Institusi

Nama STIE Syariah Bengkalis, Riau
Penulis

Keterangan

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis (Islamic Economy Institute of Bengkalis, atau Al-Jami‘ah Iqtisadiyah al-Islamiyah Bengkalis) merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah swasta yang pertama kali di luar Pulau Jawa, mendapatkan Izin Penyelenggaraan Program Studi Akuntansi Syariah dan Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah (saat ini menjadi Perbankan Syariah), dari Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia di Jakarta Nomor: Dj.II/410/2003.

Sekolah ini didirikan pada tanggal 14 Oktober 2003, atas keinginan Bapak DR. H. Syamsurizal, MM. (ketika itu Bupati Bengkalis) dan juga Bapak DR. H. Sulaiman Zakaria, M.Si. (ketika itu Sekretaris Daerah). Gagasan tersebut akhirnya direalisasikan oleh Bapak DR. H. Kasmuri Selamat dan Bapak Drs. H. Isa Selamat, MA. Berbagai upaya dan pendekatan telah dilakukan dalam memajukan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis, sejak didirikan sampai ketika ini melahirkan 1011 alumni yang telah bekerja diberbagai sektor swasta, negeri dan perbankan di wilayah Riau khususnya serta Indonesia pada umumnya. Pemberian nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah diberikan atas usulan dari Bapak Prof. DR. H. Arif Furqan, yang ketika itu menjabat sebagai Direktur Perguruan Tinggi Departemen Agama Republik Indonesia.

Pada awalnya dalam upaya pengembangan dan peningkatan mutu Perguruan Tinggi telah didatangkan para dosen professional yang memiliki keahlian dalam berbagai disiplin ilmu seperti Akuntansi, Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah baik dari Pekanbaru, Jakarta maupun Negara Jiran Malaysia. Diantaranya Prof. DR. Sidiq Baba (UIA), Prof. Madya DR. Zakaria Man (UIA), Prof. DR. Halim Mat Diah (UM) dan Prof. DR. Fadzim Ahmad (UM).

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis mulai dari awal berdirinya sampai saat ini telah dipimpin oleh:

  1. DR. H. Kasmuri Selamat, MA. (Masa Bakti 2003-2010)
  2. Nurul Amin, SE., MM. (Masa Bakti 2010-2015)
  3. Khodijah Ishak, S.H.I., M.E.Sy. (Masa Bakti 2016-2020)
Tap untuk Chat Otomatis