Institusi

Nama Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon
Penulis MH ,

Keterangan

Keberadaan Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon bermula dari rencana Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota dan Kab. Cirebon untuk mendirikan Politeknik Kesehatan ( Poltekes ) Muhammadiyah Cirebon, dimana pada waktu itu telah berdiri Akademi Keperawatan ( Akper ) dan Akademi Farmasi ( Akfar ) yang bertempat di Jalan Walet dan Jalan Cideng Indah Cirebon.

Namun dalam perjalanannya PD Muhammadiyah Kota dan Kab. Cirebon terjadi Pembagian wilayah kerja dan Akademi kebidanan (Akbid) termasuk dalam Wilayah kerja dari PD Muhammadiyah Kota Cirebon. Akademi Kebidanan Muhammadiyah tepatnya diresmikan pada tanggal 31 Juli 2006 yang semula di Jalan Walet kemudian pindah ke Jalan Kalitanjung Timur No. 14/18 A Kel./Kec. Harjamukti Kota Cirebon, telphon (0231) 487677 sampai dengan sekarang.

No. SK. Pendirian Departemen Kesehatan RI Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Nomor : HK.03.2.4.1.01868 tanggal 18 April 2006 tentang rekomendasi atau pertimbangan tertulis Bagi pembukaan Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 146/D/O/2006 tanggal 31 Juli 2006 tentang pemberian ijin penyelengaraan program studi dan pendirian Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon. Tahun 2010 telah mendapat akreditasi B dari Pusdiknakes dan BAN PT.

sumber :
http://akbidmuhammadiyahcrb.ac.id/sejarah/