Institusi

Nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah (REY) Padang Panjang
Penulis

Keterangan

Keterangan
STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah (REY) Padang Panjang, sebuah perguruan tinggi khusus puteri yang terletak di kawasan Diniyyah Puteri Padang Panjang, Sumatera Barat. Perguruan Tinggi ini memiliki dua program sarjana. Pertama, Pendidikan Agama Islam (PAI). Kedua, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA/PGTK).

Keunggulan di kampus STIT Diniyyah Puteri REY diantaranya tahfizul qur’an, penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris, praktek mengajar di Indonesia dan Malaysia, magang di divisi SDM perusahaan multi nasional, magang sebagai junior consultant di Diniyyah Research Centre (DRC), magang sebagai junior trainer di Diniyyah Training Centre (DTC) dan penempatan kerja. Disamping itu, program unggulan lainnya study ilmiah dalam negeri seperti Jakarta, Bandung. Study ilmiah luar negeri Malaysia, Singapura, Australia dan Jepang.

Calon mahasiswi yang akan masuk ke STIT Diniyyah Puteri REY mengikuti beberapa tes. Diantaranya tes tertulis pengetahuan agama dan umum, wawancara, Qira’at atau membaca Al-Quran dan psikotes.

Para mahasiswi bertempat tinggal di asrama STIT Diniyyah Puteri REY yang dibimbing oleh pembina asrama. Bagi mahasiswi yang mempunya skill langsung bisa bekerja part time di lingkungan Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, seperti menjadi guru asrama, instruktur bahasa Inggris, guru TK di TK Rahmah EL Yunusiyah, staff di DITC, staff di DRC, staff di DTC, staff di DTQ, staff di DE. Beberapa diantara mahasisiwi juga aktif menjadi penulis di media massa,seperti menulis artikel, opini, cerpen, puisi, berita dan sebagainya.

Dosen yang menjadi tenaga pendidik diantaranya lulusan Al-Azhar Kairo, UI, UNPAD, UIN Sunan Kali Jaga, IAIN Imam Bonjol, UNP, Unand dan lainnya. Syarifatul Hayati Lc, MA alumni Al-Azhar Kairo mendapat amanah dari Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang menjadi ketua STIT Diniyyah Puteri REY. “Agar kedepannya STIT Diniyyah Puteri menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswi yang ingin mendalami ilmu tarbiyah, agar semua lulusan berkualitas dan bisa menjadi pendidik yang berjiwa emas,” jelas ketua STIT yang energic itu.

STIT Diniyyah Puteri REY juga sedang merancang dua program khusus untuk kedepannya. Pertama, shcool of teacher, yaitu sekolah untuk profesi guru. Kedua, parenting school, yaitu sekolah untuk calon orang tua.

Prestasi-prestasi STIT Diniyyah Puteri REY diantaranya juara 3 lomba debat bahasa Arab tingkat ASEAN, juara 1 lomba menulis artikel di PPWI tingkat Sumatera Barat, Juara 3 menulis esai di harian Haluan, perwakilan Indonesia menghadiri acara pertemuan pemuda islam sedunia di USIM Malaysia dan sebagainya.

Lulusan STIT Diniyyah Puteri 100 % terserap dunia kerja. Diantaranya sudah bekerja menjadi guru, PNS, kepala sekolah, pembina asrama, ketua prodi di perguruan tinggi dan di berbagai tempat kerja lainnya. Semoga STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah semakin maju kedepanya dan dapat melahirkan pendidik yang berjiwa emas, sesuai dengan motto perguruannya.

Tap untuk Chat Otomatis