VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

5 Rekomendasi Buku Filsafat Pendidikan

Rekomendasi-Buku-Filsafat-Pendidikan
toko buku kuliah

5 Rekomendasi Buku Filsafat Pendidikan – Kalian termasuk seseorang yang ingin mempelajari filsafat? Belajar filsafat tidak harus dipelajari oleh mahasiswa jurusan ilmu filsafat saja lho. Beberapa fakultas sosial dari universitas di Indonesia bahkan mewajibkan adanya mata kuliah ini sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswanya.

Hal ini mengingat ilmu filsafat adalah pembelajaran dasar yang wajib dikuasai mahasiswa pada awal semester perkuliahannya guna memahami pokok bahasan dari ilmu yang akan dipelajarinya dalam mata kuliah lain.

Filsafat berasal dari dua kata dalam bahasa yunani “philia” yang berarti persahabatan atau cinta dan “sophia” yang berarti kebijaksanaan atau kearifan. Kedua kata tersebut digabungkan dan melahirkan sebuah kata baru “philosophia” yang secara harfiah berarti pecinta kebijaksanaan.

Filsafat dalam KBBI memiliki empat makna yaitu:

(1) pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya;

(2) teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan;

(3) ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, dan epistemologi;

(4) falsafah.

Mempelajari filsafat memang tidak selalu mudah karena sifatnya yang seringkali abstrak dan teoritis. Banyak istilah sulit yang mungkin jarang bisa kalian pahami karena istilah tersebut beragam dan sebagian besar merupakan istilah yang diciptakan oleh pemikiran filsuf-filsuf sendiri. Mengikuti alur nalar dan pikir mereka yang sangat panjang nan pelik memang bisa menjadi sangat melelahkan.

Tetapi tetap tidak ada salahnya lho bagi kalian semua untuk mempelajari ilmu-ilmu filsafat. Bagaimanapun juga mempelajari filsafat dapat meningkatkan kualitas kita khususnya dalam berlatih olah pikir. Mempelajari filsafat dapat meningkatkan keterampilan kita dalam berpikir secara mendalam dan kritis. Mengingat filsafat mendekati persoalan-persoalan dalam kehidupan dengan cara mendalam hingga mempertanyakan realitas kita sebagai manusia melalui cara-cara yang sangat mendasar.

Baca juga : Pengertian Filsafat : 27 Arti Oleh Para Ahli dan Filsuf

Salah satu cabang ilmu filsafat adalah filsafat pendidikan. Menurut Aswasulasikin (2018) filsafat pendidikan merupakan sarana untuk mencapai kejelasan terhadap tantangan-tantangan pendidikan dalam berbagai dimensi kehidupan yang sesungguhnya. Filsafat pendidikan berfokus pada hal-hal dalam bidang pendidikan mulai dari bagian yang tampak di permukaan hingga bagian yang paling mendasar.

Rekomendasi Buku Filsafat Pendidikan

Untuk kalian yang sedang ingin mempelajari filsafat pendidikan baik karena ketertarikan pribadi atau tuntutan mata kuliah di bawah ini ada rekomendasi buku-buku filsafat pendidikan yang bisa kalian pertimbangkan lho. Catat baik-baik, ya!

1.Buku Filsafat Pendidikan Operasional

Rekomendasi pertama ada pada buku berjudul Filsafat Pendidikan Operasional yang ditulis oleh Aswasulasikin dan diterbitkan pada tahun 2018. Buku ini berisi serba-serbi dan hal mendasar mengenai filsafat yang tertulis dalam beberapa bab. Buku ini ditujukan kepada mereka yang ingin mempelajari filsafat pendidikan, khususnya kepada kalian-kalian para mahasiswa yang sedang mempelajari mata kuliah filsafat di perguruan tinggi.

Buku ini dimaksudkan sebagai referensi untuk mengajak mahasiswa memasuki dunia filsafat dengan melihat praktik-praktik yang terjadi mengenai pendidikan saat ini. Buku ini beranggapan bahwa filsafat pendidikan merupakan realitas yang menjadi acuan dan landasan dalam kehidupan manusia dan dipelajari sebagai persiapan manusia dalam menjalani hidup dan menjamin kehidupan yang bahagia di masa mendatang.

2.Buku Filsafat Pendidikan Vokasi

Rekomendasi buku filsafat pendidikan kedua adalah Filsafat Pendidikan Vokasi, ditulis oleh Soetyono Iskandar dan Mardi Syahir. Buku ini juga salah satu buku filsafat pendidikan yang ditujukkan kepada mahasiswa khususnya mahasiswa kejuruan (vokasi).

Poin dalam buku ini menjelaskan tentang bagaimana manusia saling berhubungan dengan filsafat dalam proses pendidikan. Menurut buku ini, suatu proses pendidikan membutuhkan pola pikir agar dapat menunjang proses pendidikan dengan baik. Menurutnya lagi, manusia memiliki akal serta pikiran dalam mengembangkan proses tersebut dan untuk melakukannya manusia harus bisa berfilsafat. Dalam buku disebutkan manusia yang berfilsafat dalam dunia pendidikan nantinya mampu menjalankan proses pendidikan melalui penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi yang telah didapat sehingga menciptakan pendidikan yang lebih baik.

3.Buku Filsafat Pendidikan Islam

Nah, untuk kalian yang tertarik pada filsafat pendidikan khususnya dalam pendidikan Islam bisa mempertimbangkan buku ketiga ini. Buku ini berjudul Filsafat Pendidikan Islam: Prinsip dan Dasar Pengembangan yang ditulis oleh Afifuddin Harisah.

Buku ini menyebutkan bahwa dalam pendidikan Islam seorang pengajar atau pendidik dituntut harus berwawasan dan memiliki pemahaman yang mendalam mengenai pendidikan Islam. Salah satu faktor utama ketertinggalan pendidikan agama adalah kurangnya intuisi dan pelaksana pendidikan dalam menetapkan tujuan pendidikan itu sendiri. Buku ini menegaskan bahwa upaya-upaya pemikiran filosofis dapat merancang suatu bangunan paradigma pendidikan Islam yang utuh dan ideal.

Menurut buku ini lagi filsafat merupakan hal yang tidak dapat dilepaskan dari pendidikan mengingat filsafat adalah bagian integral dari pendidikan. Buku ini memberikan gambaran mengenai filsafat barat yang tidak lagi bisa menjadi sandaran bagi pendidikan Islam.

Mengingat, nilai-nilai dari keduanya yang sangat berbeda. Ada pemikiran-pemikiran lain yang dapat menjadi dasar pemikiran sehingga dapat menunjang pendidikan Islam menjadi lebih baik dan ideal.

4.Buku Ajar Filsafat Ilmu

Rekomendasi ketiga untuk buku filsafat selanjutnya adalah Buku Ajar Filsafat Ilmu yang ditulis oleh Agus Thoha. Buku ini dapat menjadi pegangan bagi kalian dalam pembelajaran di kelas. Poin dalam buku ini menyebutkan bahwa upaya memajukan umat melalui pendidikan berbasis agama Islam sebenarnya telah lama dilakukan oleh para filsuf, ulama dan tokoh Islam terdahulu. Mereka telah merumuskan suatu konsepsi pendidikan dan menuangkannya ke dalam karya-karya tulis yang tidak sedikit. Permasalahan muncul karena ide mereka tidak diaktualisasikan ke dalam konteks kekinian sehingga pemikiran mereka tenggelam dan tidak banyak dikenali.

Buku ini menyebut bahwa filsafat ilmu merupakan fondasi awal bagi terbentuknya suatu ilmu dan fondasi awal tentang bagaimana seharusnya menyikapi ilmu pengetahuan yang semakin tahun semakin berubah dengan cepat. Keunggulan yang bisa kalian temui dalam buku ini antara lain memberikan perpaduan antara filsafat ilmu dengan ilmu sosial yang sedang tren saat ini. Sehingga kalian dapat melihat dengan baik relasinya, penerapannya dan lain sebagainya, dalam ilmu sosial sekarang ini.

5.Buku Filsafat Ilmu

Buku terakhir dari rekomendasi kali ini yaitu buku dengan judul Filsafat Ilmu yang ditulis oleh tiga orang penulis, Iman Jauhari, Azhari Yahya, dan Darmawan. Buku ini menjelaskan filsafat ilmu melalui tiga aspek utamanya yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi dalam melihat filsafat ilmu sebagai kegiatan keilmuan. 

Buku ini juga mengkaji hakikat sarana berpikir ilmiah yang patut dikuasai oleh manusia dalam berbagai hal seperti bahasa, logika, matematika dan statistika. Buku ini mengkaji filsafat ilmu dengan cara yang sangat menyeluruh. Buku ini sangat sesuai untuk menjadi pengantar awal bagi kalian dalam mempelajari filsafat ilmu hingga buku pegangan atau referensi dalam pembelajaran di kelas. Mengingat tujuan awal dari buku ini yang memang diupayakan mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dalam mempelajari filsafat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang