Apa Itu Metodologi Penelitian? Jenis, Contoh dan Kegunaannya

pengertian metodologi penelitian
toko buku kuliah

Apa itu metodologi penelitian? Metodologi penelitian merupakan cara bagaimana kita melakukan penelitian. Penelitian adalah upaya untuk mendapatkan informasi dan melakukan investigasi data, guna mendapatkan ilmu pengetahuan atau menemukan ilmu baru.

Apa itu metodologi penelitian? Secara etimologi, metodologi penelitian akan menjelaskan secara teknis. Misalnya akan mengungkap cara, metode atau trik. Karena konteksnya adalah melakukan penelitian, maka dasar yang paling fundamental yang harus kamu miliki adalah mengetahui proses menjalankan penelitian.

Dalam arti sederhana lain metode penelitian dapat diartikan sebagai proses memilih cara yang spesifik untuk menyelesaikan permasalahan dalam menjalankan riset. Selama menjalankan riset membutuhkan waktu yang panjang, maka diperlukan yang namannya cara yang lebih sistematis.

Jadi di ulasan artikel ini tidak hanya mempelajari secara teori saja. Tetapi juga akan mempelajari tentang bagaimana melakukan analisis data dan teknik melakukan analisis itu seperti apa dan bagaimana. Langsung simak ulasan berikut.

Pengertian Metodologi Penelitian

Sebagai pengantar dasar. Maka pada kesempatan kali ini akan mengulas apa itu metodologi penelitian menurut para ahli. Menurut Prof. Dr. Sugiyono, metodologi penelitian adalah cara ilmiah dalam upaya menemukan data demi goal dan kegunaan tertentu.

Hampir sama dengan pendapat Muhiddin Sirat, yang mengartikan bahwa metodologi adalah cara menentukan dan memilih topic permasalahan, untuk dijadikan sebagai penentuan judul penelitian itu sendiri.

Berbeda dengan pendapat Prof. M.E. Winarno, yang mengungkapkan bahwa metodologi penelitian sebagai kegiatan ilmiah yang dijalankan dengan teknik sistematis. Sedangkan Muhammad Nasir, mendefinisikan sebagai cara utama yang dipergunakan untuk para penelitian menjalankan penelitian.

Seperti yang disinggung sebelumnya. Apa itu metodologi penelitian ada karena dilatarbelakangi ingin menemukan jawaban atas permasalahan yang telah muncul. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian dan riset. Dimana riset dan penelitian harus dilakukan secara terstruktur dan tersistematis.

Itu sebabnya di dalam menjalankan penelitian maupun riset, seorang mahasiswa atau peneliti harus mengikuti kaidah penelitian yang tersistematis. Dikatakan tersistematis dapat dilakukan beberapa cara. Pertama, lakukan proses identifikasi dan membuat rumusan masalah. Kedua, calon peneliti harus menyusun kerangka berfikir terlebih dahulu dan merumuskan hipotesis.

Tanpa hipotesis dan rumusan masalah, semua permasalahan kurang afdol rasanya. selanjutnya, barulah dilakukan pembahasan masalah yang dihadapi. Tentu saja pembahasan dilakukan berdasarkan penemuan data yang telah masuk. Barulah dibagian akhir adalah bab pembuatan kesimpulan dan saran.

Tujuan Metodologi Penelitian

Mungkin bagi sebagian kecil orang hanya akan bertanya apa itu metode penelitian? Sebatas pertanyaan isapan jempol saja. Atau menganggapkan sebuah kewajiban dari perguruan tinggi. Terlepas dari itu semua, siapa yang menyangka jika metodologi penelitian ini pun juga memiliki tujuan yang mendasar.

Tujuan metode penelitian diharapkan peneliti dapat memperoleh hasil penelitian yang berkompeten, berkredibel, tepat dan tentu saja dapat dipertanggungjawabkan. Setidaknya dari penelitian yang dilakukan akan menjawab permasalahan yang sedang diteliti oleh penulis.

Dilihat dari segi jenis, metodologi penelitian pada dasarnya memiliki tiga kemanfaatan. Pertama, memperoleh pengetahuan atau penemuan baru. Kedua, dapat dimanfaatkan untuk membuktikan atau menguji kebenaran yang telah ada. Ketiga, membantu dalam mengembangkan pengetahuan lebih kaya dan lebih banyak.

Jenis dan Contoh Metodelogi Penelitian

Menyinggung tentang apa itu metodologi penelitian, maka ada beberapa macam bentuk metode penelitian yang harus kamu tahu sebelum terjun ke lapangan.  Setidaknya ada beberapa metode penelitian yang sering digunakan oleh banyak peneliti, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Metode Kualitatif

Metode kualitatif, yang merupakan metode riset yang memberikan penjelasan lebih analisis dan bersifat subjektif. Pada metode ini peneliti menggunakan perspektif dari partisipan sebagai gambaran yang diutamakan dalam memperoleh hasil penelitian.

Pada metode kualitatif biasanya menggunakan teknik penelitian berupa ovservasi, ekspreimen dan wawancara terbuka.

Jika pada metode kuantitatif datanya bersifat angka/skala, pada kualitatif datanya dapat berupa pendapat atau hasil pencatatan di lapangan.

2. Metode Kuantitatif

Kedua, kebalikan dari kualitatif, yaitu metode kuantitatif. Yaitu metode yang dilakukan secara sistematis dan menggunakan model-model yang bersifat matematis. Hipotesa dan teori yang digunakan biasanya berkaitan dengan fenomena alam. Sifat penelitian ini adalah objektif, dan analitis.

Untuk memperoleh data-data penelitian biasa digunakan beberapa metode seperti tes, pengujian dan wawancara terstruktur. Data penelitian yang di dapat berupa angka, skala maupun grafik yang bisa dihitung.

Baca juga : Data Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian

3. Metode Survey

Ketiga, metode survey adalah metode penelitian yang dikemas dan disusun berbentuk opini. Metode penelitian satu ini pun dimanfaatkan untuk membuat gambaran umum melalui sampel beberapa orang loh.

4. Metode Ekspos Facto

Keempat, metode ekspos facto, adalah metode penelitian yang berhubungan sebab –akibat.

5. Metode Deskriptif

Kelima, metode deskriptif metode penelitian yang mengambarkan peristiwa secara langsung ataupun tidak langsung. apa itu metodologi penelitian deskriptif dibagi menjadi dua, yaitu metode longitudinal dan cross sectional.

Baca lebih lanjut : 7 Jenis Metodologi Penelitian dan Pengertiannya

Kegunaan Metodologi Penelitian Berdasarkan Jenisnya

Apa itu metodologi penelitian? Ternyata memiliki kegunaan yang luar biasa dalam dunia penelitian. Jika selama ini metodologi penelitian hanya untuk kepentingan akademis. Ternyata solusi atau hasil penelitian secara akademis, dapat memberikan solusi dan perubahan banyak ranah. Tidak hanya di ranah pendidikan, tetapi juga di ranah sosial, kedokteran. Salah satunya untuk kepentingan berikut kita simak.

1. Penelitian Murni : Mengembangkan Teori

Jadi kegunaan penelitiaan murni sebagai penelitian dasar yang sering digunakan untuk mengembangkan teori yang sudah ada menjadi lebih komprehensif dan lebih lengkap. Penelitian murni ini berbeda dengan penelitian terapan.

2. Penelitian terapan : Memecahkan Masalah pada Kehidupan Praktis

Jadi penelitian terapan adalah metodologi penelitian yang mendasarakan pada tingkat kegunannya. Penelitian ini lebih fokus pada memecahkan masalah pada kehidupan praktis.

Memecahkan masalah berdasarkan kejadian secara real di lingkungan sosial. Dengan kata lain, metode penelitian satu ini lebih tepat sasaran bagi masyarakat sekitar, karena tidak berpedoman pada teori (dimana untuk beberapa kasus, secara teoritis justru membatasi pengambilan solusi).

3. Penelitian aksi : Membuat Tindakan Khusus Sesuai Dengan Teori

Barangkali kamu jarang mendengar metodologi penelitian yang satu ini. Jadi penelitian aksi ini adalah penelitian yang ditujukan untuk membuat tindakan khusus sesuai dengan teori. Jadi telaah teoritis inilah yang dijadikan acuan atau pencarian solusi atas permasalahan yang ada.

Jadi memang metodologi tidak hanya sebagai pemecah masalah yang sifatnya studi kasus dan akademis. Tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memecahkan permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Misalnya, bisa mengentaskan angka kemiskinan, memberikan solusi atas permasalahan kasus yang menghambat produktivitas warga, bisa menemukan obat dibidang kedokteran dan masih banyak kegunaan metodologi penelitian.

Kesimpulan :

Nah, dari beberapa ulasan di atas, tentu saja kamu lebih bisa memahami dan menguasai secara detail bukan. Jadi pertanyaan terkait apa itu metode penelitian sudah tidak lagi menjadi pertanyaan yang memusingkan. Karena hal yang memusingkan kamu pun sudah di ulas secara garis besar di ulasan artikel di atas.

Buat kamu nih yang masih binggung secara detail dan rinci dari pertanyaan tentang apa itu metode penelitian. Kamu bisa berselancar mencari ulasan lebih lengkap di google. Karena ilmu googlingiyah tidak selalu menjamin kebenaran, maka kamu bisa mempelajari metodologi penelitian di buku yang diterbitkan secara langsung.

Kelebihan membaca buku dari sumbernya langsung, seperti membaca buku metodologi penelitian, jauh lebih berkredibel. Karena buku tersebut ditulis oleh penulis yang ahli di bidang metodologi. Secara penjawaban materi pun, kamu juga akan memperoleh ilmu yang lebih mendalam dan lebih rinci.

Semoga ulasan dan pemaparan tentang apa itu metode penelitian ini bermanfaat dan selamat membaca. Semoga hasil penelitian kamu lancar.

Pondok Djawara Deepublish

Butuh buku metodologi penelitian? Dapatkan bukunya hanya di Toko Buku Online Deepublish, kualitas dan harga terbaik. Baca juga :

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang