10 Tips Kembalikan Semangat Saat Jenuh Kuliah

malas-kuliah
toko buku kuliah

Tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah – Kuliah bagi sebagian orang terasa menyenangkan. Namun bagi sebagian lagi kuliah itu sesuatu yang membosankan. Bahkan yang awalnya semangat, bisa saja lama-lama mengalami kejenuhan. 

Permasalahannya adalah, bagaimana agar kita tidak berubah menjadi jenuh, dan tetap mempertahakan semangat kuliah? Jawabannya sederhana, dibutuhkan seni untuk menikmatinya. Seseorang yang tidak memiliki seni menikmati kuliah, akan merasakan bosan dan stagnan. 

Apalagi setahun lebih belakangan ini Covid 19 datang dan mengubah cara belajar. yang dulunya tatap muka, bisa bercengkrama, kumpul dengan teman-teman, kini segala sesuatunya dilakukan secara online. Maka, dengan kuliah online itu berarti secara tidak langsung telah menghilangkan keseruan dalam kuliah itu sendiri, karena tidak ada interaksi dengan teman-teman. 

Nah, buat kamu nih yang berada di titik rasa malas kuliah, berikut ada beberapa tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah.

1. Membuat Kompetisi Pada Diri Sendiri 

Tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah yang pertama adalah membuat kompetisi pada diri sendiri. misalnya, dengan menantang diri sendiri mentargetkan minimal mendapat nilai B+, tidak boleh dibawah nilai tersebut. 

Pokoknya, bagaimana caranya agar nilai selalu A. Maka, kita pun akan terpicu untuk bersemangat. Rajin belajar dan tidak peduli dengan tawaran teman-teman yang mengajak kongko, jalan-jalan atau semacamnya. 

2. Bersyukur, Tidak Semua Orang Bisa Kuliah

Tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah yang kedua adalah bersyukur masih dibisa kuliah. Karena masih banyak orang diluar sana yang ingin kuliah, karena masalah ekonomi memaksa mereka untuk mengorbankan tidak kuliah. 

Banyak loh yang ingin kuliah namun terkendala oleh banyak hal. Bisa karena tidak ada transportasi yang support, tidak mendapatkan kesempatan beasiswa, tidak memiliki uang untuk kuliah, padahal secara kemampuan akademik memadai. 

Sudah sewajarnya jika kita mensyukuri hal ini. kemudian memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan belajar untuk memperbaiki nasib, memperbaiki masa depan dan agar ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah memberikan banyak manfaat untuk orang lain ataupun untuk lingkungan sekitar. 

3. Ingat Peluang Kerja Bagi Lulusan Kuliah 

Semenjak covid 19, system pendidikan di seluruh Indonesia pun ikut berubah. Tidak tanggung-tanggung, pembelajaran kuliah tidak lagi bertatap muka secara langsung di kuliah, tetapi dilakukan secara online. Mungkin awal-awal menyenangkan. 

Namun lambat laun kuliah online terasa membosankan bukan? Nah, tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah yang ketiga adalah mengingat peluang kerja bagi lulusan kuliah jauh lebih baik. Saya yakin, kamu tahu betul bahwa lulusan Perguruan Tinggi memiliki gaji lebih tinggi dibandingkan lulusan SMK/MA/K sederajat. 

Tidak hanya dari segi gaji yang lebih tinggi loh, tetepi dari segi posisi pun juga lebih menjanjikan. Untuk posisi atau jurusan yang bisa kita masuki pun juga memiliki kebanggaan sendiri. Ya, meskipun tidak menjadi jaminan, kita bisa lebih sadar diri dan tetap aktif agar mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan. 

4. Ingat Tujuan Kamu Kuliah 

Saat mulai jenuh kuliah, kamu perlu mengingat-ingat kembali tujuan awal kamu kuliah. Apa sih yang melatar belakangi kamu ingin kuliah? Karena tuntutan orangtua? Karena keinginan sendiri? karena ingin  memperbaiki nasib dan berharap mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, atau semacamnya. 

Nah, buat kamu yang kuliah karena dorongan dan faktor eksternal, seperti tuntutan orangtua dan arena lingkungan terdekat yang mayoritas kuliah. Mungkin akan sulit membangkitkan semangat untuk kuliah. Karena pada dasarnya memang tidak ada tujuan dan keinginan kuliah. 

Sebaliknya, jika kamu kuliah atas dasar keinginan sendiri atau karena faktor internal, dan apapun alasannya, pasti mudah bagi kamu untuk mengembalikan semangat kuliah. Segala sesuatu yang dimulai dari dorongan dalam diri akan lebih mudah mengatur on-off nya. 

5. Mengubah Nasib

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kuliah itu bisa mengubah nasib. Tentu saja jika dijalani dengan sungguh-sungguh. Karena dengan kuliah, kita tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan saja loh. tetapi mendapatkan pengalaman, mendapatkan relasi pertemanan yang siapa tahu ke depannya mempengaruhi masa depan kamu. 

Sekali lagi, kuliah mampu mengubah nasib kamu yang secara finansial tidak mapan jadi mapan. namun untuk bisa di titik ini, dibutuhkan pula effort yang besar dan daya juang yang besar juga. Jika orang kuliahan hanya malas-malasan, ya sama saja, nasib akan jalan ditempat disitu-situ saja. 

6. Ilmu Adalah Harta 

Tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah adalah menyadari esensi dari kuliah, yaitu mencari ilmu pengetahuan. Ada sebuah pesan yang saya dengar, saya lupa dari siapa. Namun pesan itu sangat berkesan bagi saya, dan yang mengubah perspektif saya dalam kuliah. 

Anak seorang milyader, yang jumlah kekayaannya tidak bisa terukur. Jika harta tersebut diwariskan pada anak-anak yang tidak memiliki ilmu pengetahuan, uang sebanyak apapun bisa saja habis. Sebaliknya, seseorang anak yang tidak memiliki warisan harta benda dari orangtuanya, hanya mendapatkan warisan ilmu pengetahuan, mereka masih bisa mendapatkan uang sebanyak-banyaknya. 

Dari sini menunjukan bahwasanya ilmu pengetahuan adalah segala-galanya harta. Berbekal ilmu, kita bisa dapatkan apa yang kita inginkan. Jika menginginkan jabatan, kita bisa dapatkan dengan ilmu. Jika kita ingin mendapatkan uang, kita juga bisa perolehnya dengan ilmu. Sebaliknya, kebodohan tidak bisa mendapatkan apapun dan akan semakin memperburuk hidup kita. 

Nah, salah satu ikhtiar mendapatkan ilmu pengetahuan adalah dengan kuliah. Sayang banget loh, kita merelakan untuk mencari ilmu, sudah banyak uang yang kita keluarkan. Jika hanya kuliah sebatas kuliah, tidak menghayati, sangat disayangkan bukan.

7. Cintai Jurusan Yang Sudah Diambil 

Salah satu faktor utama kenapa kita malas kuliah, karena merasa salah jurusan. Atau tidak suka dengan jurusan yang terlanjur sudah di ambil. Hayo, siapa yang merasakan seperti ini? Jika yang idrasakan seperti ini, solusinya mudah kok. Meskipun mudah, saya yakin tidak semua orang bisa melakukannya. 

Solusinya hanya belajar mencintai jurusan yang sudah terlanjur diambil. Ketika kita sudah cinta, sebosan atau tidak menariknya pembahasan, akan terasa menyenangkan. Lantas, bagaimana caranya agar bisa menyukai jurusan yang sudah diambil? 

Pelajari dan kenali. Seperti pepatah percintaan yang sudah sering kita dengar, “tak kenal maka tak sayang”. Jadi kita harus mengenali, mengeksplorasi dan mampu menemukan kuci daya tarik dari jurusan kamu. Dijamin, jika kamu menemukan kunci daya tariknya, kamu bisa enjoy dalam kuliah dan merasa bahwa kuliah itu menyenangkan dan menggairahkan. 

8. Selektif  Memilih Teman Kuliah

Nah, tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah satu ini juga sangat penting. Sayangnya, tips ini sering dianggap kurang penting. Memang terlihat sepele, tetapi sebenarnya fundamental. Jadi, siapa temanmu, itulah yang akan mempengaruhi kamu dalam kuliah. 

Jika teman kamu adalah orang pemalas, suka bolos dan hal-hal negative yang lain, maka potensi kamu menjadi seperti itu lebih besar. Hanya ada dua kemungkinan dalam pergaulan. Oranglain mempengaruhi kamu, atau kamu mempengaruhi mereka. 

Pertanyaannya adalah, energi paling besarlah yang akan mempengaruhi. Jika seumpana dalam jaringan pertemanan lebih banyak yang malas, maka lebih baik kamu yang menghindar dan keluar. Cari teman-teman yang memiliki motivasi berprestasi yang lebih tinggi. Agar kamu tertular terhada hal-hal baik. 

9. Buat Tujuan Hidup Yang Jelas 

Semangat kuliah tidak ada, bisa jadi karena kamu tidak memiliki tujuan yang jelas. Beda loh orang yang memiliki tujuan yang jelas dengan orang yang masih tidak jelas tujuannya. Tujuan itu sebagai semangat dan motor penggerak untuk berjalan terus maju. 

Sementara tidak memiliki tujuan itu berarti orang tersebut tidak memiliki bahan bakar. Sehingga memang tidak tahu apa yang harus dibakar atau yang menjadikan hidupnya menjadi berarti. Jadi buat kamu yang merasa belum memiliki tujuan yang jelas, mulai sekarang bisa menentukan tujuan. 

Ingat, tujuan tidak harus menjadi orang besar, tidak harus seperti orang lain atau tujuan tidak harus sesuatu yang hebat. Tujuan-tujuan sederhana namun berkesan buat diri kamu saja sudah sangat cukup. contoh sederhana yang pernah saya rasakan waktu kuliah, tujuan saya kuliah agar bisa lulus kuliah dan bekerja dengan lulusan S1, agar gaji bulanan bisa mencapai 2 juta dan bisa membantu membayar hutang-hutang orangtua. 

Dari tujuan di atas sangat klise dan sederhana. Tetapi itu cukup membakar semangat saya setiap kali kuliah. Karena tujuan itulah, yang mendorong saya agar tidak lama-lama kuliah. Karena semakin lama kuliah, semakin banyak uang yang akan dikeluarkan. Nah, itu tujuan saya pada saat itu, nah, apa tujuan kamu sekarang? Bisa dituliskan di kolom komentar.

Baca juga: Daftar Kerja Part Time untuk Mahasiswa

10. Kenali Kesenangan Kamu

Tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah yang terakhir adalah, kenali kesenangan kamu. Sederhana sih, tapi jarang yang melakukannya. Pastinya saat kuliah, ada hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Nah, agar tidak bosan kuliah, pikirkan dan bayangkan hal-hal yang menyenangkan saja. 

Tujuannya jelas, agar tidak malas kuliah dan kuliah menjadi lebih semangat. Sesuatu hal yang menyenangkan tidak sesuatu yang besar kok. Misalnya, bisa dalam bentuk senang saat bertemu dan berkumpul dengan teman-teman. Senang saat mendapatkan nilai bagus, senang saat metode pembelajaran seperti A, B atau yang lainnya. 

Pondok Djawara Deepublish

Bagiamana jika tidak ditemukan kesenangan di sana? Ya jawabannya carilah kesenangan. Masak tidak ada hal yang menyenangkan satupun? Pasti ada. Jika tidak ada, bisa loh kamu mengikuti ekstra atau organisasi dikampus yang sesuai dengan kesenangan kamu. Pastikan kesenangan yang dicari adalah hal yang bersifat baik ya, jangan yang buruk. 

Dari beberapa tips kembalikan semangat saat jenuh kuliah di atas. Tips bagian manakah yang “aku banget”? Kamu bisa tuliskan di bawah ya. Semoga sedikit tips ini mampu menyentil dan memberikan semangat buat kamu agar tidak malas-malasan kuliah. 

Kan sayang, orangtua kita sudah mengeluarkan banyak uang untuk mengkuliahkan kamu. Atau kamu ada mahasiswa pejuang, yang membiayai kuliah sendiri? pasti tahu rasanya bagaimana susahnya mencari uang dan berjuang. Jangan jadikan perjuangan yang sudah kamu korbankan sia-sia hanya karena rasa malas. 

Lebih baik mengalahkan rasa malas, karena kemalasan pasti hanya memberi ending yang kurang menyenangkan. Semoga ulasan ini bisa menjadi semangat buat kamu yang sedang malas banget kuliah. (Irukawa Elisa)

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang