6 Tips Skripsi Tepat Waktu

Bagi mahasiswa tingkat akhir, skripsi adalah hal yang sangat sensitif untuk dibahas. Mungkin anda salah satunya. Berikut ulasan 6 tips skripsi tepat waktu.

Pilih tema yang kamu senangi

Seperti kita ketahui, suatu pekerjaan akan terasa ringan dan menyenangkan jika pekerjaan itu sesuai dengan minat kita. Hal tersebut berlaku juga dengan skripsi. Mengerjakan skripsi akan terasa lebih menyenangkan dan bukan menjadi beban kalau kita mengangkat tema yang kita senangi.

Pilih judul yang sesuai kemampuanmu

Walaupun kita memilih tema yang kita senangi, kita harus tetap berkaca pada kemampuan kita. Sesuatu yang kita senangi belum tentu sesuai dengan kemampuan kita. Oleh karena itu pilih judul yang sekiranya dapat  diselesaikan dalam waktu yang ditentukan. Jangan memilih judul yang terlalu muluk, tapi jangan yang terlalu sederhana juga.

Perbanyak referensi

Referensi adalah faktor yang sangat mempengaruhi proses penyusunan skripsi. Semakin kita malas mencari referensi, semakin  lama juga skripsi kita bakal selesai. Cari referensi-referensi yang valid , jangan hanya sekedar copy paste dari Google. Kualitas referensi juga akan menentukan kualitas skripsi kita. Cari buku-buku yang berkualitas dan sesuai dengan tema kita. Skripsi adalah sebuah karya monumental dalam hidup kita, jadi buatlah sebaik mungkin agar bisa dibanggakan di masa depan, apalagi bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Jaga hubungan baik dengan dosen

Mungkin kita sering merasa kesal dengan Dosen, entah karena skripsi yang dibuat sampe kurang tidur malah dicoret-coret, batalin jadwal bimbingan semaunya, atau yang lainnya. Tapi, kita harus tetap ingat, dosen adalah faktor penting penentu kelulusan kita, dosen jugalah yang memberi kita ilmu. Kita harus selalu menjaga hubungan dengan dosen, jangan sampai dosen malas bertemu kita apalagi marah sama kita.

 Konsisten

Mengerjakan skripsi harus konsisten. Jangan mengerjakan skripsi kalau pas mau saja. Hal tersebut akan membuat kita terjebak di zona nyaman dan akan malas untuk memulai mengerjakan skripsi lagi. Membuat jadwal mengerjakan skripsi akan sedikit membantumu menyelesaikan skripsi tepat waktu. Buat hukuman untuk diri sendiri kalau kita tidak mengerjakan skripsi sesuai jadwal. Hal tersebut akan sedikit menyiksa pada awalnya, tapi akan terbiasa seiring berjalannya waktu.

Berfikiran bahwa skripsi hanya bagian kecil dalam hidup kita

Kamu harus berfikiran bahwa skripsi hanya hal kecil dalam hidup. Setelah skripsi selesai, masih banyak hal yang akan kamu lalui dalam hidup.

 

Demikian 6 tips skripsi tepat waktu yang mungkin dapat membantu kamu dalam menyelesaikan. Ingat, skripsi hanya bagian kecil dalam hidupmu!

klik disini utnuk melihat koleksi buku kami

Baca Juga:

Tap untuk Chat Otomatis