Penulis

Nama Endik Deni Nugroho dan Dwi Anggorowati Rahayu

Keterangan

Endik Deni Nugroho, S.Pd., M.Pd adalah Dosen di Jurusan Biologi, Universitas Borneo Tarakan. Pendekatan Biologi molekuler telah ditekuni hampir 4 tahun untuk membantu penyelesaian upaya konservasi dan pengungkapan biodiversitas ikan lokal Indonesia, terutama ikan lokal Tarakan, Kalimantan Utara sebagai pengembangan sumber belajar berbasis pendidikan potensi lokal. Fokus objek penelitian yang sedang ditekuni adalah konservasi ikan Tor (Famili: Cyprinidae) Lokal Indonesia, ikan laut lokal (ikan Nomei) Tarakan, Kalimantan Utara, dan ikan Mudskipper khas ditemukan di Pesisir, Tarakan, Kalimantan Utara, serta upaya pemetaan genetik & morfologi serta penggelompokkan ikan air tawar maupun laut lokal Indonesia. Dimana hasil penelitian sebagai pengembangan sumber belajar peserta didik agar lebih mengenal keanekaragaman potensi lokal Indonesia. Selain itu dalam penelitian pendidikan lebih pada penelitian bahan ajar berbasis potensi lokal wilayah Kalimantan Utara serta evaluasi proses pembelajaran.

Dwi Anggorowati, S.Si., M.Si adalah seorang peneliti. Pendekatan Biologi molekuler telah ditekuni hampir 8 tahun untuk membantu penyelesaian upaya konservasi dan pengungkapan biodiversitas ikan lokal Indonesia. Penulis terinspirasi menggunakan marka molekuler spesific species dan DNA Barcode setelah mengikuti Seminar Internasional Biologi (Association of Tropical Biology and Conservation) di Bali pada tahun 2010. Manfaat pengunaan marka molekuler tersebut secara spesifik, cepat, dan tepat membantu mengungkapkan spesies lokal Indonesia yang belum terdeskripsikan.
Fokus objek penelitian yang sedang ditekuni adalah konservasi ikan Tor (Famili: Cyprinidae) Lokal Indonesia, ikan anggota Famili Poeciliidae, ikan laut lokal (ikan Nomei) Tarakan, Kalimantan Utara, dan ikan Mudskipper khas ditemukan di Pesisir, Tarakan, Kalimantan Utara, serta upaya pemetaan genetik dan penggelompokkan ikan air tawar maupun laut lokal Indonesia. Penulis juga telah mendapatkan kesempatan mengikuti training 1 minggu bersama tim Jerman (Indonesian-Jerman Networking) pada acara Student Course of Module III on Plant Population Genetic by Nuclear Microsatellite Analysis di Universitas Brawijaya

Tap untuk Chat Otomatis