Penulis

Nama Peribadi

Keterangan

eribadi dilahirkan pada tanggal 31 Desember 1966 di Desa Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Penulis adalah anak pertama dari lima bersaudara pasangan Askat dan Halija. Ketika usia sekolah sudah mengizinkan, maka penulis mulai memasuki pendidikan tingkat dasar di MTS Annurain Lonrae hingga tamat pada tahun 1981.
Penulis meninggalkan kampung kelahiran dan mengikuti paman yang bertugas di Pulau Jati sebagai Kepala Syahbandar, sehingga penulis menempuh Pendidikan Tingkat Pertama di SMP Negeri 1 Raha Kabupaten Muna dan tamat pada Tahun 1983. Di tempat ini pula penulis melanjutkan pendidikan Tingkat Menengah Atas di SMA Negeri 2 Raha dan tamat pada Tahun 1985. Kemudian pada Tahun 1986 penulis menyeberang ke Kota Lulo Kendari untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan memasuki Program Studi Sosiologi Universitas Haluoleo dan tamat pada Tahun 1991.
Pada Tahun 1993 penulis terpilih menjadi Staf pengajar di Jurusan Sosiologi Universitas Haluoleo. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1997 penulis melanjutkan pendidikan S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB) hingga selesai pada tahun 2000. Kemudian pada tahun 2001 penulis kembali mengajar di Kampus Baru Anduonohu Unhalu. Akhirnya, pada tahun 2012 penulis melanjutkan pendidikan S3 di Fakultas Pertanian UHO konsentrasi Community Development dan selesai di akhir tahun 2015.
Penulis beraktivitas di Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Kendari sepanjang perkuliahan Srata Satu di Program Studi Sosiologi dan aktif melayangkan artikel ilmiah populer, sehingga memperoleh Piagam Penghargaan sebagai Toko Populer Sultra versi Harian Kendari Ekspress dan Piagam Penghargaan sebagai Penulis Artikel di Kendari Pos. Atas telaah kritisisme penulis yang diklaim tajam, sehingga diundang banyak lembaga dan institusi untuk menggagas berbagai persoalan sosial politik. Namun tidak sedikit pula yang mencibirnya karena telaah-telaah kritisismenya itu, sehingga acapkali dijauhi rekan-rekannya.
Selain beberapa karya ilmiah populer penulis diterbitkan oleh Jurnal Internasional, juga salah satu buku ilmiah penulis yang spektakuler diterbitkan oleh Lambert Academic Publishing (LAP) Germany adalah Rekonstruction of Participatory Paradigm Based on ESQ Power: A Strategy of Poverty Overcoming in Kendari City South East Sulawesi (2015). Tak pelak lagi, keberanian penulis berpikir alternatif terlihat dalam diskursus pemikirannya yang dipresentasekan dalam beberapa forum International.
Pertama, Discourse Of Universum Organum Based On Revelation System yang telah diterbitkan oleh Sadra Press (Sadra International Institute) dalam buku: Epistemology and Methodology For A New Paradigm Of Human Sciences In Islamic Perspektif (2015). Kedua, Discourse Of Prophetic Sociology Methodology: An Ontology Construction of Metaphysic Realism yang juga telah diterbitkan oleh Sadra Press (Sadra International Institute) dalam buku: Theory and Practice, Human Sciences In Islamic Perspective (2016). Ketiga, diskursus pembangunan karakter yang dipresentasekan di Asian Education Symposium (AES) Tahun 2016 di Bandung, yakni “Nation‟s Character Education Based On Revelation System”. Akhirnya, telaah kritisisme penulis buku yang tampak lebih membumi, terlihat dalam bukunya: “Prahara Kehidupan Sosial Kaum Agraris: Sebuah Perspektif Fenomenologis (2016)

Tap untuk Chat Otomatis