9 Rekomendasi Buku Bacaan di Bulan Puasa Ramadhan

rekomendasi-buku-bacaan-bulan-puasa
toko buku kuliah
Bagikan

Rekomendasi buku bacaan di bulan puasa ramadhan – Sebentar lagi ramadhan tiba. Dalam rangka mengisi waktu di bulan puasa. Berikut ada beberapa rekomendasi buku sesuai dengan tema bulan puasa untuk meningkatkan ketaqwaan dan menambah ilmu agama. 

Penasaran bukan, rekomendasi buku bacaan di bulan puasa ramadhan apa saja sih? Yuks, simak pembahasannya sebagai berikut.

Rekomendasi Buku Bacaan di Bulan Puasa

Selain mengisi waktu berpuasa dengan tadarus al-Quran, membaca buku yang bermanfaat juga merupakan suatu Ibadah, karena dengan membaca buku berarti kita menuntut ilmu.

Agar ibadah puasa lebih berarti, berikut daftar rekomendasi buku keislaman yang bisa kamu baca versi deepublish:

1. Buku 17 Tuntunan Hidup Muslim

Rekomendasi buku bacaan di bulan puasa ramadhan berjudul 17 Tuntunan hidup muslim merupakan buku yang menceritakan sebuah perjalanan hidup terbentuknya manusia. Kelebihan buku ini mengingatkan pembaca memahami fitrah dan asal-usul manusia. 

siapa yang menyangka, jika manusia yang selalu ingin tampil keren sebenarnya dari Allah diciptakan dari tanah. Kemudian keturunan manusia selanjutnya, terbentuk dari saripati air yang hina, yaitu air mani. Buku ini mengingatkan kembali kepada kita, agar selalu intropeksi dan ingat siapa sejatinya manusia. 

Buku setebal 393 halaman ini dapat kamu dapatkan dengan harga Rp 250.500,- buku ini cocok dibaca oleh masyarakat umum. Terutama yang ingin mempelajari lebih dalam tentang ilmu agama.

Baca juga : Manfaat Membaca

2. 23 Wasiat Rasulullah Dalam Kajian Sunnah Nabawiyah

Sebagai umat Nabi Muhammad Saw, kita wajib bersyukur. karena dibandingkan dengan umat-umat sebelum Rasulullah tidak seistimewa umat Nabi Muhammad Saw. Seperti yang kamu ketahui juga, bahwa sanya Beliau sosok yang benarbenar mencintai umatnya. 

Sebagai Nabi Akhir jaman, Nabi Muhammad Saw meninggalkan banyak pesan, nasehat dan wasiat.  Dimana wasiat dan nasehat yang disampaikan kepada umat agar senantiasa selamat di dunia dan akhirat. Pesan dan wasiat ini sampai sekarang masih bisa kita pelajari lewat para sahabat, tabiin setelahnya. Kemudian banyak pula yang ditulis dalam hadist-hadist atau rangkuman. 

Maka dari itu, di bulan ramadhan yang penuh rahmat kali ini, kita bisa memperbanyak amalan kita dengan membaca pesan, hasehat dan wasiat Rosulullah. Kelebihan buku setebal 77 halaman dikemas menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tentu saja singkat. Meskipun singkat, pesan yang disampaikan sangat berkesan dan mengena sesuai dengan kehidupan hari-hari kita.

3. Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial

Rekomendasi buku bacaan di bulan puasa ramadhan yang tidak terlalu religius, dan masih ada singgungan dengan demokrasi dan perubahan sosial? Yap buku inilah jawabannya. 

Buku yang dibandrol dengan harga Rp 90.000 salah satu buku yang memadukan ilmu agama dengan ilmu terapan seperti ilmu demokrasi dan sosial. Secara garis besar, buku ini pun akan mengajak kamu mempelajari tentang sejarah tentang demokrasi yang mampu mengubah perubahan sosial. Tentu saja tetap merunut pada ajaran agama. 

Secara tidak langsung, buku terbitan Deepublish menyampaikan bahwasanya islam yang disebut-sebut negara barat bukanlah entitas yang sepele dan remeh. Nyatanya, dalam agenda demokrasi dan perubahan sosial, agama masih relevan diterapkan. 

Secara kritis, di buku ini mengupas masalah pandangan para tokoh terhadap peradaban islam. Baik untuk islam klasik ataupun yang tidak klasik. 

Terlepas dari pandangan negatif, buku ini juga akan menjelaskan fakta bahwa barat akhirnya belajar tentang peradaban islam yang ternyata memberikan pengalaman yang baik. Baik disektor perpolitikan, budaya, ideoilogi hingga berbahasa. 

Buku ini disusun oleh penulis setebal 264 halaman.

4. Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era Industri 4.0

Rekomendasi buku bacaan di bulan puasa ramadhan yang cocok buat kamu seorang mahasiswa adalah buku karya Subhan Adi Santoso. Buku berjudul Buku ajar media pembelajaran pendidikan agama islam era revolusi industri 4.0 memang diperuntukan untuk mahasiswa yang mengambil bidang ilmu agama islam. 

Alasan kenapa buku ini wajib dibaca, karena akan membukakan pandangan tentang media pembelajaran di era yang serba cepat seperti sekarang. Secara garis besar, buku ini akan mengulas tentang bagaimana cara menyalurkan pesan dan mencari solusi dari berbagai macam hambatan. 

Ada hambatan yang sifatnya psikologis, kultural, fisik, lingkungan. Sayangnya, buku ini memang tidak ada unsur keislamanan yang dibahas di dalamnya. Tetapi materi buku ini memang ada di bidang ilmu Agama islam. 

Meskipun buku ini tidak direkomendasikan atau tidak dibaca oleh umum, buat kamu yang sekedar ingin mempelajari secara detail dan mendalam tetap cocok dan banyak ilmu yang akan kamu peroleh.

5. Buku Akhlak dan Tasawuf

Rekomendasi buku bacaan di bulan puasa ramadhan adalah mendalami ilmu tasawuf dan akhlak. Salah satu rekomendasi bukunya adalah terbitan Deepublish satu ini.

Buku setebal 125 halaman mengulas tentang bagaimana cara mencapai kebahagiaan. Seperti yang kita tahu, bahwasanya mendapatkan kebahagiaan itu kebutuhan setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang mampu menemukan kebahagiaan. 

Ada yang rela mengorbankan banyak uang demi mendapatkan kebahagiaan. Sementara ada juga orang yang mudah sekali mendapatkan kebahagiaan. Nah, buku ini akan membahas tentang cara menemukan kebahagiaan di dunia dan akhirat. 

Disebutkan bahwa, kunci kebahagiaan seseorang ternyata ditentukan oleh akhlak. JIka akhlak baik dan mempraktekan ajaran islam, maka seluruh sendi-sendiri kehidupan akan mempengaruhi perilaku dan bisa mewujudkan kebahagiaan. 

Nah buat kamu yang penasaran tentang tema ini, kamu bisa dapatkan buku ini dengan harga yang ramah kantong, cukup dengan Rp 99.000 kamu sudah dapatkan buku ini.

6. Aplikasi Pendidikan Islam

Rekomendasi buku bacaan di bulan puasa ramadhan karya Kurniawan ini mungkin cocok dan pas buat kamu. Terutama buat kamu yang ngaku ingin update tentang dunia aplikasi pendidikan. Sekarang banyak sekali lembaga pendidikan islam, mulai dari ranah PAUD, TK, SD bahkan SMP dan SMA. 

LUar biasanya, selalu mendapatkan perhatian. Tetapi tetap masih ada beberapa orang yang masih meragukan padangan-pandangan seperti itu. Tidak hanya ragu, tetapi juga kurang percaya diri karena merasa tertinggal. 

Maka dari itu, untuk menyikapi akan hal tersebut, buku setebal 120 halaman ini akan mengajak kamu perspektifnya dibuka. Buku ini juga cocok dibaca oleh kamu yang ngaku ingin memperluas pandangan terhadap pendidikan islam. 

7. Anakku Surgaku Agar Anugerah Itu Tetap Terjaga

Bosan dengan rekomendasi buku bacaan di bulan puasa ramadhan yang sudah disebutkan di atas? Kamu ingin bacaan yang ringan? Tenang, buku berjudul Anakku Surgaku Agar Anugrerah Itu Tetap Terjaga adalah jawaban yang pas. 

Daftar Reseller Buku

Pasalnya, buku yang dirilis di tahun 2018 ini salah satu buku yang berfaedah. Karena tidak sekedar memuat sebuah cerita. Tetapi juga memiliki pesan bagi orangtua. 

Buku ini juga menggambarkan ke khawatiran orangtua terhadap buah hati yang tumbuh di zaman yang serba bebas, akses teknologi super canggih dan maju. DImana jika sejak awal anak tidak didik dengan benar, anak bisa keluar kendali dan jangkauan orangtuanya. 

Memang sulit menjadi orang tua, itulah yang juga dirasakan oleh penulis buku ini. Bermula dari keprihatinan inilah, yang melatarbelakangi buku ini lahir. 

Buku setebal 226 halaman, buku yang cukup tebal, cocok dibaca bagi orangtua atau calon orang tua. Setidaknya di sini kamu akan mempelajari banyak hal, sehingga ketika kamu punya anak, sudah tahu apa yang seharusnya dilakukan. 

Buku Terbitan Deepublish dibandrol dengan harga Rp 82.000,- dan bisa diperoleh di marketplace atau bisa langsung mengunjungi situs resminya di penerbit deepublish.

8. Tadarus Sunyi Ibadah Puisi

Rekomendasi buku yang cukup ringan, pas dibaca saat bulan Ramadhan tiba. Yap, karya Yuni Afifaturrahmah berjudul Tadarus Sunyi Ibadah puisi. Buku ini adalah buku antologi puisi atau kumpulan puisi. 

Sebagai karya fiksi, tentu saja buku ini lebih ringan dibandingkan rekomendasi buku-buku sebelum-sebelumnya. Buku ini pun sudah dicetak hingga dua kali. Cetakan kedua dilakukan pada 2016 hal ini menunjukan bahwa isi karya memang direkomendasikan. 

Kelebihan membaca karya fiksi selain mengasah kemampuan berbahasa. Kamu juga bisa mendapatkan kosakata baru. Secara intuitif, kamu juga akan terasah. buat kamu yang tertarik, harga buku dibandrol dengan harga yang ramah dompet, cuma Rp 60.000,- .

9. Al-Islam Studi Al-Quran

Buat kamu yang mungkin sedang mencari-cari bahan materi untuk khotbah, buku karya Arief Hidayat ini bisa jadi buku rujukan. Atau buat kamu yang sedang mendapatkan tugas mengulas sebuah tema yang berbauh tentang islam yang diambil dari kasus sehari-hari, buku ini juga jadi pilihan kamu. 

Pasalnya, buku ini akan menjelaskan pengertian pendidikan dan konsep pendidikan sesuai pandangan Al-Qur’an. Tentu saja untuk bisa mengkaji ilmu ini, dibutuhkan ilmu lebih. Karena tidak sembarangan dapat dilakukan oleh banyak orang. 

Buku ini juga cocok digunakan untuk buku pembelajaran. Karena di bagian dalam juga akan membahas tentang teori yang telah dikembangkan oleh para ahli. Buku Setebal 101 halaman ini salah satu buku referensi yang diperuntukan untuk masyarakat umum. Buat kamu yang ingin dapatkan buku ini, bisa langsung spoiler, di jamin harga ramah kantong.

Penutup

Itulah Sembilan rekomendasi buku bacaan di bulan puasa ramadhan yang bisa kamu intip dan kamu baca. sebenarnya dari kesembilan rekomendasi buku di atas, masih ada banyak lagi rekomendasi buku-buku lain yang relevan dengan tema ramadhan.  

selain buku-buku bertema islam, ada juga buku tema lain. Misalnya buku pelajaran, buku ajar, buku fiksi, buku politik hingga buku parenting dan motivasi. Ada banyak sekali koleksi buku yang bisa dipelajari di sini. Jadi, buat kamu yang hobi membaca, dijamin tidak akan kehabisan buku bacaan di sini.

Semoga ulasan sedikit bermanfaat, selamat membaca dan selamat menjalankan puasa Ramadhan. (Irukawa Elisa)

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang