Penulis

Nama MA Muazar Habibi

Keterangan

M.A Muazar Habibi, dengan nama lengkap Muhammad Asrori Muazar Habibi yang lebih sering dipangil dengan nama Azar atau Habibi. Lahir di Lamongan pada tanggal 25 Agustus 1974, lahir dari pasangan KH. Maslih dan Hj. Niswatun dengan lima orang bersaudara. Pendidikan Dasar ditempuh di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) di kampung halamannya dilanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTs Muhammadiyah) di tempat yang sama.
Sekolah Menengah Atas (SMA) ditempuh di SMA Muhammadiyah 6 Pondok Pesantren Karang Asem Paciran Lamongan lulus pada tahun 1990, kemudian melanjutkan pendidikan Keperawatan Pemda Lamongan selama 3 tahun setelah lulus ditempatkan di RS Ibu dan Anak Aisyiyah Samarinda. Pada tahun 1996 menempuh S1 di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Setelah lulus tahun 1999 ia bekerja di RS Muhammadiyah Lamongan, kemudian pada tahun 2001 mendapatkan beasiswa Profesi Psikologi di Monash University Australia.
Pada tahun 2003 diterima sebagai dosen di FKIP Universitas Mataram dan kemudian tahun 2004 melanjutkan pendidikan S2 jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Universitas Pendidikan Indonesia lulus tahun 2005. Kemudian mendapatkan tawaran pendidikan Profesi Psikologi Lanjut di Monash University Australia pada tahun 2007. Tahun 2010 melanjutkan S3 di Universitas Negeri Malang mengambil jurusan Psikologi Pendidikan dengan biaya BPPS.
Semasa pelajar ia aktif di Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan sampai menjadi mahasiswa dan aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Senat Mahasiswa dan pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang pada masa reformasi ia ikut aktif dalam gerakan mahasiswa dan menjadi salah satu deklarator 6 Visi Revormasi di Taman Mini Indonesia Indah pada tahun 1998.
Hemopili yang dideritanya tidak menjadi penghalang untuk berkarya, saat ini selain aktif mengajar di FKIP Universitas Mataram dan LP3I Mataram, juga aktif pada lembaga pendidikan yang ia bangun yaitu Lenterahati Islamic Boarding School dari jenjang PAUD sampai SD, ikut kegiatan da’wah. Di sela-kegiatan di atas ia aktif di organisasi Himpunan Masyarakat Hemopili Indonesia Tingkat Nasional (sebagai ketua bidang SDM), HIMPSI (Himpunan Psikilogi Indonesia), ABKIN (Asosiasi Bimbingan dan Konseling). sebagai anggota, dan Muhammadiyah (aktif di Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah).
Buku yang pernah diterbitkan adalah: Berhentilah Menjadi Gelas, Mendidik Dengan Senyum, Berbahagia Bersama Hemopili dan Karena Engkau Tulang Rusukku. Buku-buku di atas adalah buku-buku motivasi.

Tap untuk Chat Otomatis