Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

8 Alasan Mengapa Kuliah Sambil Bekerja Itu Bukan Masalah

Kuliah-Sambil-Bekerja

8 alasan mengapa kuliah sambil bekerja itu bukan masalah – siapa diantara kalian yang sekarang melakukan dua peran. Yaitu menjadi mahasiswa sekaligus menjadi seorang pekerja? Buat kamu yang membaca artikel ini yang menjalankan dua peran ini, berbanggalah, karena kamu orang yang luar biasa. 

Tidak semua orang bisa menjalankan dua peran ini sekaligus. Terlepas dari alasan kenapa kamu kuliah sambil bekerja, setidaknya ada beberapa alasan mengapa kuliah sambil bekerja itu bukan masalah. Jadi buat kamu yang masih ragu ingin mencari kerja ditengah kuliah, juga tidak perlu khawatir dan ragu.

Baca juga : Kerja atau Kuliah? 4 Pertimbangan Setelah Lulus SMA dan SMK

Mengapa Kuliah Sambil Bekerja?

Kenapa? Karena ada 8 alasan mengapa kuliah sambil bekerja itu bukan masalah. Siapa bilang bekerja sambil kuliah itu bermasalah? Nyatanya ada beberapa alasan yang justru membangun kemandirian, mentalitas dan meningkatkan kualitas atau keterampilan diri kamu. Berikut adalah alasan mengapa kuliah sambil bekerja itu bukan masalah. 

1. Lebih Bertanggung Jawab Dalam Menjalani Hidup 

Alasan yang pertama, entah disadari atau tidak sebenarnya bekerja sambil kuliah lebih melatih kamu lebih bertanggungjawab dalam menjalani hidup. Bertanggungjawab atas semua waktu dan kesempatan hari ini untuk menjalankan tugas sebaik mungkin. 

Alasannya sederhana, karena tidak banyak waktu yang kamu miliki antara bekerja dan kuliah. Belum lagi jika ada banyak penelitian dari kampus. Belum lagi ada masalah di tempat kerja kamu. Dari banyaknya tuntutan, beban dan keharusan yang harus kamu selesaikan inilah yang akan membentuk mental kamu lebih bertanggung jawab terhadap waktu. 

Dengan kata lain, lebih bisa menghargai waktu sebaik mungkin. Sementara teman seangkatan kamu yang hanya menghabiskan waktu kuliah, kurang sadar akan pentingnya memanfaatkan waktu yang tersedia. Yah, walaupun tidak semua demikian loh ya. 

2. Memiliki Peluang Kerja Lebih Baik

Dari segi peluang, tentu saja kamu yang sudah bekerja sambil kuliah memiliki lebih banyak peluang. Terutama peluang melamar kerja lulus kuliah. Tidak semua orang bersedia dan mampu menjalankan dua tugas dalam waktu bersamaan. 

Di dunia kerja, banyak organisasi atau perusahaan yang lebih melirik lulusan sarjana fresh graduate, tetapi sudah memiliki pengalaman kerja. Bagi mereka, mahasiswa yang baru lulus dan sudah memiliki pengalaman bekerja dianggap lebih mudah diatur dan cepat dalam beradaptasi.

Dengan kata lain, mahasiswa itu secara mental sudah siap bekerja dalam kondisi apapun. Nah, hal-hal seperti inilah yang banyak dicari. Itu sebabnya lulusan mahasiswa yang memiliki pengalaman kerja lebih menarik bagi mereka.

Baca juga: 8 Rekomendasi Universitas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Yogyakarta

3. Menjadi Sarjana Non Fresh Graduate

Menjadi sarjana non fresh graduate selain disenangi oleh perusahaan penerima kerja. Ternyata sarjana yang sudah memiliki pengalaman kerja memiliki beberapa kelebihan loh. diantaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Mudah diarahkan saat pertama kali bekerja, sehingga pihak perusahaan tidak banyak menghabiskan waktu dalam mentraining 
  2. Memiliki banyak keterampilan dan pengalaman, sehingga tidak lagi gagap dan tidak banyak melakukan kesalahan saat pertama kali kerja 
  3. Perusahaan lebih senang dengan lulusan mahasiswa yang memiliki banyak keterampilan dan potensi atau multitalenta 
  4. Memiliki etos kerja yang lebih matang, dan diharapkan mampu meningkatkan hasil produktivitas kerja tinggi.

Itulah beberapa kelebihan dari sarjana non fresh graduate. Dari sudut pandang perusahaan, tentu lebih memilih orang yang fresh graduate tetapi mudah diarahkan dan siap kerja. Daripada lulusan kuliah yang tidak memiliki keterampilan apapun dalam dunia kerja.

Bagaimanapun juga, mental yang sudah punya pengalaman bekerja memiliki produktivitas yang berbeda, dibandingkan mahasiswa yang kerjaannya hanya belajar saja. Bagaimana pendapat kamu? apakah kamu setuju?

4. Tidak Menyusahkan Orangtua

Alasan lain dan umum adalah tidak menyusahkan orangtua. Rata-rata mahasiswa yang memutuskan sambil bekerja adalah mereka yang ingin hidup mandiri, tidak menyusahkan orang tua dan meringankan beban orangtua mereka. 

Lantas, kamu termasuk yang mana nih? Tidak dapat dipungkiri, biaya kuliah tidaklah sedikit. Sementara peluang mendapatkan mahasiswa terbatas. jika tidak mendapatkan mahasiswa, salah satu jalan keluarnya adalah bekerja sendiri.

Terlepas dari niatan bekerja sambil kuliah agar tidak menyusahkan orangtua, sebenarnya kamu memiliki orang yang hebat loh. karena tidak semua orang memiliki jiwa berani. Butuh keberanian dan butuh mental yang tinggi untuk bisa action dan menjalankan dua peran sekaligus. 

Jadi, buat kamu yang SEDANG atau AKAN bekerja sambil kuliah, kamu harus bangga. Karena kamu bisa melakukannya. Karena membagi waktu itu bukanlah tugas yang ringan dan beban yang berat. Namun jika semuanya dilakukan dengan perasaan dan cinta, maka berat, susah dan lelah tidak akan terasa kok.

Baca juga: 10 Universitas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Jakarta

5. Mendapatkan Penghasilan Sendiri

Alasan mengapa kuliah sambil bekerja dan bukan masalah adalah kamu mendapatkan penghasilan sendiri. Beda loh mendapatkan uang dari jerih payah sendiri dengan uang yang kita peroleh dengan meminta. 

Uang yang diperoleh dari hasil kerja keras lebih memuaskan. Selain itu juga kita bisa belajar arti penting dari uang. Kita pun jadi lebih bisa menghargai. Tidak lagi membuang uang dengan foya-foya tidak jelas. Inilah alasan kenapa kuliah sambil bekerja itu bukan masalah. 

Nah, bagaimana dengan pendapatmu yang sudah mendapatkan gaji dari hasil kerja? Gaji pertama kalian, digunakan untuk apa nih? Membayar kuliah? Mentraktir orang tua? Atau di tabung? Kamu boleh loh sharing pengalaman pertama mendapatkan gaji di kolom komentar. Pasti seru deh. 

6. Memiliki Kematangan Dalam Berkarir

Disadari atau tidak, alasan mengapa kuliah sambil bekerja itu bukan masalah adalah membangun pengalaman hidup. Pengalaman-pengalaman hidup yang diterima, baik senang ataupun susah yang terkumpul akan memberikan puzzle-puzzle pembelajaran hidup.

Saya yakin, banyak yang akan belajar tentang pengalaman hidup yang asam-pahit-manis getirnya hidup. Sehingga mentalitas, cara berpikir menjadi lebih matang, lebih dewasa dan tentu saja lebih pandai dalam mengatur dan membagi waktu. 

Tidak hanya matang secara mental dan pola pikir saja. tetapi juga memiliki kematangan dalam berkarir. Ternyata seseorang yang memiliki kematangan berkarir memiliki peluang lebih besar menjadi orang sukses loh. siapa sih yang tidak ingin sukses? Pastinya semua orang ingin mencapai tangga kesuksesannya masing-masing.

Baca juga: 25 Jurusan Kuliah IPS Terbaik Serta Prospek Kerjanya

7. Memiliki Keterampilan Tambahan

Tidak dapat dipungkiri jika bekerja pertama kali sebagai mahasiswa bisa lancar jaya. Pengalaman pertama kali bekerja tentu saja masih yang bersifat apa adanya. Bahkan, rela bekerja apa saja asal halal dan mendapatkan uang untuk biaya kuliah. 

Sekalipun pekerjaan tersebut sebagai bawahan dan karyawan yang tidak ada gengsi-gengsinya. Justru itulah yang kelak akan membangun dan membentuk pengalaman dan keterampilan yang beragam. Salah satu contoh sederhana, saat pertama kali saya kuliah, saya bekerja sebagai operator rental komputer dan pekerja fotokopi. 

Meski profesi saya saat itu tidak ada daya tarik sama sekali, ternyata justru dari pertama kali saya bekerja  inilah yang membentuk keterampilan baru. Yaitu keterampilan kecepatan mengetik dan mengetik menggunakan 10 jari tanpa lagi melihat tuts keyboard. 

Keterampilan inilah yang ternyata mendukung pekerjaan saya selepas saya lulus kuliah. Tidak hanya itu, saya teknis penggunaan komputer pun saya lebih banyak menguasai dibandingkan yang lain. Jadi, jangan sekali-kali menganggap pekerjaan orang lain remeh. Seremeh apapun pekerjaan itu, asal halal dan diniati sebagai belajar, kamu akan mendapatkan keterampilan baru.

Pondok Djawara Deepublish

Ingat, proses dari bawah adalah proses pembelajaran yang paling berharga. Untuk mencapai anak tangga paling tinggi, kamu harus menaiki anak tangga paling bawah. Mustahil rasanya bisa langsung naik ke anak tangga paling tinggi. Bahkan jika kita menaiki tangga otomatis (escalator) sekalipun diawali dari anak tangga paling rendah. 

8. Memiliki Lebih Banyak Jaringan

Entah disadari atau tidak, alasan mengapa kuliah sambil bekerja itu bukan masalah adalah, kamu akan mendapatkan banyak jaringan. Berbicara tentang jaringan atau relasi, mungkin terkesan biasa saja. tetapi jika dilihat lebih spesifik, jaringan itu penting loh. 

Jaringan itu seperti penentu arah langkah memperbaiki nasib lebih baik. tanpa jaringan, kita akan berada ditempat yang sama, hanya itu-itu saja. Berbicara tentang jaringan, ada pengalaman yang pernah saya alami. 

Berkat menjalin hubungan dengan pelanggan saya di rental komputer dan fotocopy, saya mendapatkan informasi peluang bekerja yang lebih baik. baik itu dari status pekerjaan, dari segi gaji yang diperoleh dan masih banyak lagi. 

Dalam kasus lain, berkat jaringan saya pun sering mendapatkan tawaran untuk mengisi talkshow sebuah acara atau semacamnya. Tentu saja ada banyak pengalaman saya tentang arti penting menjaga jaringan. Nah, disini ada satu pesan yang menurut saya sangat penting. Jangan pernah memperlakukan teman kita yang saat ini berada di posisi terendah. Karena 10 tahun yang akan datang, bisa jadi orang tersebut menjadi orang yang gemilang. Bisa jadi pula, dialah yang memberikan jalan buat karir kamu. 

Kita tidak akan pernah tahu nasib seseorang 10 tahun yang akan datang. Bisa jadi orang yang saat ini kita anggap wah dan strata lebih tinggi. Tapi 10 tahun yang akan datang dia dibalik tuhan menjadi orang yang paling bawah. Jadi kesimpulannya adalah, jangan sekali-kali meremehkan orang disekeliling kita.

Baca juga: 25 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan

Penutup

Itulah 8 alasan mengapa kuliah sambil bekerja itu bukan masalah. Buat kamu yang sekarang masih galau, bingung membuat keputusan antara bekerja sambil kuliah, atau kuliah saja. yakin deh, bekerja sambil kuliah lebih menantang dan memiliki peluang lebih tinggi.

Tidak sekedar memberi peluang saja, tetapi juga memberi pembelajaran hidup, membangun etos kerja, membangun masa depan lebih mapan secara cepat dan lebih tertata. Jika secara mental kamu siap, tidak akan ada yang rugi kok. 

Kecuali kamu masih ragu-ragu dan tidak konsekuen, maka perlu dipikirkan lagi. karena keragu-raguan akan mempengaruhi tindakan. Semoga 8 alasan mengapa kuliah sambil bekerja itu bukan masalah ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Pondok Djawara Deepublish

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller