Penulis

Nama Deddy Kurniawan Halim, Ph.D.

Keterangan

Deddy Kurniawan HALIM, atau sering juga disebut DK Halim lahir di Jakarta tahun 1970 dari pasangan Andreas Setiawan Halim dan Lina Kristiani Gumulja. Menyelesaikan program studi S-1 Arsitektur di Universitas Tarumanagara (UNTAR) Jakarta sebagai lulusan terbaik tahun 1993 dan mendapatkan beasiswa selama menempuh studi, S-2 ekonomi manajemen, dan tahun 1997 melajutkan studi doktoral dan meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dalam bidang psikologi dari De La Salle University dengan predikat Distinction.

Sejak tahun 1993 menjadi dosen di Fakultas Teknik serta Fakultas Psikologi UNTAR dan mengajar mata kuliah Psikologi Arsitektur karena minatnya terhadap studi mengenai lingkungan binaan dan prilaku manusia dan tahun 2004 menjabat Sekretaris Jurusan Perencanaan Wilayah & Kota UNTAR. Pada tahun 2008 menjadi dosen tetap di Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan (UPH), serta mengajar mata kuliah Psikologi Lingkungan & Arsitektur, Ergonomi, Metode Kuantitatif, dan Psikologi Sosial dengan penekanan pada Psikologi Perkotaan, dan tahun 2009 menjadi Ketua Jurusan Psikologi. Pada tahun 2010 menyelesaikan studi pasca-doktoralnya di bidang Psikologi Hijau/Lingkungan di Universite de Strasbourg , Prancis dengan dana hibah dari Pemerintah Prancis melalui FMSH – Paris (Fondation Masion des Sciences de l’homme) & CNRS (Centre National de la Recherche Scientifique). Sejak tahun 2013 mengajar dan membimbing tugas akhir mahasiswa baik di Fakulltas Psikologi, Universitas Pancasila maupun di program Doktoral (S-3) Kependudukan dan Lingkungan Hidup di Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Terpilih menjadi UNESCO Young Planner 2005 dalam 41st World Congress 2005 di Bilbao, Spanyol yang diselenggarakan oleh ISoCaRP (International Society of City & Regional Planners), badan konsultatif PBB yang bermarkas di the Hague, Belanda dan mendapatkan penghargaan International CARFAX Award 2005 untuk karya POSTER-nya. Menjadi anggota American Psychological Association (APA) dengan peminatan pada bidang studi Population & Environmental Psychology (divisi 34) dan anggota International Association of People-Environmet Studies (IAPS) yang bernarkas di Inggris.

Karya lainnya berjudul “PSIKOLOGI ARSITEKTUR: Pengantar Kajian Lintas Disiplin” (2005) dan “PSIKOLOGI LINGKUNGAN PERKOTAAN” (2008) yang keduanya dipilih sebagai Buku Ajar (Text-Book) oleh Direktorat Pendidikan Tinggi – Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia dan menjadi salah satu kontributor untuk INTERNATIONAL MANUAL for PLANNING PROFESSION, buku pegangan bagi para perencana kota di seluruh dunia yang diterbitkan oleh ISoCaRP pada 44st World Congress 2005 di Dalian, Cina. Tahun 2011 hasil penelitian pasca doktoralnya dengan judul “Human Perception on Green Psychology in Public SpaceS: A Comparative Studies between French & Indonesians living in the Cities” diterbitkan di Jerman.

Tap untuk Chat Otomatis