fbpx
flash sale toko buku deepublish

5 Tips Membaca Buku Materi Kuliah Agar Tidak Mengantuk

tips membaca buku materi kuliah
toko buku kuliah

5 Tips Ampuh Membaca Buku Materi Kuliah Agar Tidak Mengantuk– Siapa di sini yang masih anak kuliahan? Pasti sebagian besar yang baca artikel ini masih jiwa muda yang kesehariannya di kampus. Rahasia umum mahasiswa saat di kelas adalah rasa kantuk. Hayo siapa yang suka tidur dikelas?

Ternyata rasa kantuk itu tidak hanya dirasakan saat di dalam kelas saja loh. Tetapi juga saat membaca buku materi buku kuliah. Benar tidak? Nah, bagi mahasiswa yang mendekati akhir semester, yang sedang sibuk dengan kerjaan skripsi, pastinya akan berhadapan dengan membaca materi kuliah. Mau tidak mahu wajib baca materi. Tentu saja, dijamin ngantuknya luar biasa bukan?

Nah, dikesempatan kali ini, saya akan berbagi tips membaca buku materi kuliah agar tidak mengantuk nih. Biar tugas skripsi atau tesis kamu pun juga segera kelar. Langsung saja, agar tidak berlama-lama, apa saja sih tipsnya? Intip berikut ini.

5 Tips Membaca Buku Materi Kuliah Agar Tidak Mengantuk

1. Disiplin

Tips membaca buku materi kuliah agar tidak mengantuk yang pertama adalah disiplin. Kok bisa disiplin? Yoi karena tanpa kedisiplinan diri mustahil bisa membaca dengan komitmen tinggi. Disiplin pada diri sendiri itu tidak mudah loh. Jangan anggap disiplin itu seperti membalikan telapak tangan, tidak seperti itu.

Nggak percaya? Coba deh disiplinkan diri. Misalnya dalam waktu dua jam, wajib membaca 30-50 halaman. Kira-kira kuat tidak? Tentu saja tiap masing-masing oran akan menjawab berbeda. Mungkin bagi si X itu hal yang biasa. Sedangkan buat kamu, ini sesuatu luar biasa. Secara sederhana, disiplin dapat diartikan ketat dank eras pada diri sendiri. Tetapi lunak pada orang lain.

Maksudnya gimana sih? Jadi kita keras dan galak pada diri sendiri. Misal selama dua jam wajib membaca 30 halaman. Jika tidak kuat, hari ini dimulai dari sebisanya dan setiap hari terus meningkat dan meningkat. Awalnya memang menyiksa diri. Namun jika sudah menjadi sebuah hobi dan profesi, ini sudah bukan hal sulit. Bisa dibilang berjalan dan mengalir lancar begitu saja. Menurut hemat saya, disiplin itu kunci keberhasilan dari segala mimpi.

Coba perhatikan, orang yang memiliki kemampuan akademik yang baik, jika mereka tidak memiliki kedisiplinan dan kemauan. Ya omong kosong. Sebaliknya, orang yang mungkin secara akademik biasa-biasa saja, tetapi memiliki kedisiplinan tinggi untuk berlatih dan konsisten, bisa mengungguli anak yang pandai secara akademik. Tidak percaya? Perlu kamu coba. Tapi jangan berharap instans ya, semua butuh proses.

2. Ingat Hasil Akhir yang Mengiurkanmu

Tips membaca buku materi kuliah agar tidak mengantuk yang kedua ingat tujuan akhir. Pastinya kamu ingin segera skripsi atau tesismu cepat selesai bukan? Nah, kuncinya di sini. Di sini kamu harus memiliki tujuan yang menyenangkan, agar kamu semangat menyelesaikan. Misalnya nih, ingin menyelesaikan kuliah biar segera melamar dan menikahi pujaan hati. Atau Kalo kamu bisa lulus, kamu akan diberi hadiah orangtua sebuah motor baru.

Jadikan hal-hal menarik sebagai iming-iming agar semakin semangat menyelesaikan tugas. Bagaimana jika tips membaca buku materi kuliah agar tidak mengantuk yang kedua ini tidak berhasil? Tenang masih banyak pilihan kesenangan yang bisa kamu jadikan tujuan. Misalnya, kamu akan bisa segera bekerja dan dapat duit, foya-foya dengan hasil uang kerja. Tidak ada salahnya juga lo menjadikan agar tidak lagi belajar dan membaca teori buku-buku pelajaran. Intinya, buatlah sesuatu yang membuat kamu menyenangkan.

Baca juga : 10 Tips Meningkatkan Minat Baca Anak

3. Istirahat Jika Lelah

Tips yang selanjutnya adalah istirahat apabila memang sudah lelah, jangan sok kuat deh. Seringkali kita terlalu ingin segera menyelesaikan tugas. Sehingga memforsir dan memaksakan diri terus membaca. Padahal, terlalu memaksakan diri justru kurang efektif. Masih tidak percaya? Coba suatu ketika saat lelah, biarkan tubuh kamu istirahat.

Biarkan tubuh istirahat, tidur selama 15-30 menit saja. Setelah itu dilanjutkan membaca buku materi kuliah. Dijamin, saat membaca kamu pun juga lebih mudah menangkap setiap materi yang tertulis. Tingkat kecepatan membaca pun juga lebih efektif dan efisien. Berbeda lo ketika kamu memaksakan diri untuk membaca, hasilnya mungkin bisa membaca beberapa lembar lebih banyak. Tetapi dari proses otak menangkap informasi tidak ada yang nyangkut sama sekali.

Rahasia sukses menjalani tips membaca buku materi kuliah agar tidak mengantuk bergantung pada kualitas. Kualitas dalam hal ini adalah kualitas otak bekerja. Di sini kita harus tahu terlebih dulu, bahwa membaca adalah proses yang melelahkan.

Jenis buku materi yang kamu baca, menentukan kemampuan otak juga loh. Misal, jika buku materi yang kamu baca berat, tentu saja otak juga akan berfikir lebih berat dibandingkan ketika kamu membaca buku humor atau buku fiksi. Itu sebabnya, ketika membaca buku pendidikan, buku materi dan buku teori kita selalu ngantuk berat. Otak kita terforsir energinya, sehingga menimbulkan penurunan oksigen dan kinerja otak. Nah, padahal otak membutuhkan asupan air lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya loh.

4. Ambil Posisi yang Nyaman dan Tepat

tips membaca materi kuliah
Gambar ilustrasi posisi yang nyaman untuk membaca materi kuliah

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah posisi dan kenyamanan nih. Jadi, buatlah tubuhmu rilex saat membaca. Posisi yang enak untuk membaca adalah dengan duduk. Nah, bagaimana dengan membaca sambil tidur? Sebenarnya tidak masalah. Tetapi membaca sambil tidur semakin membuat kita merasakan rasa kantuk yang luar biasa.

Pasti kamu pernah merasakan membaca sambil tidur, terlanjur tidur pulas berjam-jam bukan?

Memang membaca sambil duduk itu melelahkan jika itu dilakukan secara berjam-jam. Oleh sebab itu, carilah tempat duduk yang empuk untuk pantant dan punggung. Dijamin, akan mengindari rasa ngantuk setiap kali membaca buku materi kuliah. Jika tidak percaya, boleh kamu lakukan eksperimen sendiri. Apa respond an reaksi tubuh kamu, dan kita tunggu di kolom komentar.

5. Kenali Karakter Mulut dan Tubuhmu

Tips membac buku materi kuliah agar tidak mengantuk yang terakhir sedikit nyleneh. Kenapa? Karena kamu harus mengenali karakter mulut dan tubuhmu. Ada tipe orang yang membaca harus sambil ngemil snack. Bukan ngemil-likin kamu loh ya. Nah, jika mulut dan tubuh senang cemilan, tidak ada salahnya untuk meneyiapkan camilan biar tidak mudah tidur. Tapi ingat, jangan sampai terlalu kenyang, karena cemilan terlalu kenyang memicu rasa kantuk.

Nah, buat kamu yang sangat perhatian dengan postur tubuh, kamu perlu mikir dua kali nih. Karena belajar, membaca sambil ngemil meningkatkan risiko gemuk dibandingkan mereka yang tidak pernah ngemil. Nah, buat kamu yang seperti saya, setiap kali membaca buku, paling tidak bisa ngemil. Bukan karena tidak suka makanannya, justru ngemil menganggu saya mengerjakan tugas secara efektif dan efisien. Jadi, memang orang itu macem-macem, ada yang bisa mulut dan tubuh bisa dimasukan cemilan. Ada pula yang tidak bisa mulut dan tubuhnya menerima makanan cemilan.

Dari kelima tips membaca buku materi kuliah agar tidak mengantuk di atas, apakah sudah ada yang pernah kamu coba? Atau belum ada yang kamu coba sama sekali? Nah buat kamu nih yang punya cara dan trik sendiri agar tidak mengantuk saat membaca. Boleh ditambahkan di kolom komentar. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat.

Satu lagi, semoga buat kamu yang baca artikel ini, yang masih proses mengerjakan skripsi ataupun tesis semoga cepat selesai. Semangat mempraktekan tips membaca buku materi kuliah agar tidak mengantuk, agar cepat selesai ya.

Baca juga : Tips membaca buku cepat dan efisien

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang