. Muatan PKM-RE biasanya berisi hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif.

2. PKM-RSH (PKM Riset Sosial Humaniora)

PKM-RSH merupakan riset mendalam yang berbasis iptek pada bidang sosial humaniora dan seni untuk mengungkapkan informasi baru. Muatan PKM-RSH  biasanya berisi hubungan sebab-akibat, penelitian deskriptif mengenai perilaku sosial, seni dan budaya masyarakat, pendidikan, ekonomi yang berkaitan kearifan lokal atau perilaku kontemporer.  

3. PKM-K (PKM Kewirausahaan)

PKM-K merupakan pembuatan produk iptek yang ditujukan untuk komoditas usaha di kalangan mahasiswa. Muatan PKM-K ini yaitu menghasilkan komoditas usaha yang unik dan merintis kewirausahaan yang berorientasi pada pemerolehan profit. 

4. PKM-PM (PKM Pengabdian kepada Masyarakat)

PKM-PM merupakan pemberian solusi penerapan iptek di bidang teknologi atau manajemen untuk persoalan atau kebutuhan masyarakat dengan tidak mengharapkan keuntungan (non profit). Muatan PKM-PM biasanya berupa program-program kemasyarakatan.    

Daftar Open Reseller

5. PKM-PI (PKM Penerapan Ilmiah)

PKM-PI merupakan pembuatan solusi penerapan iptek di bidang teknologi atau manajemen bagi masyarakat/mitra yang mengutamakan keuntungan (profit). Ilmu yang telah diperoleh dari perguruan tinggi diterapkan untuk menemukan solusi persoalan di dunia usaha. 

6. PKM-KC (PKM Karsa Cipta)

PKM-KC merupakan pembuatan karya yang fungsional yang merupakan hasil konstruksi karsa dan nalar mahasiswa. Dengan PKM-KC, gagasan mahasiswa berupa kreasi sesuatu yang baru dan fungsional ini tidak hanya dihargai saja, melainkan juga akan direalisasikan. 

7. PKM-KI (PKM Karya Inovatif)

PKM-KI merupakan pembuatan karya yang fungsional inovatif, solutif, skala penuh, berbasis iptek, dan siap diproduksi secara massal. Hasil karya inovatif dari mahasiswa ini diharapkan dapat mencerminkan kepekaannya terhadap persoalan faktual masyarakat atau dunia usaha.  

8. PKM-VGK (PKM Video Gagasan Konstruktif)

PKM-VKG merupakan pembuatan karya berupa video dengan konten gagasan konstruktif isu SDGs dan nasional. Mahasiswa dalam PKM-VKG diharapkan memiliki imajinasi, persepsi, nalar, kepekaan dan kekritisan terhadap persoalan SDGs dan nasional.

9. PKM-GFT (PKM Gagasan Futuristik Tertulis)

PKM-GFT merupakan pembuatan karya berupa konsep/gagasan tertulis yang bersifat futuristik, yakni berorientasi pada perubahan di masa depan. Ciri PKM-GFT, yaitu gagasan futuristik yang berbeda dengan zaman-zaman sebelumnya supaya potensi untuk direalisasikannya mudah. 

10. PKM-AI (PKM Artikel Ilmiah)

PKM-AI merupakan pembuatan artikel ilmiah yang sesuai dengan kegiatan akademik mahasiswa. Biasanya PKM-AI berisi artikel ilmiah yang diambil dari kerja kelompok dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat. Ide PKM pendanaan yang tidak lolos juga dapat dijadikan materi PKM-AI. 

promo merdeka belanja

Sementara itu, dari 10 jenis PKM dibedakan kembali menjadi dua kelompok.  . 

1. PKM pendanaan 

Jenis PKM yang bidang kegiatannya berupa gagasan yang perlu direalisasikan lebih lanjut sehingga mendapat dana operasional dari Dirjen Dikti. PKM pendanaan meliputi PKM-RE, PKM-RSH, PKM-K; PKM-PM; PKM-PI, PKM-KC, PKM-KI; dan PKM-VGK.

2. PKM insentif

Jenis PKM yang bidang kegiatannya berupa gagasan-gagasan yang tidak harus direalisasikan sehingga penghargaannya melalui insentif. PKM insentif antara lain PKM-GFT dan PKM-AI.

Contoh Judul Program Kreativitas Mahasiswa

Dilansir dari berbagai sumber, berikut contoh-contoh judul PKM yang lolos. Judul PKM di bawah ini lolos pendanaan dan insentif. Judul dan muatan materinya bisa kalian jadikan sebagai referensi. 

  1. Lilin Aromaterapi Lemon Anti Nyamuk Dalam Wadah Ukiran Bambu – PKM K dari mahasiswa Universitas Merdeka Madiun 
  2. Hidrogenasi Parsial Minyak Kemiri Sunan Untuk Menurunkan Angka Iodium Sesuai Standar Minyak Nabati Murni Sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik – PKM RE dari mahasiswa Institut Teknologi Indonesia
  3. Kunci Mantra (Komunitas Pecinta Permainan Tradisional) Sebagai Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Di Tengah Modernisasi Zaman Untuk Slb Panca Bakti Mulia Surakarta – PKM PM dari mahasiswa ISI Surakarta 
  4. Analisis Nilai-Nilai Moral Tradisi Accera Kalompoang di Museum Balla Lompoa Kabupaten Gowa  – PKM RSH dari mahasiswa Universitas Negeri Malang 
  5. Learning Process Sikap Keberagaman dan Toleransi Masyarakat Islam Terhadap Penganut ‘Aboge Cirebonan’ (Studi Kasus Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas) – PKM RSH dari mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman 
  6. KLIK2: Kebaya Limbah Kerang Kekinian: Eco-Product Limbah Kerang sebagai Aksesoris Kebaya – PKM K dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya 
  7. Uri-Uri Budaya: Konsep Wisata Dan Edukatif The Spirit Of Majapahit – PKM GT dari mahasiswa Universitas Airlangga 
  8. Bapia (Bandana Pijat Anti) Insomnia – PKM KC dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  9. Aerospace Medical Bunker : Inovasi Pesawat Masa Depan Melalui Desain Bunker Evakuasi Dan Unit Kesehatan Sebagai Solusi Tuntas Jaminan Keamanan Dan Keselamatan Penumpang – PKM AI dari Universitas Islam Indonesia
  10. Gabungan Peralatan Menghasilkan Produk Multifungsi yang SUWERLY (Super Economic Water and Eco-Friendly) – PKM KC dari mahasiswa Universitas Muslim Nusantara AL-Wasliyah 

Nah itulah ulasan mengenai program kreativitas mahasiswa. Pelajari dengan baik mulai dari konsep, materi, hingga realisasi PKM ya. Siapa tahu tim kalian bisa lolos dan didanai. Biasanya salah satu hal yang membuat lolos tahap awal adalah Referensi. Pastikan referensi dari buku dan jurnal terpercaya.

Apabila ingin dan membutuhkan referensi buku referensi untuk PKM, bisa langsung ke Toko Buku Online. Murah, Berkualitas dan Ditulis langsung oleh Dosen. Semoga bermanfaat! (Ninik Pratiwi)

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

[newsletter_signup_form id=1]
Baca Juga :

Promo Merdeka Reseller
Gratis Biaya Pendaftaran

Kerja sampingan mudah dan tidak memotong waktu, omset jutaan per bulan

hanya s.d. 17 Agustus 2022