Logo Baru April

7 Amalan di Bulan Ramadhan Penuh dengan Pahala

Daftar Amalan di Bulan Ramadhan
toko buku kuliah
Bagikan

Selama Ramadhan, sebagai umat Islam wajib memanfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya salah satunya memaksimalkan amalan di bulan Ramadhan yang bisa mendatangkan kebaikan, pahala bahkan mengantarkan kita menuju surganya Allah SWT.

Terkadang kita terlalu fokus pada hal-hal bersar saja ketika melakukan sebuah amalan atau kegiatan dalam bulan ramadhan. Selain dapat dilihat semua orang juga rasanya lebih mengena. Padahal, bisa jadi malah menimbulkan kesombongan dalam beramal.

Baca juga: Perbedaan takdir mubram dan muallaq

Nah, kali ini akan kami berikan beberapa rekomendasi amalan yang kelihatannya kecil namun memiliki pahala yang super banyak.

1. Sahur

Siapa yang disini kadang suka meninggalkan sahur mungkin karena ngantuk, malas bangun ataupun memang gak ada niatan untuk sahur? Nah, kalian telah menyia-nyiakan nikmat sahur dan pahala sahur yang sangat besar ini.

Banyak keutamaan sahur yang harus kamu ketahui, supaya tidak menyepelakan hal kecil ini. Keutamaan sahur, yaitu mendapat kemenangan besar, membiasakan bangun malam dan beribadah di malam hari, waktu mustajab untuk berdoa, sunah Rasulullah SAW, dan pembeda umat Yahudi dan Nasrani.

2. Berbuka Puasa dengan Segera

Maksud berbuka puasa dengan segera ini bukan berarti langsung makan dan minum saat buka puasa ya. Hehe. Pada intinya tetap sewajarnya saja ya. Namun, keutamaan menyegerakan buka puasa ini adalah supaya dicintai oleh Allah SWT dan juga menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Pastikan berbuka dengan yang ada ya, apabila ada yang manis seperti kurma, pisang dan makanan yang mudah dicerna, makan itu dahulu. Setelah itu tetap solat Magrib dan baru makan besar untuk buka puasa. Baca doa buka puasa sebagai berikut.

“Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin”

3. Manjaga Lisan dan Hati

Walauapun terlihat bukan sebuah kegiatan yang terlihat, mejaga lisan dan hati ini adalah faktor utama yang harus dilakukan oleh setiap muslim saat menjalankan puasa. Tujuan puasa ini adalah menahan nafsu, terutama nafsu dalam lisan dan hati.

Daftar Reseller

Mungkin kalau masalah makan dan minum saja, kita bisa dipantau oleh orang lain dan juga pasti kita bisa menahannya dengan baik. Namun, menjaga lisan tetap bersih dan hati tetap berbaik sangka, ini yang sejatinya kita perlu tahan.

Dalam kondisi yang lapar dan haus, kita wajib menjaga kesabaran dan juga lisan kita dalam berbicara supaya tidak sombong atau malah amarah.

4. Sedekah

Salah satu hal yang mendatangkan pahala dan sangat disukai oleh Allah SWT adalah sedekah. Sejatinya semua yang kita punyai dan kita rasakan merupakan titipan dari-Nya. Makanya, apabila kita bisa sedekah dengan ikhlas maka kita akan diberikan hal-hal yang lebih besar lagi.

Dalam bulan Ramadhan ini, nilai sedekah kita akan berlipat-lipat ganda lebih banyak, bahkan dalam hadist dijelaskan pahala sedekah akan dilipatkan sebanyak 700 kali. Bayangkan seberapa murahnya Allah SWT kepada hambanya yang secara ikhlas bersedekah dan selalu menjalankan amalan bulan Ramadhan.

5. Membaca dan Mengkaji Al-Quran

Suasana di Bulan Ramadhan biasanya sangat beda dengan bulan-bulan lainnya, salah satunya dengan banyaknya lantunan Al-Quran dimana-mana. Nah, pasti kalian juga salah satu yang membaca bahkan mentargetkan khatam Al-Quran bukan dalam bulan Ramadhan ini?

Itulah salah satu amalan yang harus selalu dibudayakan dan dilaksanakan. Lebih baik lagi kalau Al-Quran tersebut tidak hanya dibaca tetapi juga di maknani dan dikaji secara langsung dengan guru khusus yang ahli. Selain dapat pahala membaca juga dapat pahala dalam memahami isinya.

Baca juga: Contoh Ceramah Singkat Bulan Ramadhan

Daftar Open Reseller

6. Zikir dan Sholawat

Jangan abaikan amalan kecil ini. Sebab, amalan ini yang menjadi jalan supaya kita bisa dekat dengan Sang Pencipta. Banyak sekali dzikir yang diajarkan Nabi. Salah satunya adalah dzikir setelah sholat. Selain dzikir juga perbanyak sholawat ya. Ingat, amalan kita selama bulan Ramadhan dilipatkan 700 kali.

Sebelum lanjut ke poin 7, ini ada beberapa rekomendasi buku terkait dzikir.

7. Istiqomah

Ada perkataan bahwa “Al Istiqomatu Khoirun Min Alfi Karomah”, Istiqomah itu lebih baik dari seribu karomah”. Jadi, istiqomah memiliki level yang lebih tinggi daripada yang hanya melakukannya sekali saja. Daripada dzikir 1000 kali tetapi hanya semalam lebih baik dzikir 10 kali tetapi setiap hari konsisten.

Nah, itu yang bisa kami berikan informasinya terkait amalan di bulan Ramadhan yang penuh berkah bahkan banyak sekali pahala dan keutaman yang didapatkan. Supaya biar tidak berat, kemaslah dalam acara yang menarik. Pahami dalam artikel 8 Kegiatan Kreatif Bulan Ramadhan. (Penulis/Yusuf Abdhul Azis).

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :