Penulis

Nama Eko Winarno

Keterangan

Eko Winarno selaku penulis dilahirkan di Sukoharjo pada tanggal 24 Maret 1983. Dia anak pertama dari 2 bersaudara, putra dari keluarga Triman Adhi Sucipto (alm). Penulis menyelesaikan Sekolah Dasar Negeri 2 Jaten, Karanganyar lulus tahun 1995. Kemudian, melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri I Jaten, lulus tahun 1998. Pada tahun yang sama melanjutkan pendidikan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Katolik St. Mikael Surakarta dan lulus tahun 2001. Selepas SMK kemudian mengikuti Pelatihan Basic Mekanik selama 9 bulan di ATMI Surakarta, dari tanggal 01 Oktober 2001 sampai dengan 31 Juli 2002.
Terhitung Mulai Tanggal 1 Agustus 2002 ada lowongan pekerjaan di ATMI, maka penulis membuat lamaran dan dinyatakan diterima sebagai karyawan harian percobaan di ATMI pada waktu dan saat yang sama. Penulis OJT (On Job Training) selama 3 bulan dan ditugaskan di SMK Katolik St. Mikael dan berakhir pada 1 November 2002 dan sejak saat itulah penulis menjadi asisten instruktor atau sebagai guru honorer di SMK Mikael. Pada tanggal 1 Januari 2005, penulis diangkat sebagai Guru Tetap Yayasan (GTY) yang ditugaskan di SMK Mikael.
Pada tahun 2003 penulis melanjutkan studi S1 mengambil jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) di Universitas Veteran Bangun Nusantara (UNIVET BANTARA) Sukoharjo. Meskipun di SMK Mikael sebagai guru Paket Keahlian Teknik Pemesinan dan jurusan / disiplin ilmu pada saat kuliah tidak linier yaitu PPB, namun dilihat dari sisi kebermanfaatan masih ada karena yang dihadapi pada saat  KBM adalah siswa atau peserta didik. Selain sebagai Guru Tetap Yayasan, penulis juga ditunjuk sebagai asesor kompetensi pada bidang Logam Mesin Industri sampai sekarang.
Salah satu pengalaman yang menarik dan sebagai usaha untuk mengembangkan diri. Penulis pernah ditugaskan dari sekolah ke Negara Filipina tepatnya di ERDA Tech, Manila, selama 2 minggu dari tanggal 15 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2011. Penugasan sebagai guru yang mengajar Teknik Menggunakan Perkakas Tangan dan Teknik Menggunakan Alat Ukur, setingkat SMK.

Tap untuk Chat Otomatis