Penulis

Nama Muhammad Irfan Said

Keterangan

Dr. Muhammad Irfan Said, S.Pt, M.P, lahir di Takalala, Kabupaten Soppeng, 05 Desember 1974. Menyelesaikan pendidikan di SMA Negeri 1 Watansoppeng tahun 1993. Gelar sarjana (S.Pt) diperoleh dari Fakultas Peternakan Unhas tahun 1997. Gelar Magister Pertanian (M.P) tahun 2001 dan Doktor (Dr) dari Program Studi Ilmu Peternakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta tahun 2011.
Tahun 2005 penulis diangkat sebagai CPNS pada Fakultas Peternakan Unhas. Tahun 2006 diangkat sebagai PNS dengan jabatan fungsional sebagai Asisten Ahli golongan III.b dan sejak bulan Januari tahun 2017 penulis telah menduduki jabatan fungsional Lektor Kepala.
Tahun 2008, penulis diberi kesempatan mengikuti Program Doktor pada Program Studi Ilmu Peternakan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta bidang kajian Teknologi Hasil Ternak. Selama mengikuti pendidikan Doktor, penulis berhasil mendapatkan bantuan dana penelitian dan penyusunan disertasi melalui Program Hibah Penelitian untuk Mahasiswa Pendidikan Doktor dari Kemendikbud RI dan Yayasan Damandiri, Jakarta. Sejak bulan Pebruari 2012, penulis diberi tugas sebagai Ketua Lab. Teknologi Pengolahan Sisa Hasil Ternak Fakultas Peternakan Unhas.
Beberapa matakuliah yang pernah diampu di Fakultas Peternakan Unhas antara lain : Dasar Teknologi Hasil Ternak, Teknologi Pengolahan Hasil Ternak, Ilmu dan Teknologi Pengolahan Kulit, Teknologi Pengolahan Daging, Teknologi Pengemasan, Pengepakan dan Labeling, Teknologi Pengolahan Hasil Ikutan Ternak, Pangan dan Gizi Hasil Ternak, Biokimia Peternakan, Bangunan dan Peralatan Pengolahan Hasil Ternak (S-1) serta Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak dan Ilmu dan Teknologi Pengolahan Limbah dan Sisa Hasil Ternak pada Program Pascasarjana Peternakan Unhas (S-2). Penulis juga aktif membimbing mahasiswa Program Magister (S2) dan Doktor (S3) pada Program Pascasarjana Unhas.
Dalam kariernya sebagai staf pengajar di Unhas, penulis telah berhasil memenangkan berbagai hibah penelitian kompetitif dan pengabdian masyarakat antara lain: Hibah Penelitian Program Studi, Hibah Penelitian Dosen Muda, Hibah Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (Pekerti), Hibah Penelitian Strategis Nasional (Stranas), Hibah Penelitian Prioritas Nasional (Penprinas) MP3EI, Program Pengabdian Masyarakat IbM, IbW dan IbIKK, Program Insentif Percepatan Difusi dan Pemanfaatan Iptek dan Insinas (Kemenristek Dikti RI), Program Iptekda (LIPI) serta penelitian Balitbangda Sul-Sel. Dari berbagai hasil penelitian tersebut, penulis telah mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal penelitian nasional terakreditasi maupun jurnal internasional sebagai penulis utama. Penulis juga aktif sebagai pemakalah kegiatan konferensi dalam bidang animal science dibeberapa negara seperti Perancis, Turki, Thailand dan Jepang.
Pada kegiatan publikasi ilmiah, penulis dipercaya sebagai reviewer/mitra bebestari beberapa jurnal nasional seperti: Buletin Peternakan (UGM, Yogyakarta), JITEK (UB, Malang), JIPT (Unila, Lampung), JSPI (Unib, Bengkulu).

Tap untuk Chat Otomatis