10 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Entrepreneur

Keterampilan-Entrepreneur
toko buku kuliah
Bagikan

10 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Entrepreneur — Apakah kamu bercita-cita sebagai entrepreneur? Jika iya, ketahuilah bahwa menjadi entrepreneur sukses tidak bisa dengan cara instan.

Supaya usaha kamu tetap konsisten dan cuan, ketrampilan yang wajib dimiliki entrepreneur harus dipahami sebaik mungkin.

Baca juga : 10 Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

Apa sih entrepreneur itu?

Eentrepreneur adalah seseorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan atau menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya.

Dapat disederhanakan bahwa arti entrepreneur adalah seorang pengusaha atau orang yang melakukan kegiatan wirausaha, di mana orang tersebut biasanya mempunyai bakat untuk mengenali produk-produk baru, menentukan cara produksi yang baru, dapat membuat stkamur operasional, mampu memasarkan produk dan dapat mengatur modal untuk kegiatan operasional.

Baca : Pengertian Entrepreneurship: Karakteristik, Cara Mengembangkan dan Contoh

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa enjadi seorang entrepreneur tidak sama dengan bekerja sebagai karyawan. Tentu persiapannya pun berbeda.

Dan pastinya lebih banyak yang perlu dipersiapkan daripada dibandingkan jika kita bekerja kepada orang lain. Selain modal bisnis, ada banyak persiapan yang dibutuhkan. Seorang entrepreneur juga harus memiliki ketrampilan lebih, karena berhubungan dengan konsistensi bisnis. Jangan sampai dong, kamu bisa buka usaha sekarang tapi tidak bertahan lama.

Baca juga : 7 Ciri-ciri Entrepreneur Yang Sukses dan Berhasil

Seorang entrepreneur harus siap mengambil segala resiko yang ditanggung, sebab seorang entrepreneur harus menggunakan keterampilan yang dimiliki agar siap melewati resiko yang akan dihadapi.

Semua itu pastinya bisa dilalui dengan persiapan yang matang dan ketrampilan yang terus diasah. Agar berhasil menjadi seorang entrepreneur sukses, inilah 10 ketrampilan yang wajib dimiliki entrepreneur.

10 Keterampilan Entrepreneur

1. Kemampuan Kepemimpinan

Ketrampilan yang wajib dimiliki entrepreneur pertama adalah jiwa kepemimpinan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa menjadi entrepreneur atau pengusaha berbeda dengan saat menjadi karyawan. Sebagai seorang pengusaha, Kamu tentu harus memiliki kemampuan untuk memimpin. Dalam menjalankan bisnis, kamu akan memimpin orang-orang yang bekerja untuk bisnis tersebut. Jika jiwa kepemimpinan tidak kamu miliki, bisa dipastikan kamu akan kesulitan untuk mengatur tim-mu.

2. Kemampuan Komunikasi

Seorang pengusaha tentu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebagai seorang pengusaha, kamu akan berhubungan dengan banyak pihak untuk membuat bisnis kamu semakin berkembang. Ketika kamu menjadi entrepreneur kamu akan bertemu dengan para customer dan kolega kerja.
Di sinilah ketrampilan komunikasi dibutuhkan.

Bagaimana cara kamu bisa berkomunikasi dengan tim supaya usaha semakin berkembang dengan segala strategi yang fair, begitupula dengan cara berkomunikasi dengan customer, agar produkmu dapat diterima dengan baik.

Pun saat customer ada komplain, kamu juga harus mampu memberikan feedback yang tepat dengan cara komunikasi yang baik.

3. Mengelola Sumber Daya Manusia

Selain memiliki jiwa kepemimpinan, ketrampilan yang wajib dimiliki entrepreneur adalah mampu mengelola sumber daya manusia (SDM). SDM yang dimaksud di sini adalah semua orang yang berhubungan dengan bisnis kamu.

Keterampilan untuk mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) juga menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh pemimpin yang berkualitas.
Mengapa demikian? SDM atau tenaga kerja sesungguhnya bisa menjadi asset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau organisasi. Bayangkan saja jika kamu memiliki sebuah perusahaan yang besar, memiliki sumber daya yang baik, tetapi tidak memiliki karyawan yang berkompeten. Tentu saja aset yang lain akan menjadi sia-sia bukan?

Maka dari itu, seorang pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk mengelola setiap orang yang bekerja di perusahaan yang ia pimpin. Agar kegiatan perusahaan maupun organisasi dapat berjalan dengan baik, dan impiannya pun dapat terealisasikan.

4. Inovatif

Jika Kamu ingin membuat usaha yang sukses dan berbeda dari yang lain, Kamu harus memiliki kemampuan berpikir inovatif untuk bisnismu. Seorang pengusaha yang bisa berpikir inovatif akan selalu menemukan ide-ide baru untuk bisnis mereka sehingga tidak akan kalah saing dengan bisnis yang lain.

Dalam membangun usaha, inovasi ini selalu dibutuhkan apalagi kamu akan berhadapan langsung dengan kompetitor. Semakin kamu belajar dan mengembangkan produk dengan baik, maka brand kamu akan selalu diingat dan terus perkembang.

Sebaliknya jika kamu hanya puas dengan hasil sekarang, hati-hati saja, bisa jadi dalam waktu dekat ada kompetitor yang menjual produk sama denganmu namun mereka memiliki inovasi yang menarik sehingga mampu mencuri perhatian dari customer kamu.

5. Kemampuan Persuasi

Skill yang harus dimiliki pengusaha berikutnya adalah kemampuan persuasi. Melalui kemampuan persuasi, Kamu akan mengajak dan meyakinkan orang-orang untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa yang Kamu tawarkan. Dengan kemampuan persuasi yang baik, Kamu bisa memiliki banyak klien atau pelanggan untuk bisnismu.

6. Keterampilan Administratif

Keterampilan yang satu ini berkaitan dengan bagaimana seorang pemimpin mengorganisasikan, merencanakan dan melakukan penyusunan pegawai serta melakukan pengawasan terhadap itu semua.

Dalam keterampilan administratif pemimpin dituntut untuk bisa banyak hal, seperti kemampuan untuk mengelola anggaran, mengikuti prosedur dan kebijakan, melaksanakan setiap keputusan dengan keterampilan adiminstratif dan sebagainya.

7. Manajemen waktu

Bukan rahasia umum kalau pengusaha adalah orang yang sibuk. Meskipun memiliki fleksibilitas waktu, pengusaha harus pkamui-pkamui mengaturnya.
Kehidupan para pengusaha tak selamanya berada di kantor atau lokasi usaha, karena mereka harus menjalin hubungan dengan calon klien atau mengurusi tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan proses bisnis.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengusaha untuk memiliki soft skill manajemen waktu yang baik. Harus mahir memrpioritaskan mana yang paling penting lebih dulu agar tidak keteteran nantinya.

8. Kemampuan Mengambil Keputusan

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan secara tepat dan bijaksana. Sebagai seorang entrepreneur, kamu harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan, karena kamulah yang akan menentukan segala hal yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Cara mengambil keputusan yang tepat ini dapat dilatih dengan berbagai metode. Salah satunya dengan jam terbang. Semakin kamu memiliki jam terbang tinggi, maka semakin mudah kamu untuk mengambil keputusan.

Karena kamu sudah bisa menimbang baik buruknya dari pengalaman yang sudah kamu jalani sebelumnya.

Daftar Reseller Buku

9. Kepercayaan Diri

Keterampilan yang wajib dimiliki entrepreneur selanjutnya adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Ya bagaimana kamu menjualkan produk, jika kamu tidak percaya diri? Yakin pada diri sendiri, percaya bahwa produk kamu memang bagus dan patut dibeli. Jika kamu sudah percaya diri dan percaya bahwa produk kamu memang worth it, maka akan lebih mudah kamu men-persuasi orang lain untuk membeli produkmu.

10. Konsisten

Sebagai seorang entrepreneur, kamu juga harus memiliki kemampuan untuk bisa selalu konsisten dalam memutuskan segala sesuatu, karena bisnis yang besar lahir dari konsistensi yang ditunjukan pelaku bisnis tersebut. Pastikan kamu membuat produk yang bisa digunakan dalam jangka Panjang dan pastikan produk yang kamu jual memang bagus dan pantas untuk dibeli. Dengan begitu, bisnis kamu akan dinilai konsisten dan bisa diterima banyak orang.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai 10 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Entrepreneur, bagaimana?, sudah kamu miliki?.

Untuk membangun Keterampilan seperti layaknya entrepeneur sejati memanglah bukan hal yang mudah dan jadi selama beberapa, untuk itu kita perlu membangunnya.

Baca juga: Perbedaan entrepreneur dan entrepreneurship

Melalui pengalaman hidup dan menambah wawasan ilmu pengetahuan, seperti beberapa buku dibawah ini :

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang