10 Tips Menjadi Pribadi yang Baik, Mulai Dari Hal yang Sederhana

tips-menjadi-pribadi-yang-baik
toko buku kuliah

Bagi kamu yang ingin memiliki banyak teman maka perlu paham tips menjadi pribadi yang baik. Sebab dengan memiliki kepribadian yang baik maka kamu bisa disukai oleh siapa saja. Dimanapun kamu berada kemudian akan selalu memiliki teman yang baik, sehingga tidak pernah merasa sepi sekaligus jauh dari stres.

Namun, meskipun mudah untuk diucapkan ternyata memiliki kepribadian yang baik bukan perkara yang mudah. Jika mudah, maka dijamin tidak ada orang yang sulit untuk mendapatkan teman baik. Selain itu tidak ada orang yang memiliki musuh. Lalu, seperti apa upaya untuk punya kepribadian yang baik? terlebih dalam hal membangun personal branding.

Tips Menjahit Pribadi yang Baik

Meskipun menjadi orang yang dianggap baik oleh semua orang adalah hal yang mustahil, karena sebagai manusia kita juga punya kekurangan. Setidaknya sudah berusaha untuk terus menjadi orang baik yang memberi manfaat sekaligus tidak merugikan orang sekitar. Berikut adalah beberapa tips menjadi pribadi yang baik mulai dari hal-hal kecil yang sederhana dan dijamin mudah untuk dicoba:

1. Mencoba untuk Lebih Ramah

Tips pertama adalah mencoba untuk lebih ramah dari sebelumnya kepada siapa saja. Keramahan bisa diwujudkan dengan banyak hal, paling mudah adalah dengan membiasakan diri tersenyum kepada siapa saja. Menebarkan senyuman akan membantu menenangkan orang sekitar sekaligus memberi energi positif.

Jika tersenyum tampak sulit untuk dilakukan, maka bisa mencoba dengan ucapan. Misalnya lebih sering memulai suatu perkataan dengan kata tolong, terima kasih, selamat pagi, dan sebagainya. Memulai percakapan dengan kata tolong akan terasa lebih enak didengar. Begitu pula dengan menyapa duluan ketika berpapasan.

2. Mencoba Lebih Peduli pada Orang Sekitar

Hidup itu memang tidak seringan bulu, berat sekali. Pada beberapa kondsis kamu mungkin akan menghadapi situasi yang lebih berat dari hari-hari sebelumnya. Namun hal ini patut disyukuri, karena secara normal memang seperti ini perjalanan hidup setiap umat manusia.

Supaya terasa ringan maka kamu perlu menerapkan tips menjadi pribadi yang baik berikutnya. Yakni mencoba untuk lebih peduli dengan orang sekitar, supaya orang sekitar juga peduli terhadap kehadiran kamu. Misalnya mengajak bicara orang yang dijumpai tanpa memasang wajah dingin dan ketus.

Selain itu bisakan untuk memberikan bantuan atau pertolongan tanpa diminta. Misalnya ketika melihat teman sekantor butuh bantuan untuk membawa dokumen yang cukup banyak. Maka bantu segera untuk membawakan beberapa dokumen tersebut, dijamin kepedulian ini akan berbuah manis di kemudian hari.

3. Belajar Selalu Bersyukur

Supaya menjadi pribadi yang lebih baik kamu juga perlu memperbanyak untuk bersyukur. Hargai setiap hal yang berhasil didapatkan, tidak perlu iri dan repot memikirkan pencapaian orang lain. Sebab pencapaian orang lain tentu berbeda dengan pencapaian diri sendiri.

4. Menikmati Semua Proses dalam Hidup

Perjalanan hidup ibarat perjalanan air dari sumber mata air di pegunungan sampai ke laut. Perjalanan ini naik turun dan melewati area-area yang terjal dan kadang sangat mulus. Hidup juga seperti ini, dan apapun proses yang tengah diperjuangkan untuk dilalui maka nikmati saja. Tidak ada yang abadi di dunia, bahkan penderita dan ujian hidup.

5. Memupuk Sifat Mudah Memaafkan

Tips menjadi pribadi yang baik selanjutnya adalah memupuk sifat untuk mudah memaafkan. Orang yang baik adalah orang yang tidak memiliki dendam, hatinya penuh dengan keikhlasan. Apapun kesalahan dan perbuatan yang tidak enak dari orang lain akan dianggap biasa.

Sebab sebagai manusia tentu ada masa khilaf dan melakukan kesalahan. Ada kalanya karena suatu masalah maka berpengaruh pada perlakuan diri sendiri ke orang lain. Suatu ketika kamu bisa berada di posisi tersebut dan menyebabkan orang lain sakit hati. Jadi, agar hidup lebih menyenangkan maka perbanyak memberi maaf.

6. Menyadari Bahwa Uang Bukan Segalanya

Pernah merasa menjadi pribadi yang bekerja mati-matian demi gaya hidup dan bukan demi kebutuhan hidup? Jika hal ini terjadi maka dijamin hidup akan terasa menderita dan susah untuk bahagia. Sebab selalu terobsesi untuk mengejar uang sebanyak mungkin demi memuaskan keinginan yang tidak ada habisnya.

Padahal kebahagiaan itu bisa datang dari hal sederhana. Meskipun tanpa uang bisa membuat hidup menderita. Setidaknya usahakan untuk mengutamakan kebutuhan, uang yang dihasilkan bisa dinikmati dalam bentuk tabungan. Sehingga bisa punya dana pensiun untuk mendapatkan hidup berkualitas di usia senja.

7. Selalu Memiliki Pikiran yang Positif

Selama ini apakah kamu sering diserang rasa khawatir? Misalnya khawatir besok harus memakai baju apa? Khawatir jarum timbangan berat badan bergeser ke kanan? Atau yang lainnya? Hidup dengan kekhawatiran hanya akan mengikis kebahagiaan dan kemudian berdampak pada hubungan sosial.

Jadi, dalam tips menjadi pribadi yang baik kamu perlu memiliki pikiran positif. Membuang jauh segala pikiran negatif dan kekhawatiran. Sehingga bisa lebih menikmati hidup dan menebarkan semangat positif untuk orang sekitar.

8. Selalu Menjadi Pendengar yang Baik

Masalah hidup memang beragam dan dijamin akan dihadapi oleh siapa saja. Saat diajak bicara dengan orang sekitar, ada kalanya kamu menjadi pembicara utama. Namun, ada saatnya menjadi pendengar yang baik. Orang baik adalah yang bisa mendengarkan cerita dan keluh kesah orang sekitar, sehingga bisa belajar menjadi pendengar.

9. Berani Menghadapi Masalah

Tips berikutnya agar selalu menjadi pribadi yang baik dan disukai orang sekitar adalah menjadi pribadi yang berani menghadapi masalah. Masalah akan mewarnai hidup siapa saja, termasuk diri sendiri. Ketika menyebabkan masalah maka perlu menghadapinya agar bisa ditemukan penyelesaian terbaik.

HIndari kebiasaan menghindar dari masalah karena justru tidak akan selesai dan bisa berkembang menjadi lebih parah. Efeknya akan menyebabkan stres, sehingga bisa menurunkan kualitas kehidupan dan hubungan dengan orang sekitar. Jadi, usahakan selalu berani menghadapi masalah karena tidak ada masalah tanpa solusi.

10. Konsisten dengan Tujuan Hidup yang Dimiliki

Tips menjadi pribadi yang baik juga tidak terlepas dari konsistensi. Sebab orang yang tujuan hidupnya terus berubah-ubah akan sulit untuk bahagia dan menikmati hidup. Setiap orang tentu wajib punya target dan tujuan sebagai penyemangat untuk terus berkarya dan produktif.

Oleh sebab itu usahakan konsisten, karena pencapaian tujuan adalah prestasi yang berdampak baik bagi psikis. Selain itu bisa membantu memiliki pikiran positif, yang tentu akan berdampak baik bagi hubungan sosial. Jadi, sudahkah menetapkan tujuan untuk bulan ini atau tahun ini?

Penutup

Melalui pemaparan di atas, bukankah menjadi pribadi yang baik itu terbilang mudah? Dijamin iya, apalagi untuk kamu yang selama ini suka bersosialisasi. Namun, bukan berarti seseorang dengan karakter introvert susah menjadi pribadi yang baik. Selama terus berusaha menyadari bahwa sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri.

Maka dijamin berbagai tips menjadi pribadi yang baik yang dijelaskan di atas akan dicoba. Ketika dicoba dijamin hasilnya akan mulai terasa. Yakni orang-orang semakin dekat, semakin peduli, dan hidup menjadi lebih berwarna.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang