Penulis

Nama Awalludin

Keterangan

Awalludin, M.Pd. dilahirkan di Pusar, Baturaja, Sumatera Selatan, 6 Juni 1980. Dia menikah dengan Ria Nuryana, S.Pd. pada tanggal 17 April 2010 di Baturaja dan saat ini telah dikaruniai dua orang anak laki-laki yang bernama Danish Kautsar Awri dan Fauzan Alfurqon Awri.
Latar belakang pendidikannya adalah MI Yapiri Tanjung Agung, Baturaja (1993), SMP Negeri 5 Baturaja (1996), dan SMK Trisakti Baturaja (1999). Lalu, ia menyelesaikan S-1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, FKIP, Universitas Baturaja (2006), dan menyelesaikan Program S-2 Magister Pendidikan Bahasa, Bidang Kajian Utama Pendidikan Bahasa Indonesia di Pascasarjana Universitas Sriwijaya (Desember 2013) dengan predikat Cumlaude.
Pernah menjadi guru honorer di SD Negeri 5 OKU, SD Negeri 23 OKU, SMP Negeri 32 OKU, SMK Trisakti Baturaja, Maharlyn English Training Center Baturaja, dan Small England Baturaja. Selain itu, pernah menjadi Dosen Luar Biasa di Program Studi Keperawatan Depkes Cabang Baturaja. Saat ini, bekerja sebagai Dosen Tetap di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja (2007—sekarang), sebagai Dosen Luar Biasa di Fakultas Ekonomi, Universitas Baturaja.
Membina mata kuliah: Sintaksis Bahasa Indonesia, Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia, Linguistik Umum, Teori dan Apresiasi Drama, Perencanaan Pementasan Drama, Filsafat Kependidikan, Retorika, dan Pengembangan Keterampilan Menulis di Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, FKIP, Universitas Baturaja, serta mengajar mata kuliah MPK Bahasa Indonesia di Fakultas Ekonomi, Universitas Baturaja.
Karya tulis dan hasil penelitian yang telah dipublikasikan, di antaranya: Kajian Strukturalisme dalam Novel Laila Majnun Karya Nizami (Jurnal Lentera Pendidikan, Juni 2013), Kemampuan Siswa Kelas X SMK Trisakti Baturaja Mengidentifikasi Frasa Adjektival dalam Paragraf Deskriptif (Jurnal Lentera Pendidikan, Februari 2014), Kemampuan Siswa Kelas XI SMK Trisakti Baturaja Memahami Wawancara (Jurnal Lentera Pendidikan, Juni 2014). Selanjutnya, pada tahun 2016 ini, penulis lulus dalam Penelitian Dosen Pemula Simlitabmasdikti dengan judul Pengembangan Modul Menulis Makalah pada Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja (sebagai Ketua Peneliti). Selain itu, karya tulis berbentuk buku yang telah diterbitkan adalah Pengantar Sintaksis Bahasa Indonesia (Indie Book Corner, Yogyakarta, 2014).
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan yang pernah dilakukan, di antaranya: Menguatkan Kembali Penggunaan Bahasa Indonesia selaras dengan Kedudukan dan Fungsinya (Penyuluhan: Desa Karya Jaya, Juli 2013), Kesantunan Pemakaian Bahasa Indonesia sebagai Dasar Pembentuk Karakter Masyarakat (Penyuluhan: Desa Gunung Tiga, Agustus 2013), Menulis Surat Dinas untuk Guru dan Staf SMK Trisakti Baturaja (Pelatihan: SMK Trisakti Baturaja, Oktober 2014), Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (Penyuluhan, di Kecamatan Ulu Danau OKU Selatan, 2016), Pelatihan Menulis Kreatif untuk Guru dan Mahasiswa (Pelatihan: Universitas Baturaja, Desember 2016). Selain itu, penulis pernah menjadi pemakalah tentang Problematika dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Sumatera Selatan di Tanjung Enim, 2016.

Tap untuk Chat Otomatis