Institusi

Nama Universitas Borneo Tarakan
Penulis

Keterangan

Universitas Borneo Tarakan adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Kampus utama Universitas Borneo, terletak di Jl. Amal Lama No.1 Tarakan. Universitas Borneo didirikan oleh Yayasan Pinekindi pada tanggal 09 Oktober 1999 dan ditetapkan pada tanggal 30 Maret 2000 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Pinekindi Nomor: 011/YP/TRK/III/2000.

Universitas Borneo secara resmi mulai menyelenggarakan proses pendidikan pada tanggal 06 Juni 2001, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 37/D/O/2001. Saat ini Universitas Borneo menyelenggarakan Pendidikan Strata 1 (S-1) yang dilakukan oleh 6 (enam) Fakultas dengan 14 program studi. [Rektor]] Universitas Borneo saat ini adalah Dr. Bambang Widigdo, M.Sc

Universitas Borneo Tarakan diubah statusnya menjadi negeri oleh Peraturan Presiden RI No. 19 yang dituangkan ke dalam Peraturan Presiden RI No. 65 Tahun 2010 Tentang Pendirian Universitas Bangka Belitung, Universitas Borneo Tarakan, dan Universitas Musamus yang ditetapkan di Jakarta pada tangal 19 November 2010.

Visi :

MENJADI PUSAT PENYELENGGARA PENDIDIKAN TINGGI BERBASIS RISET UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN POTENSI KAWASAN PERBATASAN DAN SUMBER DAYA LAUT TROPIS YANG BERKELANJUTAN.

Misi :

1. MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN TINGGI BERSTANDAR NASIONAL MENUJU STANDAR

INTERNASIONAL

2. MENGEMBANGKAN RISET YANG BERMANFAAT BAGI PEMBANGUNAN NASIONAL

3. MENGEMBANGKAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN

IPTEKS UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

4. MENDORONG TERWUJUDNYA KEKUATAN MORAL DALAM PEMBENTUKAN MASYARAKAT MADANI

DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

5. MELAKUKAN KERJASAMA DENGAN BERBAGAI PIHAK BAIK DI TINGKAT NASIONAL MAUPUN

INTERNASIONAL DALAM RANGKA, PENGGALIAN, PENGEMBANGAN, PELESTARIAN DAN

PENYEBARLUASAN ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN/ATAU SENI.

TUJUAN UNIVERSITAS
Membantu pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan penuh rasa tanggung jawab demi masa depan Bangsa dan Negara.

Menyiapkan peserta didik menjadi Sumber Daya Manusia yang siap pakai untuk mengelola sumber daya yang ada, serta menjadikan mereka sebagai anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan Ilmu Pengetahuan,Teknologi, Seni dan Budaya.

Meningkatkan mutu manusia Indonesia sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berwatak, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, kreatif, sehat jasmani dan rohani, cinta tanah air, dan memiliki rasa kesetiakawanan.

Kontak : JALAN AMAL LAMA NO 1, TARAKAN KALIMANTAN UTARA, Telp / Fax: 0811 530 7023 / (0551) 2052558, email: [email protected] website: www.borneo.ac.id