Institusi

Nama IAIN STS Jambi
Penulis

Keterangan

Lahirnya Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi tidak terlepas dari perkembangan agama islam, juga lembaga pendidikan islam yang ada di provinsi jambi. Didorong oleh hasrat masyarakat dan ulama pada masa itu, setelah memperhatikan banyaknya lembaga yang mengeluarkan siswa madrasah/sekolah agama tingkat atas di jambi sementara belum ada pendidikan tinggi yang dapat menampung tamatan tersebut, maka diadakan kongres ulama jambi pada tahun 1957 yang berhasil melahirkan suatu keputusan bahwa di jambi sudah saatnya didirikan perguruan tinggi, pada tanggal 29 september 1960 didirikan Fakultas Syar’ah perguruan tinggi agama islam al-hikmah dibawah naungan yayasan pendidikan islam(YPI) Jambi.

Rentang waktu tiga tahun pertama, Fakultas Syariah telah mnunjukkan kemanuggalan antara pimpinan dengan masyarakat dan pemerintah daerah serta pemerintah pusat. Dengan SK Menteri Agama Nomor: 50 tahun 1963 tanggal 12 mei 1963 dinegerikanlah Fakultas Syari’ah menjadi Fakultas Syari’ah cabang IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan kemudian berubah menjadi cabang IAIN Raden Fatah Pelembang. Penegerian ini mendorong para pejabat, ulama, serta pemuka masyarakat, terutama Gubernur KDH Tingkat I Provinsi Jambi saat itu (M.J. Singadekane) untuk memperjuangkan berdirinya IAIN yang mempunyai beberapa Fakultas.

Di sisi lain, sejak tanggal 11 juli 1965 Yayasan Perguruan Tinggi Ma’arif telah memiliki Fakultas Tarbiyah dan Ushuluddin di kota jambi dan dan sementara di sungai penuh – kerinci telah berdiri pula Fakultas Syari’ah Muhammadiyah pada bulan maret 1964, atas dasar motivasi diatas maka untuk memenuhi keinginan para pejabat, masyarakat, ulama dan pemerintah Daerah tingkat I Provinsi Jambi tersebut, akhirnya Fakultas Tarbiyah dan Ushuluddin yang ada di Ma’arif dan Fakultas yang ada dilingkungan IAIN Jambi , usulan itu dilakukan karena berdasarkan ketetapan MPR RI nomor 11 tahun 1960 dan peraturan menteri agama nomor 5 tahun 1963, bahwa untuk syarat didirikannya suatu IAIN minimal harus memilki 3 (tiga) Fakultas. Pada tanggal 30 September 1965 dengan surat keputusan Gubernur Jambi nomor: 18 tahun 1965 terbentuklah panitia persiapan Pembukaan IAIN Jambi yang di setujui oleh Menteri Agama dengahn surat keputusan Nomor: 83 tahun 1965 tanggal 22 November 1965. Setelah melalui proses perjalanandan perjuangan panjang yang dilakukan panitia persiapan pembukaan IAIN jambi tersebut maka Menteri Agama RI akhirnya menyetujui berdirinya IAIN Provinsi Jambi dengan surat keputusan Nomor : 84 tahun 1967 tanggal 27 juli 1967.

VISI DAN MISI

Visi

Unggul dalam pengajaran, pengkajian dan penerapan ilmu-ilmu ekonomi dan bisnis Islam.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis Islam yang berorientasi pada kemampuan profesionalisme, kebenaran akademis, akuntabilitas, humanis dan berdaya saing.

Melaksanakan penelitian dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis Islam yang berbasis pada pemahaman teori, landasan hukum dan nilai-nilai Islam, serta penguasaan dan pemanfaatan IPTEK sebagai inovasi, kreativitas, dan berdayaguna dalam pengembangan dan dasar penerapan keilmuan

Melaksanakan pelatihan dan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan ketersediaan sumber daya insani yang berintegritas, berkemampuan dan berketerampilan.

Berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan berbangsa, bernegara melalui pemberdayaan sosial dan ekonomi.

Melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga, baik di dalam maupun luar negeri yang dilakukan secara produktif dalam rangka meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Mengimplementasikan nilai, prinsip, dan etika Islam dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pelatihan dan pengabdian pada masyarakat.

Tap untuk Chat Otomatis