Penulis

Nama Hermien Nugraheni, Tri Wiji Lestari dan Sukini

Keterangan

Hermien Nugraheni, SKM, M.Kes dilahirkan di Semarang pada tanggal 30 Agustus 1969. Adalah Dosen pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang yang sedang menempuh studi S3 pada Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang. Menempuh pendidikan S1 dan S2 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.
Saat ini penulis adalah Dosen dan mengemban tugas tambahan sebagai Sekretaris Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang. Di samping itu, tugas tambahan lainnya adalah sebagai Koordinator Sistem Dokumen pada Unit Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Semarang. Buku yang pernah diterbitkan oleh penulis adalah Perilaku Kesehatan (2017), dan Filsafat Ilmu : Pengantar Kesehatan Masyarakat (2017).
Istri dari Widhia Arie Prajoga Wijata, M.M, dan memiliki 3 orang anak, adalah koordinator sekaligus pengampu pada mata kuliah: Pendidikan dan Budaya Antikorupsi, Dasar Perilaku Kesehatan, Sosiobudaya Dasar, Sosiologi Kesehatan, Antropologi Kesehatan, serta Ilmu Kesehatan Masyarakat. Besar harapan penulis, buku ini bermanfaat sebagai referensi bagi mahasiswa di Indonesia pada umumnya, sebagai bekal sebelum berkarya di tengah masyarakat.
Beberapa pengalaman sebagai speaker pada pertemuan Internasional adalah: “Comparing an Interactive Software and Flipchart Media toward Dental Health Knowledge Among Elementary School Students in Semarang” pada International Conference of Public Health for Tropical and Coastal Development (ICOPH-TCD 2016) di Semarang pada Oktober 2016 dan “Factors Affecting the Occurance Caries Dental on Elementary School Student in SDN Padangsari II Banyumanik Semarang” pada Internasional Conference of Applied Science and Health (ICASH-2017) di Institute for Population and Social Research Mahidol University, Salaya, Thailand, pada Februari 2017.

Tri Wiji Lestari, S.ST, M.Kes dilahirkan di Surakarta pada tanggal 27 Juli 1968 adalah dosen pada Poltekkes Semarang di Jurusan Keperawatan, sebagai koordinator pada Mata Kuliah Pendidikan Antikorupsi di beberapa jurusan di Poltekkes Kemenkes Semarang juga aktif dalam mengajar pada mata kuliah Keperawatan. Buku yang pernah diterbitkan penulis adalah Kesehatan Reproduksi berbasis Kompetensi (2013).
Istri dari Sukamto,S.KM, M.Kes ini memiliki 3 orang anak,dan sehari-hari aktif mengajar di Poltekkes Kemenkes Semarang juga mengemban tugas tambahan sebagai Sekretaris Satuan Pengendali Internal (SPI) serta Ketua Unit Pengendali Gratifikasi di Poltekkes Kemenkes Semarang.
Pengalaman sebagai pembicara pada pertemuan seminar nasional adalah: Meningkatkan Kesejahteraan Ibu dan Anak Sejak Dini dalam Mewujudkan Keberlanjutan (sustainability) Program MDGs (2014), Peningkatan Kualitas Hidup Penderita Kanker Anak dengan Pengembangan Family Center Care (2015), Pengembangan Booklet Ibu Hamil dan Efektifitasnya dalam Peningkatan Pengetahuan dan Sikap ( 2016) dll.

Sukini, S.ST, M.HKes dilahirkan di Sukoharjo pada tanggal 08 Juli 1967. Merupakan Dosen pada Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Menyelesaikan pendidikan vokasinya Diploma III dan Diploma IV di Politeknik Kesehatan Semarang, dan S2 Magister Hukum Kesehatan di Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
Alamat rumah di Temanggung, bersuamikan Drs. Kadaryono dan memiliki 2 orang putra.
Clinic Instructure untuk mata kuliah : Konsep Dasar Pelayanan Asuhan Keperawatan Gigi, Konservasi, Preventif Dentistry, Kewirausahaan, Dasar Perilaku Kesehatan, Pelayanan Asuhan Keperawatan Gigi Individu dan Komunitas, Kebutuhan Dasar Manusia, Pendidikan Pengenalan Alat Kedoktern Gigi, dan Pendidikan Budaya Antikorupsi.
Menjalankan tugas tambahan pula sebagai Pengelola Barang Milik Negara (BMN) di Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang
Aktif di kegiatan kemasyarakatan dan pendidikan luar sekolah seperti Kelas Inspirasi dan Kelas Motivasi, sebagai sumbangsih terhadap peningkatan pendidikan Indonesia. Dan pembina Posdaya Jurusan Keperawatan Gigi. Motto: Aku harus bisa menjadi pelayan tanpa merasa diperbudak, karena sesungguhnya hidupku adalah karya nyata.

Tap untuk Chat Otomatis