Institusi

Nama SekolahTinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Kisaran Sumatera Utara
Penulis

Keterangan

Royal Courses Centre (RCC) adalah cikal bakal dari Yayasan Pendidikan Royal, berdiri pada tanggal 22 Juni 1995 yang didirikan oleh Anda Putra, SE. beralamat di pusat kota Kisaran, tepatnya di jalan Tuanku Imam Bonjol Nomor 179 Telefon (0623) 42366 Kisaran. Pada awalnya, RCC dengan fasilitas dan perlengkapan yang sederhana membuka kursus komputer, bahasa Inggris, dan akuntansi dengan izin operasional yang dikeluarkan oleh Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Asahan. Seiring dengan perkembangannya maka RCC kemudian memakai izin operasional dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatra Utara, dan pada tahun 1997 RCC menambah fasilitas dan perlengkapannya yaitu dengan menambah komputer sehingga mempunyai dua laboratorium komputer yang masing-masing laboratorium memiliki 25 unit komputer serta menambah ruang untuk teori sebanyak 4 ruangan.

Untuk mendapatkan peserta kursus maka RCC bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Asahan, di antaranya adalah, SMU Muhammadiyah, SMU Negeri 2 Kisaran, SMU Negeri 3 Kisaran, SMK Asahan, SLTP Negeri 1 Kisaran, dan lainnya. Adapun bentuk kerjasama tersebut adalah dengan memberikan biaya kursus yang murah dan pembayarannya per bulan. Sebagai nilai tambah untuk siswa maka materi pendidikan komputer yang ada di RCC sudah menjadi nilai ekstrakurikuler sekolah, maka pada setiap awal bulan RCC memberikan laporan tentang data dan nilai siswa ke sekolah yang bersangkutan.

Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan pendidikan di Kabupaten Asahan, maka Royal Courses Centre (RCC) pada tahun 2006 mengganti komputernya secara seragam yaitu menjadi Pentium IV dan pada akhir tahun 2007 menambah 40 unit komputer dual core multimedia system ditambah 1 buah server dengan menggunakan jaringan Local Area Network (LAN) dan terkoneksi ke internet, sehingga mempunyai tiga buah laboratorium komputer dengan jumlah 41 unit. Dengan penambahan fasilitas tersebut maka banyak sekali peserta kursus yang mengikuti pelatihan/kursus di RCC. Hal ini disebabkan karena RCC merupakan satu-satunya lembaga pendidikan yang memakai fasilitas jaringan komputer, terlebih lagi terkoneksi dengan internet.

Sesuai dengan survei yang kami lakukan di lapangan maka RCC merupakan Lembaga pendidikan yang mempunyai fasilitas terbaik dan terlengkap di Kabupaten Asahan. Dengan memiliki fasilitas terlengkap dan terbaik ini maka jadwal peserta kursus menjadi penuh dari pukul 09.00 sampai 21.00 RCC selalu ramai dengan peserta kursus, karena hal tersebut maka banyak calon peserta kursus yang menunggu jadwal panggilan untuk belajar. Satu hal yang perlu kami tambahkan mengapa RCC penuh dengan peserta kursus karena pada materi komputer penuh dengan praktik, sedangkan teori hanya terdiri dari bagian kecil dan dilaksanakan di laboratorium dengan demikian maka peserta didik menjadi lebih mengerti karena langsung dipraktikkan. Sedangkan untuk ruang teori yang telah disediakan digunakan untuk kursus bahasa Inggris dan Akuntansi.

Dari tahun 1995 sampai Desember 2007 RCC telah meluluskan 1896 orang untuk program komputer, untuk paket operator dan aplikasi perkantoran, Akuntansi 210 orang dan Bahasa Inggris 502 orang. Sejak tahun ajaran 2000 – 2003, untuk kursus Akuntansi dihentikan berhubung peminatnya sangat minim. Berdasarkan data tersebut di atas dapat dilihat bahwa antusias peserta didik untuk bidang komputer sangat tinggi .

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan Royal Courses Centre (RCC) dan rencana mendirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer ROYAL (AMIK Royal) dengan jenjang pendidikan Program Diploma III (D3) maupun yang lebih tinggi, maka kami membentuk Yayasan Pendidikan Royal dengan Akta No.31 tanggal 26 Maret 2003 melalui Notaris H. Suryaman Tarigan, S.H., di Kisaran. Kemudian pada 15 Juli 2007 dilakukan perubahan akta Yayasan Pendidikan Royal dengan Akta No. 06 melalui Notaris Pagit Maria Tarigan, S.H. di Medan. Adapun perubahan susunan kepengurusan yayasan sebagai berikut:

Pembina : Anda Putra Lubis, S.E.
Pengurus:
Ketua : Hj. Halimatussa’diah Panggabean
Sekretaris : Sudarmin
Bendahara : Wan Mariatul Kifti, S.E.
Pengawas : Layla Nasution.

Tahun 2003 atas izin Mendiknas dengan No. Keputusan 133/D/0/2003, AMIK Royal mulai menyelenggarakan program studi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer. Pada tahun 2005, 2007, dan 2009 mendapatkan perpanjangan izin penyelengaraan. Pada 2007 AMIK Royal mendapat akreditasi dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dengan:

1. Nomor: 011/BAN-PT/Ak-VII/Dpl-III/IX/ 2007 untuk Program Studi Manajemen Informatika,

2. Nomor: 005/BAN-PT/Ak-VII/Dpl-III/VII/ 2007 untuk Program Studi Teknik Komputer.

Yayasan Pendidikan Royal sudah berpengalaman sebagai badan Penyelenggara perguruan tinggi AMIK Royal yang sudah menyelenggarakan 2 program studi yaitu: Manajemen Informatika dan Teknik Komputer untuk jenjang D3. Berkat dari Tuhan yang Mahaesa dan kerjasama semua pihak, setiap tahun minat calon mahasiswa meningkat. Pada tahun 2004 bertambah 341%, 2005 bertambah 122%, 2006 bertambah 105%, 2007 meningkat 135%, 2008 meningkat 179%, 2009 bertambah 116%, dan 2010 bertambah 113%. Saat ini (T.A. 2010-2011) mahasiswa AMIK Royal berjumlah 1617 orang. Dari jumlah ini ada 142 orang akan menyelesaikan studinya pada tahun 2010 ini.

source: http://amik.royal.ac.id/sejarah-perguruan-tinggi/

Tap untuk Chat Otomatis