Penulis

Nama Bernatal Saragih, dkk

Keterangan

Riwayat Penulis

Prof. Dr. Bernatal Saragih, S.P., M.Si, dilahirkan di Hutatinggir, Simalungun pada tanggal 3 Januari 1972, Penulismenikah bulan pebruari tahun 2000 dengan Nani Lewidina Purba, SE dan dikaruniai seorang putra bernama Frederic Morado Saragih.
Penulis tertarik mendalami bidang ilmu gizi dan pangan sejak menempuh pendidikan sarjana pada Fakultas Pertanian Jurusan Teknologi Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas Medan dan lulus pada tahun 1994.Pada tahun 2001 penulis lulus Magister Sains (S2) dari program studi Ilmu Pangan, Sekolah Pascasarjana IPB Bogor. Kemudian pada tahun 2004 melanjutkan studi program doktor di program Ilmu Gizi Masyarakat (GMK) Sekolah Pascasarjana IPB. Pada tahun 2007 memperoleh gelar Doktor bidang Ilmu Gizi Masyarakat. Pada tanggal 1 juli 2014 memperoleh jabatan fungsional profesor bidang ilmu gizi dan pangan.
Penulis bekerja sebagai dosen di Program StudiTeknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman sejak tahun 1997-sekarang. Pada tahun 2003-2004 sebagai sekretaris Program Studi Agronomi dan pada tahun 2004-2005 sebagai Kepala Laboratorium Mikrobiologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Pada tahun 2008-2013 sebagai Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Unmul. Pada tahun 2015-2016 kepala Laboratorium Pangolahan dan Pengawasan Mutu Hasil Pertanian. Pada tahun 2016-sekarang sebagai Ketua Konsentrasi Magister (S2) Perencanaan dan Pengembangan Wilayah Pascasarjana Unmul. Wakil dekan I Bidang Akademik Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman 2017.Pada tahun 2010-2013 sebagai ketua cabang Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Kalimantan Timur. Sebagai Ahli Dewan Ketahanan Pangan Kota Samarinda sejak 2008-sekarang. Memperoleh Setya Lencana Karya Satya 10 tahun dari Presiden RI. Sejak tahun 2016-sekarang tim ahli kemanan pangan provinsi Kalimantan Timur.
Pada tahun 2012-sekarang sebagai ketua Ahli Dewan Ketahanan Pangan (DKP) kota Samarinda. Pada tahun 2015 sebagai Ahli Dewan Ketahanan Pangan (DKP) provinsi Kalimantan Timur. Tahun 2015 terpilih sebagai wakil ketua Bidang Teknologi dan Inovasi Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) DPD Kalimantan Timur. Pada tahun 2015 terpilih sebagai ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan Indonesia) DPP Kalimantan Timur.

Dr. Aswita Emmawati, S.TP., M.Si. Lahir di Bengkulu 23 November 1976. Pendidikan sarjana ditempuh pada tahun 1999bidang Teknologi Pangan. Kemudian menempuh pendidikan Master bidang Ilmu Pangan pada tahun 2005 dan pendidikan Doktor bidang Ilmu Pangan pada tahun 2014 di Institut Pertanian Bogor. Saat ini beliau menjadi staff pengajar di jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman sejak tahun 2006.

Dr. Odit Ferry Kurniadinata, SP, M.Si. Lahir di Samarinda 26 Februari 1981. Pendidikan Sarjana ditempuh di Universitas Mulawarman dalam bidang Agronomi. Pendidikan Master dan Doktor ditempuh di Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam bidang Agronomi dan Hortikultura. Pada Tahun 2013 melakukan riset terkait kualitas Buah di Laboratorium Buah-Buahan, South China Agriculture University (SCUT), Guangzhou, China. Sejak Tahun 2005 diangkat menjadi Staf Pengajar di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman dalam bidang Hortikultura (Pomology), dan menjadi Kepala Kebun Pendidikan Teluk Dalam Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman sejak tahun 2016. Beliau memiliki keinginan kuat untuk mengembangkan Teknologi Budidaya dan Produksi komoditi tanaman lokal khususnya tanaman buah lokal endemik di Kalimantan sebagai salah satu kekayaan alam dan Sumber Daya Genetik (SDG) di Indonesia.

MARIYANI, SP. Lahir di Samarinda pada tanggal 01 Agustus 1983. Lulus S1 di Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Tahun 2005. Tahun 2009 sebagai Penyuluh Pertanian Lapangan di Kabupaten Kutai Barat. Tahun 2011 menjabat sebagai Kepala Seksi Ketersediaan, Kerawanan dan Distribusi Pangan pada Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Kutai Barat. Tahun 2016 sampai saat ini menjabat sebagai Kepala Seksi Ketersediaan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Barat.Saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S2 di Program Studi Magister Pertanian Tropika Basah Universitas Mulawarman Samarinda.

HAIRUN NISYAWATI, S.TP. Lahir pada tanggal 02 Juli 1994 di Samarinda, Kalimantan Timur. Pendidikan sarjana ditempuh pada tahun 2012 di Fakultas Pertanian, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Mulawarman Samarinda dan lulus pada tahun 2017. Beliau pernah menjadi pengurus dalam Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman dan Dewan Pertimbangan Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian pada masa kuliah. Saat ini bekerja sebagai staff administrasi di kantor jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

Tap untuk Chat Otomatis