Penulis

Nama Juni Wati Sri Rizki

Keterangan

Juni Wati Sri Rizki Sitompul lahir di Padangsidimpuan, 15 Juni 1978. Meraih Gelar Sarjana Sosial (S. Sos) pada Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatera Utara (USU)-Medan tahun 2002. Pada bulan Maret tahun 2003 mengawali karir sebagai dosen di FISIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) Padangsidimpuan. Bulan Desember tahun 2003 diterima sebagai CPNS dengan Formasi Calon Dosen di STAIN – sekarang IAIN Padangsidimpuan. Tahun 2005 melanjutkan S2 dalam konsentrasi Dakwah dan Komunikasi di SPs UIN Syarif Hidayatullah-Jakarta, dan memperoleh gelar Magister of Art (M.A.) pada tahun 2008. Di tahun yang sama melanjutkan pendidikan S3 pada BKU Ilmu Komunikasi PPs Universitas Padjadjaran (UNPAD)-Bandung, dan memperoleh gelar Doktor pada tahun 2013.
Minatnya yang sangat besar terhadap Ilmu Komunikasi telah melahirkan beberapa kajian yang dimuat dalam beberapa jurnal ilmiah, antara lain: Konflik Antaretnik dalam Perspektif Komunikasi Antarbudaya: Studi Kasus Etnik Nias versus Etnik Batak Mandailing (2009), Dakwah pada Masyarakat Dunia Maya (Cyber Community): Peluang dan Tantangannya (2012), Memahami Wacana Media dengan Pendekatan Analisis Wacana Kritis (2012), Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi melalui Peran Pustakawan (2013), Urgensi Kompetensi Komunikasi Antarbudaya bagi Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan (2014), Peran Media Massa dalam Reaktualisasi Kemajuan Peradaban Islam (2014), Urgensi Human Relation dalam Komunikasi Organisasi (2015), Urgensi Kompetensi Komunikasi Antarpribadi dalam Membina Hubungan Manusiawi (2016) serta tulisan dalam Buletin, Hijrah dalam Komunikasi: dari Hubungan Antarpribadi menuju Hubungan Manusiawi (2016)
Menyampaikan orasi Ilmiah: Menumbuhkan Sikap Kritis di Era Kebebasan Pers dan Industri Media (2014), Alumni PDM sebagai Aset Bangsa untuk Mewujudkan Indonesia yang Maju dan Berdaulat (2016), serta menjadi pemakalah dalam seminar Internasional bertajuk Membangun Riset Berbasis Integrasi Keilmuan (Pekanbaru, 2015). Aktif sebagai narasumber dalam berbagai kegiatan seminar maupun pelatihan di kalangan Mahasiswa.
Kepeduliannya terhadap Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi tempatnya bekerja, mendorongnya menulis artikel: Memaknai FDIK sebagai Budaya Kerja (Waspada, 2015)
Selain mengajar beberapa mata kuliah dalam bidang Ilmu Komunikasi antara lain: Komunikasi Antarbudaya, Etika dan Filsafat Komunikasi, Media, budaya dan Masyarakat, Komunikasi Organisasi serta Metodologi Penelitian Komunikasi, juga aktif menulis berbagai puisi di Media Sosial. Saat ini, beberapa kumpulan puisinya sedang dalam proses penerbitan.

Tap untuk Chat Otomatis