Penulis

Nama Hariman Dahrif dan Subandriyo

Keterangan

Hariman Dahrif, lahir di Lahontohe (Muna/Sultra) 19 Mei 1072, dari pasangan orang tua yang religius dan taat adat istiadat, La Ade (alm) dan Wa Salebatu. Anak ke-4 dari 7 bersaudara ini mengenyam pendidikan SD di tempat mengajar Ayahnya di Oelongko 1985, kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Pertama di Wasolangka Tahun 1988. Setelah itu hijrah di kotaRaha 1991 untuk menyelesaikan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Raha. Pendidikan S1-nya diselesaikan di kota Nyiur Melambai, Manado-Sulawesi Utara, tahun 1996, kemudian melanjutkan S2 di Kota Gudeg, Yogyakarta mengambil konsentrasi Perencanaan Kota dan Daerah, lulus tahun 2003. Pada tahun 2014 menyelesaikan S3 di Universitas Cenderawasih Papua di bidang Ilmu Ekonomi. Pekerjaan pokoknya selain sebagai PNS di Instansi Pemerintah Provinsi Papua, sebagai Kasubid Program dan Perencanaan di Badan Pengelola SDM Papua (2009-2013) dan Badan Percepatan pembangunan Kawasan Papua 2014 – sekarang juga sebagai dosen di Universitas YAPIS Papua dan IISIP Biak dan staf Peneliti di Bappeda Provinsi Papua. Pernah menjabat Wakil Direktur di Akademi Perikanan Kamasan Biak dan bertugas di KAPET Biak sebagai Kepala Bidang Perencana dan Tata Ruang (merangkap Direktur). Di organisasi masyarakat pernah menjabat Ketua ICMI Orda Biak, Imam Masjid Pemda Biak, Sekum LPTQ Kab. Biak Numfor, Pengurus ICMI Orwil dan MUI Provinsi Papua. Ia juga kolumnis/kritikus di harian lokal di Papua, selain menulis jurnal. Beberapa karya tulisnya pernah mendapatkan penghargaan nasional yaitu: Relevansi Sosial capital dalam Perencanaan Pembangunan di Indonesia yang diselenggarakan ASPI Tahun 2001 di Yogyakarta, penghargaan Internasional makalah berjudul Perbandingan pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua dan Papua Barat diselenggarakan oleh AGBA di Bangkok Thailand tahun 2013, dan berbagai penghargaan di tingkat lokal. Adapun jurnal-jurnal yang telah ditulisnya, antara lain: Membandingkan Konsep Pengelolaan SDM Kini dan Masa lalu, Kondisi dan Strategi Pengembangan Kompetensi Aparatur di Provinsi Papua diterbitkan Jurnal Inovasi Bappeda Provinsi Papua. Menyusul lagi Respons Masyarakat Adat dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Lokal di Kab. Biak Numfor dan Relevansi Pranata lokal (Rumsram, Ritus Kbor dan Manibobi) dalam Pembangunan Papua dewasa ini. Penulis kini tinggal di Aryoko-Jayapura, email : [email protected] Papuanomics Spirit Dahsyat yang Terhempaskan ini merupakan buku kedua, setelah buku pertamanya Kondisi dan Strategi Peningkatan Kapasitas PNS Provinsi Papua. Dalam waktu dekat akan hadir lagi buku ketiganya “Rambutku lurus, kulitku putih Tapi hati dan Pikiranku keriting” merupakan kumpulan tulisannya yang dipublikasikan di beberapa surat kabar.

Dr. SUBANDRIYO, SE., M.Si lahir di Gondang, Kabupaten Sragen Propinsi Jawa Tengah tanggal 04 Juli 1964 dan merupakan anak ke 12 dari 15 bersaudara dari orang tua tercinta Bapak Sahiman Somomihardjo (Almarhum) dan Ibu Suratmi (Almarhumah).
Tahun 1975, penulis menamatkan Sekolah Dasar Negeri 3 di Gondang Kabupaten Sragen. Pada tahun 1978 menyelesaikan Sekolah Menengah Pertama di Gondang Kabupaten Sragen dan pada tahun 1982 menyelesaikan SMA Muhammadiyah I di Surakarta. Pendidikan sarjana diselesaikan pada tahun 2002 di Fakultas Ekonomi Universitas Cenderawasih. Pada tahun 2003, penulis mendapatkan kesempatan belajar di Magister Keuangan Daerah Universitas Hasanuddin dan selesai pada tahun 2005. Pada tahun 2012, penulis mendapat izin belajar di Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih Jayapura, Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi lulus S3 tahun 2014.
Pengalaman kerja penulis sebagai berikut:
– 1985, Pegawai Negeri Sipil di Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Maluku,
– 1987, dimutasikan ke Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Irian Jaya dan Maluku
– 2008, Ka. Sub Bidang Ekonomi pada Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Jayapura
– 2009, Ka. Sub Bidang Pengendalian dan Pelaporan Bappeda Kab.Jayapura
– 2011, Kepala Bidang Pengendalian dan Pelaporan Bappeda Kab.Jayapura
– 2013, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Aparatur pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Jayapura
– Sekarang, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Aparatur pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Jayapura.
Lain-lain :
Penulisan jurnal :
1) Implementasi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura tentang GWTK (2013),
2) Pengaruh Program Respek di Kampung Hobong Distrik Sentani Kabupaten Jayapura (2013),
3) Implementasi Kebijakan Pemerintah tentang GWTK di Distrik Namblong (2014),
4) Pengaruh Program GWTK terhadap Pendapatan Petani Kakao di Kabupaten Jayapura (2014),
5) Pengaruh Kebijakan Pemerintah terhadap Pendapatan Petani Kakao di Kabupaten Jayapura (2015).
Buku yang telah ditulis adalah:
1. Apel Pagi Cermin Kedisiplinan Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura (2013),
2. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Musrenbang Distrik dan Kampung (2013),
3. Strategi Perencanaan Pembangunan Distrik dan Kampung/kelurahan di Kabupaten Jayapura (2014),
4. Kajian Kinerja Kampung Membangun Era Masyarakat di Kabupaten Jayapura. (2014),
5. Peran Ondoafi Yang Terapit Di Antara Negara Modern, Agama Baru Dan Ekonomi Liberal (2014)
6. Kajian Kinerja Keuangan Kampung Membangun Era Masyarakat dan Pengawasan Keuangannya di Kabupaten Jayapura (2014)
7. Demografi Etnis Papua Berbasis Marga Wilayah Sentani (2014)
8. Pencapaian MDGs Bidang Pendidikan Kabupaten Jayapura (2015)
9. Pengaruh Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendapatan Petani Kakao di Kabupaten Jayapura (2015)
10. Penelusuran Jati Diri Masyarakat Kabupaten Jayapura (2015)
Pada Tahun 1989 menikah dengan Wilmince A. Sahusilawane, SE lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Cenderawasih, dikarunia 5 putri: Vicky MW, drh. Viska MW alumni FK. Universitas Brawijaya, Vinni MW sedang menempuh Pendidikan Dokter di FK. Universitas Cenderawasih, Virza MW sedang menempuh pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Al Muttaqin Jayapura, dan Viani Callysta Al-Umaroh, sementara masih belajar pada Madrasah Ya-Bunayya.
Kontak : [email protected]

Tap untuk Chat Otomatis