Penulis

Nama Hariawan Bihamding

Keterangan

Dr. Drs. Hariawan Bihamding, MT., merupakan bungsu dari lima bersaudara, anak dari ayah yang bernama H. Bihamding, dan ibu bernama Hj. Siti Wahna, lahir di Sengkang (Sulsel) tanggal 14 Mei 1974. Jenjang pendidikan dimulai dari SDN 5 Sengkang (tamat 1986), SMPN 1 Sengkang (1989), SMAN 5 Ujung Pandang (Makassar) selesai tahun 1992. Lalu melanjutkan kuliah D3 di STPDN (IPDN) Jatinangor (1995), kemudian menyelesaikan S1 di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta (2000), selanjutnya mengambil S2 dengan beasiswa dari proyek CBUIM Kimpraswil di Institut Teknologi 10 Nop (ITS) Surabaya dengan program Magister Manajemen Pembangunan Kota, selesai tahun 2002. Terakhir merampungkan program doktoral (S3) di FISIP Unpad Bandung konsentrasi Ilmu Pemerintahan pada tahun 2013.
Awal karier sebagai PNS dimulai dari Pj. Kasubsi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sie PMD di Kec. Ajangale Kab. Bone dari tahun 1996 – 1998, lalu pindah tugas ke Pemkot Makassar dengan diamanahkan sebagai Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Rappocini 2003-2006 dan Sekcam Tamalate 2006-2010. Selama menempuh kuliah S3 menyempatkan mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN) Kebagusan Jakarta dan sekarang ini pernah/aktif menulis di Jurnal Pamong Praja, Jurnal Widyaiswara Indonesia, majalah Intisari, majalah Media Diklat, majalah PSDM, Jurnal Pamong Leader, dan Indonesian Journal Dialectics IJAD – Unpad Press serta beberapa modul tentang pemerintahan, penyusunan Perda, pembangunan desa, dan lain sebagainya. Buku yang pernah dibuat/diterbitkan berjudul “Fenomena Perilaku Koruptif” dan “Perilaku Koruptif dalam Penyelenggaraan Pemerintahan”. Segera menyusul akan diterbitkan pula buku berjudul “Perencanaan Pembangunan Partisipatif Desa”, “Pengantar Studi Kependudukan” dan “Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa”.
Saat ini penulis mendapat amanah dalam jabatan fungsional sebagai Widyaiswara Ahli Madya di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri di Kalibata – Jakarta. Aktif dalam organisasi profesi seperti di Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Pusat sebagai Sekretaris II, diberi amanah sebagai Koordinator Divisi Manajemen Pembangunan Kependudukan dan Keuangan Daerah dalam IWI Kemendagri, dan sebagai anggota Dewan Redaksi Jurnal Widyaiswara Indonesia : Science and Technology, serta dipercaya sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Pengembangan Sumber Daya Manusia – BPSDM.
Finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI-TVRI tingkat nasional bidang teknologi tahun 1991 ini, juga pernah mendapatkan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya X Tahun dari Presiden RI tahun 2008, Satya Lancana Karya Satya XX Tahun dari Presiden RI tahun 2016 dan Penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar sebagai Penyumbang Darah lebih 10 dan 25 kali serta dari PMI DKI Jakarta untuk lebih 50 kali. Mantan Juara II Lomba Pemilihan Dara Daeng Pariwisata Tingkat Prop. Sulsel tahun 1997 ini, dalam melakoni hidup didampingi istri tercinta Dra. Dwi Budi Wahyuningsih, MT dengan dikarunia 5 putra; Damarfajrin Prakasa Hariawan, Rayhan Shah Alam Hariawan, Fahryansyah Tri Putera Hariawan, Danish Danendra Hariawan, dan Rifqi Aryasatya Hariawan. Email penulis: [email protected] yahoo.com.

Tap untuk Chat Otomatis