Institusi

Nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon
Penulis

Keterangan

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cirebon yang merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Cirebon mempunyai tugas pokok penyelenggaraan pendidikan tinggi. Inti dari tugas PTS adalah menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk dapat melaksanakan tugas ini STIE Cirebon harus membuat perencanaan yang baik sehingga tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai.

Rencana pengembangan dibuat sesuai dengan tahapan, rencana jangka panjang yang dikenal sebagai Renstra (Rencana Strategis). Oleh karena tugas utama STIE Cirebon adalah dalam bidang akademik maka arah pengembangan akademik yang jelas harus tercermin di dalamnya sehingga menunjukkan benang merah yang jelas.

Landasan yuridis untuk menyusun rencana pengembangan akademik STIE Cirebon adalah Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU No. 14 tahun 2005) ). Sedangkan landasan operasionalnya adalah Rencana Induk Pengembangan Pendidikan Nasional, yang khusus untuk pendidikan tinggi dikenal sebagai PJPT/HELTS, serta Rencana Strategis Pendidikan Nasional (2004 – 2009), serta visi Depdiknas yaitu menghasilkan insan cerdas dan kompetitif. Di lingkungan STIE Cirebon sendiri, pengembangan akademik didasarkan pada Statuta STIE Cirebon Tahun 2007, yang di dalamnya mengandung Visi, Misi, Tujuan Perguruan Tinggi. Kemudian juga didasarkan atas Rencana Strategis (Renstra) STIE Cirebon. Tentu saja hal ini harus diselaraskan dengan kepentingan daerah.

SUMBER : http://www.stiecirebon.ac.id

Tap untuk Chat Otomatis