pojok Reseller deepublish

Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

Apa itu afiliator? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja Afiliasi

apa itu afiliasi
Bagikan

Pernah dengar istilah afiliator? Apa itu afiliator? Jadi, Afiliator adalah pihak yang ditugaskan oleh suatu perusahaan untuk melakukan pengembangan bisnis kepada konsumen. Pahami mengenai pengertian afiliasi, manfaat dan cara kerja afiliasi yang benar.

Seorang afiliator akan mendapat keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati bersama sebelumnya. Afiliator terbentuk setelah adanya program afiliasi. 

Di era teknologi sekarang ini peran afiliator sangat memengaruhi perhatian konsumen dalam hal kegiatan jual beli produk. Masyarakat yang banyak menggunakan sosial media menjadi sasaran yang pas bagi kinerja para afiliator. 

Pengertian Afiliator

Secara umum, afiliator berasal dari kata afiliasi. Afiliator berarti pihak yang mengikuti program afiliasi dari suatu perusahaan atau lembaga tertentu yang tugasnya adalah menawarkan produk perusahaan kepada orang lain dan akan mendapat komisi. Dalam dunia bisnis khususnya marketing, afiliator memiliki peranan yang penting apalagi untuk produk-produk yang baru.

Para afiliator akan dapat menjadi penghubung antara perusahaan dengan mitra atau konsumen, misalnya untuk tujuan ekspansi bisnis, pengembangan, pemasaran bahkan penjualan produk suatu perusahaan. Dengan cara tersebut, afiliator akan memperoleh keuntungan dan penghasilan dari perusahaan.  

Pengertian Afiliasi

Definisi afiliasi sendiri merujuk pada bentuk kerja sama yang dilakukan oleh perusahaan kepada pihak lain dalam urusan pengembangan bisnisnya. Pihak lain dimaksud tersebut dapat berupa perusahaan, lembaga, atau individu yang sama-sama berdiri sendiri.

Program ini diselenggarakan untuk mencapai keuntungan sebesar-besarnya melalui strategi promosi atau pemasaran yang disosialisasikan secara terarah.

Saat ini, program afiliasi sudah banyak berkembang. Kamu bisa menemukan peluang program afiliasi pada platform marketplace, aplikasi belajar, aplikasi trading/saham, aplikasi editor video, dan sebagainya. Peluang untuk mengikuti program ini juga sangat besar. Kamu bisa mendapatkan komisi sebagai penghasilanmu.   

Manfaat dan Keuntungan Mengikuti Program Afiliasi

Program afiliasi dirancang oleh perusahaan untuk pengembangan bisnis dengan bantuan pihak ketiga yang tidak terikat secara langsung dengan perusahaan (bukan karyawan).

Daftar Open Reseller

Sebagai pihak yang dibutuhkan, perusahaan tentu mempertimbangkan manfaat atau keuntungan yang diperoleh bagi siapapun yang mengikuti program afiliasi di perusahaannya.

Nah, mari simak manfaat atau keuntungan mengikuti program afiliasi bagi orang yang ingin bergabung.

1. Dapat penghasilan tambahan

Sebagai afiliator tentunya kamu dituntut untuk memberikan keuntungan dalam pemasaran produk barang atau jasa suatu perusahaan. Kamu juga dibekali ilmu-ilmu yang menunjang program afiliasimu oleh perusahaan. Pemberian kode referal dari perusahaan yang selanjutnya kamu bagikan untuk konsumen, akan mendatangkan keuntungan.

Sementara itu, penghasilan yang didapatkan oleh afiliator berupa komisi. Komisi diberikan setelah produk barang atau jasa benar-benar dibeli oleh konsumen. Pendapatan komisi, persentasenya tergantung pada mitra atau perusahaan yang kalian ikuti program afiliasinya.  

2. Tidak perlu stok produk

Menjadi afiliator tidak perlu stok produk. Kamu bisa menawarkan produk barang atau jasa yang telah disediakan suatu perusahaan. Misalnya, kamu menjadi afiliator platform marketplace, kamu bisa memanfaatkan produk barang atau jasa yang ada di marketlpcae tersebut. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membeli produknya. Rekomendasikan produk yang sekiranya unik dan menarik perhatian konsumen. Perhatikan juga kegunaan produk yang kamu tawarkan. 

3. Bisa dikerjakan di malam hari

Pekerjaan afiliator fleksibel dan tidak terikat dengan perusahaan. Kamu bisa bekerja di pagi, siang, sore, atau bahkan malam harI. Event atau promo yang dirancang oleh perusahaan terkadang juga menyesuaikan target dan waktu mitra atau konsumen. Jadi, afiliator pun menyesuaikan jam kerjanya berdasarkan kebijakan perusahaan. Di sisi lain, kamu juga bebas menentukan jam kerjamu sendiri berdasarkan sasaran dari produk barang atau jasa pada afiliasimu. .     

promo merdeka belanja

4. Tidak butuh modal banyak

Biasanya afiliator pada platform marketplace, sistem kerjanya mereview produk. Jadi, sistem kerjanya lebih banyak menggunakan tuturan. Contoh lain misalnya afiliator platform agen perjalanan, sistem kerjanya bisa melalui tulisan, blog atau video traveling.

Sistem kerja tersebut paling tidak hanya memerlukan laptop, kamera, atau ponsel. Media penunjang yang diperlukan juga terkadang sudah difasilitasi oleh perusahaan. Jadi, modal yang dikeluarkan oleh afiliator tidak banyak atau bahkan bisa tanpa modal.

Baca juga: 15 Cara Jualan Online Laris

Cara Kerja Afiliasi 

Sistem kerja afiliasi cukup mudah. Arahan dari perusahaan membuat afiliator mampu memahami sistem kerjanya. Secara umum, sistem kerja afiliasi ialah mempromosikan produk pemberian kode referal. Berikut ulasan cara kerja afiliasi. 

1. Mendaftarkan diri pada program afiliasi

Pendaftaran program afiliasi biasanya dibuka pada website perusahaan. Kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi dan memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. Nantinya, kamu juga akan mendapatkan kode referal yang tentunya berbeda-beda. Kode referal ini akan menunjang promosi penjualan. 

2. Mempromosikan produk afiliasi

Langkah mempromosikan produk afiliasi. Media promosi dapat disesuaikan oleh perusahaan atau inisiatif kamu sendiri. Misalnya, review poduk dengan video, youtube, forum, sosial media, tulisan blog, dan sebagainya. Saat sosialisasi promosi produk, sisipi informasi pemakaian kode referalmu.

3. Konsumen memakai kode referal dari afiliator 

Kode referal yang telah diinformasikan saat promosi produk, oleh konsumen akan dipakai. Pemakaian kode ini menjadikan konsumen memperoleh harga yang berbeda karena mendapatkan potongan dari pemakaian kode referalmu. 

4. Mendapatkan komisi 

Kode referal ditujukan untuk menandakan bahwa produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh kamu (afiliator) telah dibeli oleh konsumen. Semakin banyak pemakaian kode tersebut, maka semakin banyak komisi yang kamu dapatkan sebagai afiliator.

Nah itulah sekilas ulasan mengenai program afiliasi. Hal ini sebenarnya bisa banget digunakan untuk mahasiswa dalam mencari kerja sampingan supaya tidak bergantung kepada pemberian orang tua dan lebih mandiri.

Namun, pastikan bahwa produk yang kamu jual untuk program afiliasi memang benar-benar nyata dan bisa bermanfaat secara fungsional. Jangan sampai membodohi orang lain.

Lebih aman lagi kalau Kamu mau kerja sampingan sebagai Reseller Buku. Sebab, dengan jadi reseller buku dipastikan untung banyak, mendapatkan pahala karena membagikan dan menyebarkan pendidikan, serta kalau di Deepublish kamu tidak perlu stok buku untuk dijual (dropship).

Apabila kamu berminat atau kepo-kepo mengenai program open reseller buku Deepublish, bisa baca selengkapnya pada Open Reseller Buku.

Semangat belajar, semoga bermanfaat, ya! (Penulis/Ninik Pratiwi)

Share This Post

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller