Jurus Jaga Diri untuk Perempuan

Ada kalanya kita berpikir bahwa menjadi perempuan tidaklah mudah. Suatu hari kita sedang berada di pasar dan tiba-tiba mendapat siulan atau lontaran tidak menyenangkan dari laki-laki. Entah karena penampilan kita atau sikap kita. Oleh karena itulah, kita harus selalu menjaga diri di mana pun kita berada, bahkan di rumah sekalipun.

Sudah berpakaian syar’i dengan jilbab terulur pun terkadang masih pula mendapat godaan dari laki-laki tanpa tujuan yang jelas alias iseng. Lantas, bagaimana dengan mereka yang berpakaian ala kadarnya? Sering pula para laki-laki itu melontarkan kata-kata yang senonoh dan sangat mengganggu.

Sebenarnya, jika hanya sekadar siulan atau sapaan tidak jelas, itu masih dapat kita siasati dengan menghindar atau diam dan tetap melanjutkan kegiatan kita. Jangan dipedulikan. Namun jika godaan itu nekat sampai pada kontak fisik, maka hal itu menjadi urusan yang serius. Berikut adalah 3 jurus jaga diri untuk perempuan.

Jaga pandangan

Jaga mata kita dari hal-hal yang tidak sepantasnya kita lihat. Sebagai perempuan yang juga manusia biasa, terkadang kita malah terpesona jika si penggoda itu goodlooking. karena ketampanannya itu, kita jadi rela untuk digoda. Untuk hal ini, mari kita simak firman Allah Swt. berikut.

Katakanlah kepada mukmin perempuan, hendaklah menundukkan pandangan mereka dan menjaga kehormatan mereka…” (QS an-Nuur: 31).

Jaga busana

Gaya berpakaian kita adalah magnet utama bagi para laki-laki penggoda. Karena itu, kita harus selalu menjaga gaya berbusana kita. Dalam Islam, busana perempuan ketika keluar rumah juga diatur secara khusus, yaitu busana yang menutup seluruh aurat, kecuali wajah dan telapak tangan. Allah Swt. berfirman:

Hai, Nabi. Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anakmu, dan istri-istri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untu dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.” (QS al-Ahzab: 59).

Jaga kesabaran

Jangan dipedulikan. Jika godaan itu hanya berupa siulan, sapaan, atau lontaran yang tidak merambah ke fisik, lebih baik jangan dipedulikan. para laki-laki penggoda justru senang jika kita menanggapi mereka, entah itu ekspresi ataupun jawaban. Lagipula, pada umumnya laki-laki penggoda justru akan segan menggoda mereka yang “cuek” alias tidak peduli dan tidak menanggapi godaan mereka.

Baca juga:

 

Sumber: www.islampos.com

oleh Diyah Wuri Handayani

Tap untuk Chat Otomatis