Penulis

Nama Jafar Lantowa, Nila Mega Marahayu, Muh. Khairussibyan

Keterangan

*Jafar Lantowa, S.Pd., M.A.
Lahir di Limboto, 8 April 1988. Berprofesi sebagai Dosen Tetap di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pendidikan S1 ditempuh selama 3.5 tahun dan lulusan terbaik pada Tahun 2011 dengan predikat cumlaude IPK 3.76 di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FSB UNG, kemudian langsung melanjutkan studi S2 Ilmu Sastra FIB UGM yang ditempuh selama 2 tahun dan lulusan terbaik pada tahun 2013 dengan predikat cumlaude IPK 3.90. Selama studi memperoleh beasiswa S1 dan S2, baik Beswan Djarum, PPA, dan Beasiswa Unggulan Dikti. Pada bulan April 2015 terangkat sebagai Dosen Tetap PNS di FSB UNG. Selain itu, sejak tahun 2015. Ia juga menjadi Dosen Tamu MKDU Bahasa Indonesia di beberapa kampus yang ada di Gorontalo yakni di Fakultas Kesehatan UMG, di Jurusan Kebidanan Poltekkes Gorontalo, di Jurusan Kebidanan Stikes Baktara Gorontalo, dan di Jurusan Gizi dan Analis Kesehatan di Bina Mandiri Gorontalo.
Karya ilmiah yang telah ditulis dan dipublikasikan sesuai dengan bidang keilmuannya tentang kesusastraan yakni “Kepribadian Tokoh Zahrana dalam Novel Takbir Cinta Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy:Kajian Psikologi Sastra” (Skripsi 2011, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya FSB UNG Volume 3 Nomor 1-Mei 2013), “Signifikansi Puisi Mikraj Karya Bahrum Rangkuti: Kajian Semiotika Riffaterre” (Tesis 2013), “Pembacaan Semiotika: Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pembelajaran Apresiasi Puisi dalam Kurikulum 2013” (Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya FSB UNG, Volume 4 Nomor 1-Mei 2014), “Sastra Transendental sebagai Sarana Pembentukan Mental dan Kepribadian Bangsa” (Prosiding PIBSI XXXVII 2015 Yogyakarta), “Semiotika dan Penerapannya” (merupakan bagian dari isi buku ini khusunya Semiotika Riffaterre dan penerapannya dalam “Mikraj” dengan menambahkan isi berdasarkan hasil penelitian yang sebelumnya telah dimuat dalam Prosiding Sisba, Sastra Kita: Kini, Dulu, dan Nanti, Tahun 2015 Bandung), “Representasi Budaya dalam Puisi “Di Benteng Orange” Karya Zawawi Imron: Kajian Antropologi Sastra” (Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, FSB UNG, Volume 5 Nomor 2-Mei, 2016), “Sistem Kekerabatan dan Kepercayaan Masyarakat Bugis dalam Novel Lontara Rindu Karya S. Gegge Mappangewa: Kajian Antropologi Sastra” (Seminar Internasional di Hotel Cempaka Jakarta Pusat), “Identitas Hybrid Tokoh Lintang dalam Novel Pulang Karya Leila S. Chudori: Kajian Poscolonial” (Penelitian Mandiri UNG tahun 2017), “Warna Lokal dalam Sastra Indonesia Mutakhir: Kajian Antropologi Sastra” (Penelitian Dana PNBP UNG Tahun 2017, sementara berjalan). Selain karya ilmiah, penulis juga pernah menulis karya sastra dan dipublikasikan melalui media cetak yakni cerpen “Izinkan Anakmu Menikah” dimuat dalam Kolom Harian Bulletin PGRI Gorontalo dan “Manusia Buaya” dimuat dalam buku Antologi Cerpen FLP tahun 2011.

**Nila Mega Marahayu, S.S., M.A.
Lahir di Temangung, 2 April 1988. Berprofesi sebagai Dosen di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Jawa Tengah. Pendidikan S1 ditempuh selama 3.7 tahun dan lulusan Tahun 2011 dengan predikat cumlaude IPK 3.51 di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FIB Unsoed, kemudian langsung melanjutkan studi S2 Ilmu Sastra FIB UGM. Sejak tahun 2014, ia mengabdikan diri mengajar sebagai dosen di Jurusan Sastra Indonesia FIB Unsoed. Selama studi S1, ia pernah mendapat beasiswa PPA dan aktif mengikuti kegiatan kesusastraan, baik baca sastra, teater, dan musikalisasi puisi.
Karya ilmiah yang telah ditulis dan dipublikasikan sesuai bidang keilmuannya tentang kesusastraan yakni “Kritik Sosial dalam Kumpulan Puisi “Malu Aku Jadi Orang Indonesia” Karya Taufik Ismail (Skripsi, 2011), Cerpen Gerobak Karya Seno Gumira Ajidarma: Kajian Semiotika Roland Barthes (Tesis, 2014), “Oposisi Cinta dalam Puisi Malu Aku Jadi Orang Indonesia Karya Taufik Ismail dan New York I Love You Karya Toeti Heraty (Psikoanalisis Lacan) (Prosiding PIBSI 2014 di Yogyakarta), “Wangsa Raja Bima Dalam Mitos-Mitos pada Ceritera Asal Bangsa Jin Dan Segala Dewa-Dewa (Perspektif Strukturalisme Levi Strauss)” (Prosiding PIBSI 2015 di Yogyakarta), “Cerpen Rusmi Ingin Pulang Karya Ahmad Tohari: Kajian Kritik Sastra Feminis (Prosiding PIBSI 2016 di Solo), “Sastra atau Realitas dalam Kasus Saut Situmorang (Terkait Perlawanan Terhadap Buku 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh)”(dalam Juguran Budaya, Laboratorium Sasdaya, FIB Unsoed 2015). Selain karya ilmiah, ia juga pernah menulis karya sastra dan telah dipublikasikan yakni Buku antologi puisi bersama Sanggar Lincak UGM berjudul “Pada Sebuah Kamar” pengantar Rachmat Djoko Pradopo, 2014 dan Buku antologi cerpen dalam lomba menulis cerpen “Hujan, Kopi, dan Cinta” dalam IA Purwokerto, 2016.

*** Muh. Khairussibyan, S.Pd., M.A.
Lahir di Lombok Timur, 12 Februari 1988. Berprofesi sebagai Dosen Tetap di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat. Ia menempuh studi S1 tepat 4 tahun, jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di FKIP Universitas Mataram dan lulus tahun 2011, kemudian melanjutkan studi S2 Ilmu Sastra di FIB UGM, Setelah itu, Tahun 2015 terangkat menjadi dosen PNS di Universitas Mataram NTB.
Karya ilmiah yang telah ditulis dan dipublikasikan adalah “Peradilan Nurani: Kajian Semiotika Ricoer atas Naskah Drama Mahkamah Karya Asrul Sani” (Skripsi), “Tradisi Baru: Kajian Semiotika Lotman dan Dekonstruksi Novel Putri Karya Putu WIjaya” (Tesis).
Semasa mahasiswa aktif menjadi pengurus dan Ketua Teater Putih FKIP Universitas Mataram dan Mewakili NTB dalam Peskiminas 2008 di Jambi. Ketekunannya terhadap sastra terlihat melalui penelitian dan aktivitasnya dalam dunia kesusastraan.

Tap untuk Chat Otomatis