Penulis

Nama Teguh Santoso

Keterangan

TEGUH SANTOSO dilahirkan di sebuah desa kecil yaitu: Sarirejo, Dukuh Galsari, Kecamatan Ngaringan, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Pada tahun 1996, lulus dari SDN 02 Sarirejo di tempat kelahirannya, kemudian meneruskan sekolahnya ke MTs Al-Hamidah di daerah Kuwu, Kecamatan Kradenan dan dinyatakan lulus pada tahun 2001, kemudian pada tahun 2004 lulus dari MAN 1 Semarang. Pada tahun 2008 telah berhasil menyelesaikan studi D3 Bahasa Jepang kemudian pada tahun 2012 berhasil menyelesaikan studinya ke jenjang S1 Bahasa Jepang Universitas Diponegoro, Semarang. Pada tahun 2016, beliau lulus S2 Linguistik Bahasa Jepang di Universitas Padjadjaran, Bandung. Cita-citanya adalah menjadi seorang yang ahli di bidang bahasa. Pada tahun 2007 mengajar bahasa Jepang di SMP-SMA Semesta, Semarang dan di LPK Merdeka Semarang. Pada tahun 2009-2010 mengajar bahasa Jepang di LPK Aishiro Gakuen, dan SMK Pembangunan, Semarang. Pada tahun 2011-2013 di LPK Seikou, Semarang dan pada tahun 2013 sampai saat ini menjadi staf pengajar luar biasa untuk bidang Bahasa Jepang di STIKES AN-NUR Purwodadi, Grobogan dan sejak 2018, beliau aktif menjadi dosen tetap di Fakultas Ilmu Budaya program studi S1 Sastra Jepang, Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Email : [email protected]/ [email protected] Karya yang sudah diterbitkannya, antara lain:
1. Dasar-Dasar Morfologi Bahasa Jepang Edisi Kedua (2015), Penerbit: Morfalingua (CV Graha Literata), Yogyakarta.
2. Konsep Waktu Masyarakat Kejawen: Kajian Antropolinguistik (Proseding SETALI UPI/Seminar Tahunan Linguistik Tingkat Internasional 2015).
3. Bahasa Jepang: Ragam Bahasa Pria dan Wanita (2015), Penerbit : Morfalingua (CV Graha Literata), Yogyakarta.
4. Kajian Linguistik Kontrastif Tingkatan Bahasa dalam Bahasa Jepang dan Undak-usuk Bahasa Jawa, Penerbit: Morfalingua (CV Graha Literata), Yogyakarta.
5. Seribu Kilometer (2015), Penerbit: Hanami; Semarang.
6. Cerita Rakyat Grobogan (2015), Penerbit: Histokultura (Graha Ilmu), Yogyakarta.
7. Tuturan Permohonan Direktif Bahasa Jepang dan Bahasa Jawa (2016) (Prosiding UNJ Seminar Internasional Bahasa Jepang), Penerbit: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
8. Kiai Ageng Selo Sang Penakluk Petir: Seri 6 Bahasa (Indonesia, Jawa, Inggris, Jepang, Mandarin, dan Arab) (2017), Penerbit: Irsyadul Fikr, Yogyakarta.

Tap untuk Chat Otomatis