Penulis

Nama Muhammad Zaenuddin

Keterangan

Muhammad Zaenuddin, S.Si., M.Sc. lahir di Pati Jawa Tengah pada tanggal 14 Februari 1976. Pendidikannya dari tingkat dasar sampai dengan menengah semuanya diselesaikan di daerah Pati. Sedangkan pendidikan agamanya diperoleh di Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah di Pati serta pernah nyantri di Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus pimpinan almaghfurullah KH Ahmad Basyir.
Karena ketertarikannya pada pelajaran matematika sejak kecil, maka setelah lulus dari SMAN 1 Pati pada tahun 1994 penulis melanjutkan kuliah di Jurusan Matematika ITB Bandung. Ketertarikan dalam melakukan kajian sosial dan ekonomi, menuntunnya untuk menyelesaikan studi S-2 dalam bidang ilmu ekonomi di Fakultas Ekonomi UGM Yogyakarta pada tahun 2008. Saat sekarang ini masih menempuh studi S-3 Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia (UI) serta S-3 Studi Kebijakan UGM Yogyakarta.
Mantan Ketua Pemantau Forum Rektor Batam tahun 2004 ini pernah menjadi anggota KPU Kota Batam 2004-2006 dan 2008-2009. Selain aktif mengajar dan menulis, dosen Politeknik Batam sejak tahun 2000 ini juga terlibat dalam beberapa kegiatan sosial, organisasi kemasyarakatan dan keagamaan. Di antaranya aktif dalam Pengurus Wilayah NU Provinsi Kepri, LPPOM MUI Kepri, Persatuan Mubaligh Batam, pernah menjadi Tim Seleksi KPU Provinsi Kepri, Tim Seleksi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kepri, Tim Seleksi Dewan Pendidikan Kota Batam, Tim Ahli Sensus Pajak Dispenda Pemko Batam dsb. Mantan Ketua Jurusan Akuntansi tahun 2008-2010 dan Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam tahun 2010-2012 ini juga termasuk produktif dalam menghasilkan buku. Buku ini yang diterbitkan oleh Penerbit Deepublish merupakan buku kesembilannya. Buku-buku sebelumnya antara lain Prospek Free Trade Zone (FTZ) di Batam-Bintan-Karimun (2014), Pengantar Ilmu Ekonomi untuk Program Diploma (2013), Dasar-dasar Matematika Bisnis untuk Program Diploma (2010), Mengurai Persoalan Ekonomi (Tahun 2009), Pemilihan Umum Kepala Daerah dalam Perspektif Kajian dan Empirik (2008), Membangun Wacana intelektul (2004), Menggoyang Pikiran Menuju Alam Makna (Tahun 2002), dan Wisata Spiritual Menuju Tuhan (Tahun 2001), dan beberapa di antaranya merupakan kerjasama Pustaka Pelajar bekerjasama dengan Politeknik Batam.

Tap untuk Chat Otomatis