Penulis

Nama Ari Trianto Wibowo

Keterangan

Ari Trianto Wibowo, S.Pd. adalah anak ke-3 dari tiga bersaudara, lahir di Pemalang pada 8 Januari 1979. Meskipun tidak lahir dari keluarga musisi namun minatnya terhadap musik telah terlihat sejak kecil. Penulis belajar berbagai alat musik secara otodidak, dan mulai menemukan passion-nya pada instrumen tiup setelah mendengarkan lagu-lagu Kenny G dan Dave Koz yang dia tirukan semirip mungkin dengan menggunakan recorder.
Penulis menempuh pendidikan dari SD hingga SMA di Pemalang. Minatnya yang tinggi terhadap musik membawa penulis pergi ke Yogyakarta untuk belajar flute pada Juli 2000 kepada Drs. Singgih Sanjaya, M.Hum., seorang dosen Flute di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Dia melanjutkan studinya secara formal di Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan instrumen mayor flute di bawah bimbingan Drs. Sritanto, M.Pd. dan Hendrikus Mulyadi, S.Sn., M.Sn. dari tahun 2001 hingga lulus tahun 2006. Selama tinggal di Yogyakarta, penulis mengasah kemampuan musikalnya dengan bermain flute atau piano secara reguler di beberapa hotel, di antaranya Puri Artha, Sheraton, Novotel, Mercure dan Hyatt Regency Yogyakarta. Selain itu, sejak tahun 2001 dia aktif sebagai pemain flute di UNY Orchestra di bawah conductor alm. Drs. Yuana Arifin. Setelah lulus Sarjana Pendidikan Musik dengan predikat Cumlaude pada 2006, dia sempat mengajar mata kuliah PIM Flute di almamaternya, Jurusan Pendidikan Seni Musik UNY selama 2 tahun sebagai Dosen Luar Biasa.
Kemampuan dasar aransemen dia peroleh selama tinggal di Yogyakarta. Penulis belajar aransemen, komposisi dan harmoni secara formal kepada Dra. Heni Kusumawati, M.Pd., Drs. Yuana Arifin, Drs. Swarta Zebua, M.Hum., dan Drs. Agus Untung Yulianto, M.Pd. Beberapa karya aransemennya telah dimainkan oleh UNY Orchestra.
Pada tahun 2009, penulis diterima bekerja sebagai guru PNS di SMK Negeri 8 Surakarta pada Program Keahlian Seni Musik Non Klasik dan mengajar beberapa mata pelajaran produktif musik antara lain PIP Flute, Teori Musik, Solfeggio, Harmoni, Aransemen, Orkestra, Teknologi Musik dan Ansambel/Band. Di tempat kerjanya inilah kemampuan aransemen penulis semakin terasah. Hingga saat ini, penulis telah membuat puluhan karya aransemen lagu-lagu Nasional dan lagu-lagu Daerah yang ditulis khusus untuk Capo Coda Orchestra, sebuah orkestra yang beranggotakan siswa-siswi SMK Negeri 8 Surakarta.
Buku Mahir Avid Sibelius dalam 7 Jam ini adalah buku perdana penulis yang dipublikasikan. Saat ini ia telah berkeluarga dengan satu orang istri dan seorang anak dan bermukim di Surakarta. Jika anda ingin berkorespondensi dengan penulis, anda dapat menghubunginya pada alamat [email protected]

Tap untuk Chat Otomatis