Institusi

Nama STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb Berau
Penulis

Keterangan

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Tanjung Redeb yang lebih di kenal dengan STIEM. Tanjung Redeb didirikan atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Cabang Berau, dimana pada saat itu di Kabupaten Berau belum ada Perguruan Tinggi atau dengan jenjang pendidikan seleteh SLTA. Sehingga pada tanggal 17 Agustus 1991 didirikanlah Akademi Manajemen Muhammadiyah Tanjung Redeb yang pada waktu itu beralamat di jalan Jenderal Sudirman dengan jumlah mahasiswa angkatan pertama berjumlah 165 orang, dimana kemudian Akademi Manajemen Muhammadiyah ini menjadi cikal bakal beridirinya Sekolah Tinggi Ekonomi Muhammadiyah Tanjung Redeb.
Dan untuk memperjelas pendiriannya, dimana pada awal berdirinya hanya mendapat izin operasional dari KOPERTIS Wilayah XI Kalimantan, maka berdasarkan Surat Keputusan Menteri dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor : 243/Dikti/Kep/1992 tanggal 5 Juni 1992. Akademi Manajemen Muhammadiyah Tanjung Redeb berstatus terdaftar dengan program studi Manajemen dengan jenjang program pendidikan Diploma (D3)
Melihat keseriusan dan kemajuan yang memperoleh Akademi Manajemen Muhammadiyah Tanjung Redeb, serta animo masyarakat untuk mendapatkan pendidikn, para pengelola berkesimpulan untuk meningkatkan jenjang Siploma tiga (D3) ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu Strata 1 (S.1) dan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 037/D/O/1994 tanggal 18 Mei 1994 setatusnya ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Tanjung Redeb dengan program studi Manajemen dan Ilmu Ekonomi dan Pembangunan Jenjang Pendidikan Strata 1 dan Diploma III.
Pada rentang tiga belas tahun pelajaran STIE. Muhammadiyah Tanjung Redeb (1991-2003) perkembangan yang paling berarti dibidang fisik dimulai pada tahun 2000 dimana kampus lama yang beralamat di jalan Jenderal Sudirman tidak mampu lagi menampung jumlah mahasiswa yang semakin tahun semakin meningkat, pada tahun itulah dimulai pembangunan kampus baru yang beralamat di Jalan Dr. Murdjani II Tanjung Redeb, dengan menduduki lahan ± 10.000M2 dibangun kampus berlantai tida dan fasilitas akademik yang lengkap.
Berkat perjuangan yang tidak mengenal henti ini STIE. Muhammadiyah Tanjung Redeb, bertekat untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang mendukung Pembangunan Nasional yang berdasarkan nilai-nilai keilmuan dan ke Islaman.
Pada tahun 2011 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Tanjung Redeb telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional pada masing-masing Program Studi:
Untuk program studi:
1. Ekonomi Pembangunan No: 044/BAN-PT/Ak-XIII/S1/II/2011
2. Manajemen No: 042/BAN-PT/Ak-XII/S1/I/2011
3. Akuntansi No: 036/BAN-PT/Ak-XIII/S1/I/2011

Sumber Berita: www.swarakalibata.com
http://stiemberau.ac.id/hal-sejarah.html#ixzz4NiYEXBFc

Tap untuk Chat Otomatis