Institusi

Nama Akademi Maritim Djadajat
Penulis

Keterangan

Sejarah Singkat :

Meningkatnya volume angkutan laut dan bertambahnya armada kapal niaga, sangat membutuhkan banyak tenaga terampil di bidang pelayaran, khususnya Perwira-Perwira Pelayaran Niaga.

Untuk mengatasi hal tersebut, Akademi Maritim “Djadajat” mempunyai kepedulian untuk mendidik Pemuda-Pemudi Indonesia menjadi Perwira Pelayaran Niaga dengan Ijazah Ahli Nautika Tingkat III (ANT III) dan Ahli Teknika Tingkat III ( ATT III), dengan masa pendidikan 3 tahun (2 tahun Teori dan 1 tahun Praktek berlayar/Proyek Laut). Selain itu lulusan juga diberikan ijazah Diploma III (D3).

Akademi Maritim “Djadajat” (AMD), semula bernama Akademi Pelayaran “Djadajat” (APD) didirikan pada tanggal 1 Oktober 1963 ( Jurusan Nautika dan kemudian tahun 1965 menerima jurusan Teknika). Berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Pelayaran “Djadajat-1963” (YPPD-1963) yang semula bernama Yayasan Ilmu Pelayaran “Djadajat”, dengan Akte Notaris MR. Soewandi No. 73 tanggal 20 Mei 1955, Yayasan Ilmu Pelayaran “Djadajat” didirikan oleh Laksamana M. Pardi (Alm.), mantan Kepala Staff TNI AL, Kepala Jawatan Pelayaran Republik Indonesia tahun 1953, Direktur Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) dan Direktur Akademi Pelayaran “Djadajat” (APD) yang pertama.

Saat ini Akademi Maritim “Djadajat” telah terakreditasi dengan peringkat “B” berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor : 151/SK/BAN-PT/Akred/DPL-III/V/2014 tanggal 28 Mei 2014. Mulai tahun Akademik 2014/2015 Program Studi Nautika dan Teknika proses belajar mengajar telah menyesuaikan dengan ketentuan STCW 2010 untuk menghasilkan Ahli Nautika Tingkat III (ANT III) dan Ahli Teknika Tingkat III (ATT III) serta Diploma III Nautika dan Teknika.

sumber : http://djadajat.ac.id/akademi/djadajat_sejarah