Penulis

Nama Yetty Oktarina dan Yudi Abdullah

Keterangan

Wanita kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 07 Oktober 1976 ini merupakan anak ke dua dari lima bersaudara buah kasih pasangan H. A.Rachman Nawawi dan Hj. Nurbaya, diberi nama oleh orang tuanya Yetty Oktarina.
Pendidikan sarjananya diselesaikan di Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya pada tahun 1999. Magister Agribisnis pada Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya pada tahun 2006 dan begitupun gelar doktor Ilmu Pertaniannya yang diperoleh dari almamater yang sama pada tahun 2013.
Saat ini Yetty berprofesi sebagai Dosen Tetap Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Baturaja yang digelutinya sejak 1999. Ia dipercaya untuk mengajar Mata Kuliah Komunikasi Pertanian dan Sosiologi Pedesaan pada Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Baturaja. Riset – riset akademik yang pernah penulis lakukan diantaranya : (1) Analisis Prilaku Keluar Masuk Beras Antar Provinsi di Wilayah Sumatera Bagian Selatan (2012); (2) Analisis Hubungan Harga dan Produksi Pada Pasar Beras di Wilayah Sumatera Bagian Selatan (2012); (3) Analisis Pendorong Petani Melakukan Polikultur Pada Lahan Sawah Irigasi Teknis dalam Mewujudkan Kesejahteraan Ekonomi Rumah Tangga Petani di Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (2014); (4) Analisis komoditas unggulan tanaman pangan Kab. OKU Timur (2014); (5) Analisis Struktur Dan Pertumbuhan Serta Penyerapan Tenaga Kerja Pada Sektor Perekonomian Di Kabupaten Ogan Komering Ulu (2015 ); (6) Rice Market Integration In Southern Sumatra, Indonesia (2016); dan (7) Integrasi dan Pergerakan Produksi, Harga Karet (Hevea Brasiliensis) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (2016). Hasil – hasil riset tersebutlah yang akhirnya mendorong istri Hendri Agustian S.H., M.Hum., ini untuk menuliskan pengalaman-pengalamannya tersebut dalam bentuk buku yang saat ini hadir di hadapan khalayak sekalian.

Yudi Abdullah, dilahirkan di Palembang pada 01 Desember 1973. Pria berzodiak Sagitarius ini merupakananak ke dua dari lima bersaudara dari pasangn (Kemas Romzi Abdullah dan Hj.Enny Nuraini). Semenjak SMA dia sudah rajin mendampingi dan mengantar papanya yang seorang jurnalis koran terbitan Jakarta “Harian Umum ANGKATAN BERSENJATA” melakukan tugas jurnalistiknya di wilayah Sumsel.
Pendidikan Sarjana Ilmu Komunikasi diselesaikan di Program Studi Ilmu Komunikasi STISIPOL Chandradimuka Palembang pada tahun 1997 dengan konsentrasi kajian jurnalistik. Sementara itu pendidikan Magisternya diselesaikan di Universitas Bina Darma Palembang pada 2006 dengan konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia. Saat ini Yudi berprofesi sebagai Karyawan Tetap Kantor Berita Indonesia “Perum LKBN ANTARA” sejak 1997 sekaligus Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma Palembang.
Ilmu jurnalistik yang diperoleh di bangku kuliah dan pengalamannya sebagai wartawan di kantor berita kebanggaan bangsa Indonesia itu serta menjadi dosen sekaligus ikut merintis pengembangan Fakultas Ilmu Komunikasi UBD yang merupakan satu-satunya di Sumsel itu, mendorong suami Dora Fatma Nurshanti, S.P., M.Si., ini menorehkan tinta hitamnya dalam beberapa riset komunikasi yang dimuat di jurnal ilmiah seperti: Peranan Program Police Goes to Campus di B-Radio dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Mengenai UU Lalu Lintas dan Peran Uniform PT. Bukit Asam sebagai Identitas Perusahaan dalam Membangun Citra Positif Perusahaan.