Penulis

Nama Lismining Pujiyani Astuti, dkk

Keterangan

Dr. Joni Haryadi D., MSc., dilahirkan di Sungai Penuh, Kerinci, Provinsi Jambi pada 3 Juni 1973. Lulus sebagai Sarjana Perikanan pada 1997 dari Universitas Bung Hatta. Gelar MSc diperolehnya dari Universiti Putra Malaysia pada tahun 2000, sedangkan gelar doktor diperolehnya pada tahun 2009 di Universitas Indonesia. Sebagai peneliti, penyusun aktif pada berbagai penelitian lingkungan, analisis kebijakan, dan model penerapan IPTEK Perikanan Budidaya. Pada tahun 2008—2011 menjadi koordinator kegiatan penelitian kerja sama dengan Lembaga Penelitian Perancis (IRD) tentang intensifikasi budidaya dengan pendekatan ekologi. Saat ini, penyusun menjabat sebagai Kepala Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumberdaya Ikan, Puslitbangkan, Balitbang Kelautan Perikanan, KKP.

Prof. Dr. Endi Setiadi Kartamihardja, MSc. Lahir di Ciamis, Jawa Barat pada tanggal 7 Desember 1952 adalah anak ke 5 dari 10 orang bersaudara pasangan seorang ayah K. Kartamihardja (almarhum) dan ibu Hj. Itjih (almarhum). Pendidikan Sekolah Dasar Negeri, Sekolah Menengah Pertama Negeri sampai Sekolah Menengah Atas Negeri (lulus tahun 1970) diselesaikan di Ciamis, Jawa Barat. Pada tahun 1971 melanjutkan pendidikan di Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor di Bogor dan lulus Sarjana Perikanan (Ir) pada tahun 1977. Gelar Master of Science (MSc) diperoleh melalui pendidikan program A (by research) dari Fakulti Perikanan dan Sains Samudra, Universiti Pertanian Malaysia (UPM) di Malaysia pada tahun 1994 dan gelar Doktor (Dr) diperoleh melalui jalur penelitian pada Program Pasca Sarjana, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor di Bogor pada tahun 2007. Sejak 1979-1993, penyusun bekerja sebagai peneliti pada Sub Balai Penelitian Perikanan Darat di Jatiluhur dan pada tahun 1998 -2000 merangkap jabatan struktural sebagai Kepala Balai Penelitian Perikanan Air Tawar, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian. Tahun 2000 sampai dengan sekarang bekerja sebagai Peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, KKP di Jakarta. Jabatan fungsional tertinggi, Ahli Peneliti Utama dicapai pada tahun 2004 dan gelar Professor Riset dalam bidang Pengelolaan Sumberdaya Perikanan dan Lingkungan diperoleh pada tahun 2007. Penyusun telah menghasilkan Karya Tulis Ilmiah tidak kurang dari 170 buah dalam bahasa Indonesia dan Inggris yang dimuat dalam berbagai Jurnal Ilmiah maupun Prosiding baik Dalam maupun Luar Negeri. Buku Tata Kelola Perikanan Berkelanjutan di Waduk Jatiluhur ini merupakan pedoman dan acuan ringkas tentang pengembangan perikanan dan pelestarian lingkungan Waduk Jatiluhur.

Prof. Dr. Krismono, MS. Lahir di Solo, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1955. Pada tahun 1975 melanjutkan pendidikan di Fakultas Biologi, Universitas Gajah Mada di Yogyakarta dan lulus Sarjana Perikanan pada tahun 1981. Gelar Master Sains (MS) diperoleh melalui pendidikan Magister Sains (S2), Bidang Ilmu-ilmu Perairan, Fakultas Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor tahun 1985 dan gelar Doktor (Dr) diperoleh melalui jalur penelitian pada Program Pasca Sarjana, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor di Bogor pada tahun 2007. Pada tahun 2014 Dikukuhkan sebagai Profesor Riset BALITBANG KP, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Saat ini menjadi Anggota Dewan Redaksi Buletin Ilmiah Perikanan “BAWAL” dan Anggota TP2I, BALITBANG KP.

Dr. Didik Wahju Hendro Tjahjo, MS, dilahirkan di Kediri, Jawa Timur 29 September 1958. Gelar S-1 diraih tahun 1984 pada Fakultas Perikanan, IPB. S-2 diraih pada tahun 1993 pada program Pascasarjana, IPB dengan spesialisasi Managemen Sumberdaya Perikanan, dan S- 3 diraih pada tahun 2004 pada Sekolah Pasca Sarjana, IPB dengan spesialisasi Pemulihan Sumberdaya Ikan. Pengalaman kerja sebagai Pemimpin Bagian Proyek Sub Balai Penelitian Perikanan Air Tawar, Jatiluhur selama periode tahun 1986-1991, Kepala Sub Seksi Prgram dan Kerjasama Penelitian di Balai Penelitian Air Tawar, Sukamandi pada periode tahun 1997-2000, Kepala Loka Riset Pemacuan Stok Ikan Jatiluhur pada periode tahun 2003-2009, Kepala Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan, Jatiluhur pada periode tahun 2009- 2011, dan Kepala Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumberdaya Ikan, Jatiluhur pada tahun 2011. Sekarang jabatan fungsionalnya sebagai Peneliti Utama dan ketua kelompok Peneliti Konservasi Sumberdaya Ikan dan Genetika di Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumberdaya Ikan, Jatiluhur. Selama menjadi peneliti sudah banyak meneliti tentang pengelolaam sumberdaya ikan berdasarkan komunitas ikannya, tata ruang pemanfaatan sumberdaya perairan, dan konservasi sumberdaya ikan baik di perairan tawar maupun laut.

Dr. Lismining Pujiyani Astuti,S.P., M.Si, dilahirkan di Sleman, 20 Desember 1974 dan menyelesaikan sekolah tingkat SD hingga SMA di Sleman. Pendidikan sarjana S1 di Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret lulus tahun 1998 kemudian melanjutkan ke jenjang S2 program studi Ilmu Lingkungan Universitas Gadjah Mada lulus 2003. Pada tahun 2004, penyusun diangkat menjadi pegawai negri sipil di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pada tahun 2009, penyusun mendapatkan kesempatan tugas belajar pada jenjang S3 pada program studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan IPB dan lulus tahun 2015. Saat ini penyusun menduduki jabatan sebagai Peneliti Pertama di Balai Penelitian Pemulihan dan konservasi Sumberdaya ikan sejak tahun 2007 dan berhenti sementara selama menjalani tugas belajar. Bidang penelitian yang ditekuni adalah sumberdaya perikanan dan lingkungan dan saat ini tergabung di kelompok penelitian rehabilitasi habitat.

Dr. Amula Nurfiarini, S.P., M.Si dilahirkan di Adipuro-Lampung, 12 April 1975. Gelar Sarjana Pertanian di peroleh dari Universitas Lampung pada jurusan Sosial Ekonomi (1999). Gelar Magister Sains di peroleh dari Institut Pertanian Bogor Program studi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (2003), dan gelar Doktor di peroleh pada tahun 2015 melalui program beasiswa BPSDMKP pada Program Studi dan Universitas yang sama. Penyusun mengawali karir sebagai Asisten Dosen di Fakultas Pertanian Unila untuk mata kuliah Ekonomi Sumberdaya, Pengantar Ilmu Ekonomi, Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Ekonomi Pertanian, dan Evaluasi Proyek periode 1999-2001. Periode 2003-2005 bergabung di perusahaan konsultan Kelautan dan Perikanan PT Sco Prima Inovatindo pada Devisi Bidang Perencanaan Wilayah dan Tata Ruang Pesisir dan Pulau Pulau Kecil. Selanjutnya sejak tahun 2005-sekarang penyusun menjadi staf pegawai di Kementrian Kelautan dan Perikanan sebagai peneliti pada Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumberdaya Ikan. Penyusun menggeluti bidang minat Ekonomi Sumberdaya, Konservasi Ekosistem, dan Pengelolaan Sumberdaya Perikanan berbasis Konservasi.

Andri Warsa, S.Si., MSi., dilahirkan di Yogyakarta, 04 September 1981 dan menyelesaikan sekolah tingkat SD hingga SMA di Palembang. Pendidikan sarjana S1 di Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Sriwijaya lulus tahun 2003 kemudian melanjutkan ke jenjang S2 program studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Institut Pertanian Bogor lulus tahun 2016. Pada tahun 2007, penyusun diangkat menjadi pegawai negri sipil di Kementerian Kelautan dan Perikanan.Saat ini penyusun menduduki jabatan sebagai Peneliti Madya di Balai Penelitian Pemulihan dan konservasi Sumberdaya ikan sejak tahun 2013 dan berhenti sementara selama menjalani tugas belajar. Bidang penelitian yang ditekuni adalah sumberdaya perikanan dan lingkungan dan saat ini tergabung di kelompok penelitian rehabilitasi habitat. Yayuk Sugianti, S.St.Pi, dilahirkan di Sukabumi, 22 Oktober 1981 dan menyelesaikan sekolah tingkat SD hingga SMA di Sukabumi. Menyelesaikan pendidikan D4 di Jurusan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Sekolah Tinggi Perikanan lulus tahun 2003 kemudian melanjutkan ke jenjang S2 program studi Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Bandung lulus tahun 2016. Pada tahun 2003, penyusun diangkat menjadi pegawai negri sipil di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Saat ini penyusun menduduki jabatan sebagai Peneliti Muda di Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumberdaya Ikan sejak tahun 2013. Bidang penelitian yang ditekuni adalah sumberdaya perikanan dan lingkungan dan saat ini tergabung di kelompok penelitian rehabilitasi habitat.

Arip Rahman, S.Pi, lahir di Garut, 11 Oktober 1979. Anak pertama dari dua bersaudara. Tahun 1998 lulus dari Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Garut. Melanjutkan kuliah di Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung pada Jurusan Perikanan program studi Manajemen Sumberdaya Perikanan (MSP). Setelah menyelesaikan kuliah sempat bekerja di beberapa perusahaan swasta sampai diterima menjadi PNS di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2009 sebagai Peneliti. Sebagai Peneliti di KKP, penyusun ditempatkan di Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumberdaya Perikanan (BP2KSI) sebagai unit kerja KKP. Sebagai peneliti, penyusun pernah mengikuti beberapa kegiatan penelitian dan mengikuti beberapa pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Sekarang penyusun masih menjadi Peneliti di BP2KSI dengan pangkat Peneliti Muda dan sebagai Staf Sistem Data dan Informasi Perikanan di BP2KSI.

Andika Luky Setiyo Hendrawan, S.Pi., dilahirkan di Semarang, 23 Maret 1988, menyelesaikan S1 pada jurusan Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Diponegoro. Calon peneliti pada Balai Penelitian Pemulihan Dan Konservasi Sumber Daya Ikan sejak tahun 2014. Tergabung dalam kelompok peneliti rehabilitasi habitat dan terlibat pada penelitian mengenai ekologi perairan.

Hendra Saepulloh, S.Sos., Lahir di Purwakarta tanggal 23 Nopember 1975. Lulus sebagai Sarjana Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah. Saat ini bekerja pada Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumber Daya Ikan Jatiluhur sebagai staf publishing house.

Tap untuk Chat Otomatis