Penulis

Nama A. Zahri

Keterangan

H. A. Zahri, SH, M.HI, dilahirkan di Lamongan, Jawa Timur, tanggal 10 Mei 1963. Anak pertama dari delapan bersaudara, pasangan Bapak Sriyatin dan Ibu Siti Munikah. Beliau memulai pendidikan sekolah dasar di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Payaman, Paciran Lamongan, tamat tahun 1976. Pendidikan Sekolah Menengah di Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan, yakni MTs Muhammadyah tamat tahun 1979 dan MA Muhammadiyah tamat 1982. Pendidikan S1 di tempuh di dua tempat yang berbeda, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang, fakultas syariah, tamat sarjana muda tahun 1986 dan Universitas Abdurrahman Saleh Situbondo, fakultas hukum dengan gelar sarjana hukum, tamat tahun 1996. Pendidikan S2 program studi hukum Islam diperoleh dari Universitas Darul Ulum Jombang tahun 2013.
Selama menempuh pendidikan SLTA aktif di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan saat mahasiswa pernah bergabung di IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah). Dari IMM ia melanjutkan kiprahnya di Muhamnadiyah. Tahun 1990 dipercaya menjabat Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Situbondo. Tahun 1995 pernah menjabat Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Situbondo. Selanjutnya dipercaya menjadi ketua PDM Situbondo dua periode. Periode pertama tahun 2000 – 2005 dan periode kedua tahun 2010 – 2015 .
Aktivitas dakwah merupakan panggilan jiwanya, terutama melalui Persyarikatan Muhammadiyah. Meskipun saat ini tidak memegang amanah jabatan struktural di Muhammadiyah ia tetap berkiprah menyapa umat/jamaah di berbagai tempat dan lapisan, desa maupun kota, rakyat biasa maupun pejabat/birokrat.
Beliau memulai karier sebagai Pegawai Negeri Sipil di Pengadilan Agama Situbondo tahun 1989. Pada tahun 2005 diangkat sebagai hakim dan ditugaskan di Pengadilan Agama Morotai di Tobelo dan tahun itu juga dimutasi ke Pengadilan Agama Ternate. Selama 5 tahun beliau di wilayah Maluku Utara. Tahun 2008 beliau dimutasi ke Pengadilan Agama Dompu, selanjutnya tahun 2010 dari Dompu kembali ke tempat pertama bertugas yakni Pengadilan Agama Situbondo dan setelah 3,5 tahun di Pengadilan Agama Situbondo dipromosikan sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Polewali. Setelelah 2 tahun menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Polewali pada 18 Januari 2017 dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Polewali dan per 13 September 2017 dipercaya menduduki jabatan Ketua Pengadilan Agama Luwuk sampai sekarang.
Kebiasaan menulis naskah khotbah/ceramah dan tulisan lainnya dimulai sejak menjadi santri di Pondok Pesantren Karangasem Paciran-Lamongan dan semakin menguat setelah duduk di bangku kuliah. Setelah menjadi aktivis dakwah hampir setiap mendapat tugas ceramah/khotbah selalu dipersiapkan minimal dengan konsep singkat, pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan ke publik, namun tidak jarang jika waktu memungkinkan telah disusun dalam bentuk naskah lengkap. Beberapa naskah khotbah telah dipublikasikan, baik melalui media cetak maupun elektronik.
Buku khotbah pilihan yang ada di tangan pembaca, merupakan kumpulan khotbah yang pernah disampaikan di berbagai forum. Semoga himpunan khotbah ini dapat menjadi referensi para khotib, mubaligh dan bermanfaat bagi para pembaca. Amiin.

Tap untuk Chat Otomatis