Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

10 Universitas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Jakarta

kuliah-sambil-kerja-dijakarta

Menyadari bahwa biaya kuliah tidak semurah biaya sekolah di jenjang SMP maupun SMA, maka kehadiran universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta adalah kabar baik. Sebab menjadi pembuka kesempatan bagi para karyawan untuk bisa meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

Menuntut ilmu hingga ke liang lahat, adalah peribahasa yang mencerminkan bahwa proses menuntut ilmu tidak ada batas. Dalam dunia nyata, memiliki ilmu yang banyak dan dibuktikan dengan kepemilikan ijazah pendidikan tinggi adalah hal penting. Ijazah pendidikan tinggi bisa mengantarkan pemiliknya untuk mendapat pekerjaan lebih baik. 

Tidak hanya bisa mengandalkan tenaganya saja untuk mencari nafkah, namun juga mengandalkan sejumlah keterampilan yang didapat semasa kuliah. Misalnya mulai dari keterampilan menggunakan komputer, kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan administrasi, keterampilan pemanfaatan internet, dan lain-lain. 

Lewat keterampilan yang lebih beragam, seseorang memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan sebagai staf. Sehingga memiliki peluang untuk bekerja di atas kursi empuk dan didepan komputer, sekaligus berada di ruangan bersih dan ber-AC. 

Meskipun tanpa ijazah pendidikan tinggi seseorang bisa mendirikan perusahaan dan membawahi banyak Diploma dan Sarjana. Namun bagi sebagian besar orang, tentu meraih pendidikan tinggi lebih mudah dibanding merintis bisnis atau mendirikan perusahaan. 

Jadi, jangan ragu untuk melanjutkan kuliah di salah satu universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta. Usahakan memilih universitas atau kampus yang tepat supaya bisa menyelesaikan studi tanpa banyak drama dan batu sandungan. 

Daftar Universitas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Jakarta

Melanjutkan kuliah di tengah masa merintis karir di sebuah perusahaan adalah keputusan tepat. Sebab melanjutkan pendidikan ibarat investasi, untuk mengembangkan diri dan mengembangkan karir yang dimiliki. Supaya kuliah lancar tanpa resiko berhenti di tengah jalan maka perlu teliti dalam memilih kampus. 

Berikut adalah beberapa universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta yang tentu menjadi pilihan yang ideal: 

1. Universitas Indonesia 

Jakarta yang merupakan kota metropolitan tentu menyediakan banyak fasilitas, termasuk fasilitas untuk kuliah bagi karyawan. Jakarta tercatat punya lebih banyak universitas yang membuka kelas karyawan dibanding kota lain. Artinya, kamu yang berstatus sebagai karyawan punya banyak pilihan kampus disini. 

Salah satunya adalah Universitas Indonesia atau UI yang berada di Depok. UI merupakan PTN yang juga menyediakan kelas sore bernama kelas ekstensi atau kelas paralel. Sehingga memberi kesempatan bagi karyawan untuk bisa kuliah di kampus negeri. 

Pilihan jurusan untuk kelas ekstensi memang tidak sebanyak kelas reguler di pagi hari, namun tetap cukup banyak dan menarik. Seperti:

  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin. 
  • Teknik Elektro. 
  • Teknik Metalurgi dan Material. 
  • Teknik Kimia. 
  • Teknik Industri. 
  • Arsitektur, dan juga 
  • Sistem Informasi dari Fakultas Ilmu Komputer.

Situs web: https://www.ui.ac.id/

2. Universitas Trisakti 

Universitas Trisakti juga masuk ke dalam daftar universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta terbaik. Sebab disini dibuka kelas karyawan di sore hari dari jam 17.00 sampai jam 21.00. Bagi kamu yang ingin kuliah selama menjadi karyawan namun ingin tetap bisa punya waktu istirahat di akhir pekan, bisa kuliah disini. 

Sebab kelas karyawan dibuka di hari kerja dari Senin sampai Jumat, sehingga kamu bisa bebas istirahat di Sabtu dan Minggu. Meskipun Universitas Trisakti adalah kampus swasta namun akreditasinya menunjukan jika kampus ini mumpuni. Kabar baiknya lagi, ada banyak jurusan menarik bisa dipilih para karyawan. yaitu: 

  • Fakultas kedokteran. 
  • Fakultas kedokteran gigi. 
  • Fakultas ekonomi dan bisnis. 
  • Fakultas hukum. 
  • Fakultas teknik sipil dan perencanaan. 
  • Fakultas teknologi industri
  • Fakultas seni rupa dan desain. 
  • dan lain sebagainya.

Situs web: https://www.pmbinfo.trisakti.ac.id/

3. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma yang dikenal sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia juga memiliki kepedulian pada para karyawan. Sehingga dibuka kelas karyawan di sore hari, setiap Senin sampai Jumat dari jam 18.30 sampai 21.30. Artinya kampus ini juga cocok dipilih ketika ingin istirahat total di akhir pekan. 

Hanya saja di Universitas Gunadarma seringnya untuk kelas praktikum akan dilakukan di Sabtu dan Minggu. Namun tentu jadwal kuliah ini tetap bersahabat untuk para karyawan. Adapun jurusan yang bisa dipilih di kelas karyawan antara lain: 

  • Jurusan sistem informasi. 
  • Jurusan akuntansi, dan juga 
  • Jurusan manajemen.

Situs web: https://www.gunadarma.ac.id/

4. Universitas Bina Nusantara

Siapa yang tidak kenal Binus atau Bina Nusantara? Kampus swasta ini dikenal dengan prestasi IT yang mumpuni. Alumninya bahkan sangat disegani di dunia kerja, dan sistem IT disini banyak diadopsi oleh kampus lain. Menariknya disini juga menjadi universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta

Sebab Binus membuka kelas karyawan di malam hari, dan juga sistem pembelajarannya mayoritas sudah dilakukan secara online. Sehingga menjadi lebih bersahabat untuk para karyawan yang melanjutkan studi. Adapun jurusan yang bisa dipilih oleh para karyawan adalah: 

Situs web: http://binus.ac.id/

5. Universitas Jayabaya

Universitas Jayabaya juga menjadi pilihan yang tepat bagi karyawan untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi. Sebab disini dibuka kelas karyawan baik kelas malam maupun kelas di akhir pekan. Sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal jam kerja di perusahaan. 

Selain itu, Universitas Jayabaya uga diketahui memiliki biaya kuliah yang terbilang murah. Sehingga bisa dijadikan pertimbangan oleh siapa saja yang ingin kuliah dengan biaya yang ringan. Meskipun dari segi biaya murah, namun untuk kualitas tidak perlu disangsikan. 

Sebab kualitas pendidikan di Universitas Jayabaya diketahui cukup bersaing dengan kampus swasta lain. Lulusannya pun sudah banyak yang sukses dalam berkarir dan mendirikan usaha sendiri. Sehingga tetap menjadi pilihan yang sangat layak untuk dipertimbangkan.

Situs web: https://jayabaya.ac.id/pmb/

6. Universitas Syarif Hidayatullah

Jika kamu termasuk tipikal orang yang ingin belajar bidang akademis sekaligus belajar ilmu agama. Maka salah satu universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta yang cocok untuk dituju adalah Universitas Syarif Hidayatullah. Universitas ini merupakan Universitas Islam Negeri alias UIN. 

Sehingga menjadi salah satu kampus negeri yang bisa dipertimbangkan, apalagi disini membuka kelas karyawan. Berdiri sekitar 60-an tahun yang lalu, dari segi prestasi dan kualitas tentu tidak perlu diragukan lagi. Jurusan yang tersedia disini bagi para karyawan juga cukup beragam. 

Meskipun termasuk UIN, namun disini kamu bisa memilih jurusan akademik sehingga tidak melulu harus jurusan agama. Soal biaya kuliah pun dijamin tidak membuat pusing, sebab sebagaimana kampus negeri pada umumnya. Biaya kuliah disini tentu cenderung lebih murah dibanding di kampus swasta.

Situs web: https://spmb.uinjkt.ac.id/

7. Universitas Nasional

Pilihan menarik berikutnya bagi para karyawan yang ingin melanjutkan studi adalah di Universitas Nasional. Universitas satu ini sudah berdiri sejak Indonesia mendapatkan kemerdekaan, sehingga termasuk universitas senior. Memiliki umur yang sudah mumpuni membuat universitas ini punya kualitas yang sudah diakui.

Universitas Nasional kemudian menjadi salah satu universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta. Sebab dibuka kelas karyawan dengan pilihan jurusan yang menarik. Seperti jurusan pariwisata dan jurusan bahasa Korea. Masih banyak pilihan jurusan kelas karyawan disini, sehingga bisa memilih sesuai kebutuhan dan passion.

Situs web: https://www.unas.ac.id/

8. Universitas Mercu Buana

Rekomendasi berikutnya adalah Universitas Mercu Buana, universitas swasta ini dikenal dengan jurusan Teknologi Informasi (IT) yang bagus. Selain itu masih banyak juga jurusan lain yang terbilang favorit disini. Kebanyakan juga disediakan untuk kelas karyawan sehingga tidak perlu khawatir punya pilihan jurusan terbatas. 

Berhubung Universitas Mercu Buana memiliki beberapa lokasi yang berjauhan. Yakni di Menteng, Depok, Meruya, dan Bekasi. Maka cari info dulu jurusan yang kamu pilih masuk ke alamat kampus yang mana. Pastikan kampus tersebut mudah dijangkau dari tempat kerja, agar bisa datang tepat waktu dan tidak kelelahan di jalan.

Pondok Djawara Deepublish

Situs web: https://www.mercubuana.ac.id/

9. Universitas Atma Jaya Jakarta

Pilihan selanjutnya adalah Universitas Atma Jaya, yang juga menjadi pengisi daftar universitas swasta terbaik di Indonesia. Kabar baiknya universitas mumpuni ini termasuk universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta. Sehingga bisa dijadikan tujuan untuk melanjutkan kuliah bagi para karyawan. 

Sama seperti Universitas Mercu Buana, Universitas Atma Jaya memiliki beberapa lokasi. Dimulai dari kampus di Semanggi, Pluit, dan juga di kawasan Serpong. Jadi, saat memilih jurusan pertimbangkan pula lokasi kampusnya. Akan lebih nyaman jika memilih kampus yang lokasinya dekat dengan kantor.

Situs web: https://atmajaya.ac.id/web/DaftarKontenKompleks.aspx?gid=info-pmb

10. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan atau UPH juga bisa dipertimbangkan, sebab disini dibuka kelas karyawan. Hanya saja untuk masalah biaya memang lumayan, apalagi UPH masuk ke dalam daftar universitas swasta termahal di Jakarta. Meskipun begitu, kualitas ilmu yang didapatkan tentu sesuai dengan biayanya yang tinggi. 

Inilah alasan kenapa UPH selalu maju dan sukses mencetak alumni yang punya banyak prestasi. Berhubung disini membuka kelas karyawan maka bisa dipertimbangkan. Terutama untuk kamu yang menerima gaji tinggi.

Situs web: https://www.uph.edu/

Tips Kerja Sambil Melanjutkan Pendidikan Tinggi 

Terdapat beberapa kondisi yang membuat seseorang memutuskan kuliah sambil kerja atau sebaliknya, yakni kerja sambil kuliah. Pertama, seseorang bisa menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi entah itu swasta maupun negeri. 

Kemudian memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan, misalnya dengan tujuan mendapat gaji agar bisa dipakai membayar biaya kuliah atau mungkin biaya makan sehari-hari selama kuliah di perantauan. 

Kondisi kedua, adalah ketika seseorang memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu. Kemudian melihat kesempatan bisa kuliah dengan adanya berbagai universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta. Sehingga kemudian memutuskan kuliah namun tetap aktif bekerja. Supaya gaji dari perusahaan bisa dipakai untuk membayar biaya kuliah. 

Penjelasan di atas menunjukan bahwa setiap orang yang memilih untuk bekerja juga bisa tetap meraih pendidikan tinggi. Tentunya dengan mmebangun niat dan komitmen yang kuat, supaya tidak berada pada posisi harus memilih salah satu. Perlu persiapan dan perhitungan yang matang agar pekerjaan di kantor dan kuliah bisa berjalan beriringan.

Apakah kamu menghadapi kesulitan? Maka bisa mencoba menyimak dan menerapkan beberapa tips berikut ini: 

1. Memilih Kampus yang Tepat 

Antara kuliah dengan pekerjaan tentu bagi mahasiswa di kelas karyawan keduanya sangat penting. Jika bisa maka keduanya harus berjalan beriringan tanpa perlu memilih dan mengorbankan salah satunya. Jadi, tips pertama untuk mewujudkannya adalah memilih kampus yang tepat. 

Tidak masalah hanya bisa kuliah di kampus swasta, namun poin utamanya adalah kamu bisa disiplin masuk kelas. Tidak perlu absen sehingga bisa mendapatkan ilmu yang maksimal di kelas. Tidak perlu pula terlalu banyak izin di kantor, sehingga tidak ada resiko dikeluarkan atau dicap punya kinerja buruk. 

Sebab untuk saat ini, kebanyakan universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta maupun di kota lain memang berasal dari kampus swasta. Hal ini wajar, mengingat jam operasional di kampus negeri sudah ditentukan. 

Antara jam 7 pagi sampai jam 4 sore, sehingga dari pihak PTN pun tidak memiliki wewenang untuk membuka kelas sore dan akhir pekan yang ideal untuk menjaring para karyawan. Kecuali untuk PTN dengan status BH (Berbadan Hukum), sebab kebijakan di dalam lingkungan kampus bisa ditentukan sendiri. 

2. Mengurus Izin di Perusahaan 

Jika ingin bebas hambatan untuk bisa masuk kelas rutin tanpa perlu berurusan dengan jam lembur. Maka ada baiknya mengurus izin di perusahaan tempat kamu bekerja. Beberapa pemilik atau pengelola perusahaan cukup toleran terhadap karyawan yang ingin berkembang. 

Sehingga memberi dispensasi untuk mereka agar bisa kuliah dengan rajin dan segera lulus. Misalnya membebaskan jam kerja shift pada karyawan yang kuliah, tidak mendapatkan jam lembur sampai lulus kuliah, dan juga dibebaskan dari jam kerja akhir pekan khusus untuk karyawan yang kuliah di Sabtu dan Minggu. 

Kamu tentu punya kesempatan untuk mendapatkan dispensasi tersebut. Caranya, tentu saja dengan mengajukan permohonan izin untuk bisa kuliah. Jika memang rezeki kamu bisa mendapatkan salah satu dispensasi yang disebutkan di atas. 

3. Memilih Pekerjaan yang Mendukung 

Ada kalanya, jika pekerjaan yang dimiliki kurang mendukung maka perlu mempertimbangkan untuk resign. Yakni dengan catatan memiliki tabungan yang cukup untuk membiayai kuliah di universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Jakarta

Selain itu, penting juga untuk memiliki pekerjaan cadangan, maksudnya adalah memiliki pekerjaan lain yang memberi pemasukan. Supaya rencana untuk kuliah tidak lagi terhalang karena berhentinya pemasukan. Bisa mempertimbangkan untuk menjadi reseller di penerbit deepublish. 

Sebab reseller penerbit deepublish merupakan jenis pekerjaan yang ideal ditekuni siapa saja. Termasuk kamu yang sedang berjuang untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. Bahkan sangat cocok menjadi reseller, karena bisa berjualan buku pendidikan di kampus tempat kamu melanjutkan pendidikan. 

Reseller deepublish memiliki banyak keunggulan yang membuatnya tepat ditekuni selama kuliah. Yaitu: 

  1. Jam kerja fleksibel, sebab bisa berjualan atau menawarkan buku kapan saja dan tentunya bisa ditekuni secara online agar lebih fleksibel lagi untuk kuliah. 
  2. Tidak memerlukan banyak modal, sebab kebanyakan buku di penerbit deepublish adalah dipesan dengan sistem PO dan juga dalam format digital. Sehingga sebagai reseller tidak perlu menyediakan stok buku cetak. 
  3. Target pasar jelas, yakni para guru, pelajar, dosen, dan mahasiswa. Sehingga saat kuliah bisa juga sekalian menawarkan buku ke teman kelas atau bahkan ke para dosen. 
  4. Buku pendidikan adalah kebutuhan abadi, bukan kebutuhan musiman dan bagi beberapa orang menjadi kebutuhan pokok. Sehingga tidak akan sulit untuk menjualnya dan mendapatkan penghasilan tanpa batas. Apalagi setiap tahunnya akan selalu ada pelajar dan mahasiswa baru, yang tentu membutuhkan buku pendidikan untuk menunjang proses belajarnya. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Universitas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Yogyakarta

Jadi, tidak perlu ragu untuk menjadi reseller penerbit deepublish. Selain bisa mendapatkan penghasilan untuk membantu membiayai kuliah. Kamu juga sudah ikut berbagi kebaikan, karena menjual produk yang bermanfaat dan berisi ilmu pengetahuan. (Pujiati)

Pondok Djawara Deepublish

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller